Selasa, Oktober 19, 2021

Google Ulang Tahun ke-23, Rayakan dengan Doodle Bentuk Kue

Kopitekno.com Google sedang merayakan ulang tahun ke-23 pada hari Senin ini (27/09/2021). Perayaan ini diwujudkan dengan sebuah doodle berbentuk kue tart di halaman Google Search.

Kalau dicari di berbagai sumber, tanggal kelahiran Google sebetulnya tidak sama. Ada yang menulis 4 September 1998 seperti di Wikipedia, ada pula yang menulisnya 8 September karena pada 2003 silam Google memang meryakannya pada tanggal tersebut.

Tahun 2004, dimana Google berulang tahun ke-6, tanggal 7 September dipilih sebagai hari ulang tahunnya. Setahun kemudian malah berbeda lagi, yakni dirayakan pada 26 September.

Tanggal 27 September dipilih sebagai hari ulang tahun hingga sekarang baru dimulai pada tahun 2006. Tanggal itu dipilih sebagai hari jadi agar mereka bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh Google Search pada waktu itu.

Sejarah Singkat Google

Google didirikan oleh duo Sergey Brin dan Larry Page. Keduanya merupakan mahasiswa S2 Stanford University, California. Larry Page menginisiasi pembuatan mesin pencari ini setelah ide itu muncul di kepalanya dua tahun sebelum Google lahir pada 4 September 1998.

Nama Google sendiri muncul secara tidak sengaja. Sebab Sergey dan Larry sebetulnya pengin menamainya dengan Googol, yang merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama Googol ini berarti gudang informasi yang tak terbatas di internet.

Sayangnya para investor salah mengeja Googol menjadi Google. Bahkan mereka sudah telanjur menuliskan Google di berbagai dokumen. Hal inilah yang memaksa Larry dan Sergey memakai nama Google sampai hari ini.

Sampai hari ini Google telah mengindeks ratusan miliar halaman situs dan itu berarti sekitar 100 juta GB jika diukur dengan kapasitas memori.

Baiklah, selamat ulang tahun Google!

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini