Google Pixel 4a: Harga dan Spesifikasi Terbaru

0
billboard_google_pixel_4a

Google Pixel 4a dirilis di India pada Senin (3/8). Ponsel ini cukup menjadi perbincangan sebab Google seolah menurunkan kelasnya dengan merilis ponsel flagship tersebut untuk versi kelas menengah.

Harga Google Pixel 4a

Pada mulanya Google merilis ponsel ini dengan banderol $399. Terbukti dengan sebuah desain billboard yang bocor sebelum ajang perilisan. Namun kemunculan iPhone SE 2020 membuat Google mengubah strategi. Perubahan strategi itu kemudian menambah daftar penundaan rilis dari Pixel di kelas menengah tersebut.

Akhirnya Google membanderol Pixel 4a dengan harga $349 di Amerika Serikat. Bahkan untuk lebih menarik minat calon pembeli, ponsel ini dilengkapi dengan memori internal 128GB dibanding biasanya hanya 64GB.

Sayangnya secara global, ketersediaan Pixel 4a sebagai ponsel kelas menengah yang seharusnya bisa menjangkau lebih banyak pengguna, sukar didapatkan.

Google hanya memiliki rencana untuk menjual Pixel 4a varian Just Black kepada pelanggan yang berbasis di AS, Inggris, Kanada, Australia, Irlandia, Jerman, dan Jepang. Pemesanan akan dimulai segera setelah pengumuman pada hari Senin, 3 Agustus 2020, dan pengiriman akan dimulai pada 20 Agustus.

google-pixel-4a

Desain Simpel dengan Snapdragon Kencang

Google Pixel 4a dilengkapi dengan layar OLED punch-hole 5,8 inci lengkap dengan resolusi Full-HD+. Google juga memiliki dukungan terintegrasi untuk fitur Always-On Display dan Now Playing.

Ponsel ini memiliki dimensi keseluruhan 144 x 69,4 x 8,2 mm dan berat 143 g. Dimensi ini membuatnya lebih kecil dari Google Pixel 3a (151,3 x 70,1 x 8,2 mm) tetapi tentu saja sedikit lebih besar dari iPhone SE 2020 (138,4 x 67,3 x 7,3 mm).

Untuk sektor dapur pacunya, Pixel 4a dilengkapi dengan Qualcomm Snapdragon 730G yang dipadukan dengan RAM sebesar 6GB.

Yang menarik dari produk Google adalah dukungan stock Android 10 yang kemungkinan besar langsung terpasang. Dukungan ini juga akan terus diperpanjang, sebab Google menjanjikan akan terus mendukung ponsel ini dengan pembaruan Android terbaru hingga tiga tahun mendatang.

Didalamnya juga ada baterai 3.140mAh yang didukung oleh pengisian cepat 18W. Sistem dual speaker dan chip keamanan Titan M juga disertakan.

Google tidak mengambil jalan pintas dengan kamera

Google Pixel 4a dilengkapi dengan kamera utama 12,2 megapiksel yang sama yang terpasang pada seri unggulan Pixel 4 yang dirilis tahun lalu. Andalannya pada bukaan f/1.7, stabilisasi gambar optik, dan autofokus deteksi dua piksel fase.

Fitur Night Sight juga akan tersedia untuk memungkinkan foto dengan kondisi cahaya temaram. Untuk perekaman video, ponsel ini juga mendukung video 4K pada 30fps dan video 1080p pada 120fps.

Tentu saja persoalan kamera ini menjadi hal yang menarik pada pengguna Android. Sebab sudah diketahui bahwa di ponsel inilah selalu terpasang aplikasi legendaris para pecinta fotografi: Google Camera. Sehingga Anda tak perlu memasang GCam MOD untuk mendapatkan hasil jepretan yang luar biasa.

Ketersediaan

Google memang belum begitu melirik pasar Indonesia. Produk Google yang resmi dipasarkan di tanah air hanyalah Google Nest Mini generasi kedua dan Chromecast. Tidak ada ponsel Pixel yang masuk ke Indonesia.

Anda bisa melacak informasi ketersediaan pada situs Google untuk mengetahui produk Google beredar di negara mana saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here