BerandaTipsGoogle Meet: Cara Memulai, Fitur, dan Link Download

Google Meet: Cara Memulai, Fitur, dan Link Download

Buat yang sedang mencari aplikasi rapat online, mengapa tidak menggunakan Google Meet? Aplikasi ini tersedia gratis dan yang penting ia masuk kedalam ekosistem Google.

Berdasarkan data pengguna, Google Meet memang masih dibawah Zoom. Akhir tahun 2020, Zoom sudah memperoleh jumlah pengguna di angka 350 jutaan sementara Meet masih 100 jutaan.

Untuk menjaring pengguna, Google bahkan menempatkan tombol pintasan Google Meet di Gmail, yang memiliki pengguna di atas 1 miliar. Namun kenyataannya, hal ini belum optimal.

Bisa jadi karena belum banyak yang memakai Google di berbagai sektor. Bisa jadi karena memang belum tahu saja. Untuk itu mari kita berkenalan dengan Google Meet.

Mengenal Google Meet

Google Meet merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai layanan komunikasi video yang dikembangkan Google. Raksasa teknologi ini merilis Meet secara perdana pada tahun 2017.

Google Meet bisa dijalankan di berbagai platform seperti website, Android, serta iOS. Silakan kunjungi meet.google.com untuk versi website, Play Store untuk Android, dan App Store untuk perangkat iOS.

Satu hal yang membuat Google Meet kurang begitu populer adalah Google memiliki cukup banyak aplikasi percakapan video. Sebut saja Google Hangouts, ada lagi Google Duo, dan terakhir Google Chat.

Akhirnya Google mengeliminirnya satu persatu dan menggabungkannya untuk mengoptimalkan penggunaan Google Meet saja. Hal ini cukup berimbas pada jumlah pengguna yang terus menanjak.

Tampilan Google Meet

google meet

Desain Google Meet memang khas Google. Tampilannya cukup clean dengan tombol-tombol yang cukup fungsional. Sampai sini, saya agak bingung mengapa aplikasi ini kalah populer.

Pada tampilan desktop/website, kamu bisa melihat peserta rapat atau pertemuan di layar yang besar. Kemudian dibawahnya berjejer menu-menu untuk mengatur ketika kamu sedang rapat.

Dari sudut kiri bawah ada kode meeting, kemudian tombol on/off mic, on/off kamera, caption, tombol angkat tangan, membagikan layar presentasi, tombol pengaturan, dan tombol keluar meeting.

Dari sudut bawah sebelah kanan juga tampak fitur Breakouts rooms, polling, Q&A, dan berbagai fitur lainnya. Kemudian tombol selanjutnya adalah tombol chat, pengatur peserta, dan membagikan detail meeting dengan orang lain.

Cara Memulai Google Meet

Untuk menggunakan Google Meet, sama seperti aplikasi meeting online lainnya, yakni paling enak menggunakan website. Layarnya lebih lebar serta tampilan menunya bisa optimal.

Sebagai Admin

Kamu bisa memulai untuk menggunakan Google Meet dengan mengunjungi meet.google.com. Kemudian akan ditampilkan halaman depan yang berisi sebuah halaman sederhana dengan satu tombol biru dan kolom.

Tombol biru itu merupakan tombol untuk memulai rapat baru. Ada tiga pilihan untuk memulai rapat baru, yakni Buat rapat untuk nanti, Mulai rapat instan, dan Jadwalkan di Google kalender.

Jika kamu memilih rapat untuk nanti, maka kamu bisa menyebar undangan itu dan mengaturnya kapan saja. Jika ada waktu yang ditentutkan, silakan menggunakan jadwal di Google Kalender. Namun jika pengin langsung mengadakan rapat, buat saja secara instan.

Hal yang sama juga bisa dilakukan ketika kamu menjadi admin pada Google Workspace (dulunya Google One).

Sebagai Peserta

Ketika kamu mendapatkan undangan rapat lewat Google Meet, pastikan bentuknya adalah tautan seperti ini https://meet.google.com/cth-kode-aja. Ini hanya sebagai contoh.

Jika kamu hanya mendapat kode seperti yang saya tebalkan diatas, yakni cth-kode-aja, maka silakan masukkan ke kolom pada halaman muka yang disediakan. Kemudian klik Gabung. Dan kamu akan langsung diarahkan ke meeting.

Harga Langganan Google Meet

Pada dasarnya menggunakan Google Meet tidak dikenakan biaya. Namun kita hanya mendapatkan fitur dasar, seperti durasi rapat hanya 1 jam dengan peserta dibatasi hingga 100 orang saja.

Untuk menambah fitur, tentu saja kamu harus menggunakan Google Workspace. Ya, layanan Google ini merupakan layanan berbayar.

Kamu bisa langsung mendaftar ke Google Workspace langsung agar mendapatkan lebih banyak benefit. Atau kamu juga bisa membayar sesuai jumlah pengguna aktif saja. Dan tentu jatuhnya lebih mahal.

FiturGratisEssentials ($8 USD per pengguna aktif/bulan)Enterprise (call)
Durasi rapat 1:1 (maksimum)24 jam24 jam24 jam
Durasi rapat grup – 3+ peserta (maksimum)1 jam24 jam24 jam
Peserta rapat (maksimum)100150250
Jumlah rapatTidak terbatasTidak terbatasTidak terbatas
Bergabung dari browser
Mengundang peserta eksternal
Aplikasi seluler native
Teks tertutup otomatis
Membagikan layar dan memulai presentasi
Tata letak yang mudah disesuaikan
Nomor telepon rapat
Penyimpanan rekaman rapat ke Google Drive
Angkat tangan
Polling dan Tanya Jawab
Ruang kerja kelompok
Laporan kehadiran
Pengurang derau canggih
Live streaming dalam domain100.000 audiens
Dukungan pelangganBantuan mandiri online dan forum komunitasDukungan online 24 jam setiap hari dan forum komunitasDukungan online 24 jam setiap hari dan forum komunitas
Tabel perbandingan Google Meet gratis, Essentials, dan Enterprise. (Sumber: Google Meet).

Kalau dibandingkan dengan Zoom Meeting, Google Meet memang kalah pada jumlah peserta maksimal yang bisa dihadirkan. Versi berbayar Zoom bisa mencapai maksimal 1.000 orang.

Namun jika memilih berlangganan di Google Workspace, kamu bisa mendapatkan banyak benefit lain dari layanan Google. Misalnya penyimpanan Google Drive yang mencapai diatas 1 TB, gratis email bisnis, dan seterusnya.

Artikel Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru