Google Meet Gratis Untuk Saingi Zoom, Begini Cara Mendapatkannya

0
google-meet-gratis

Google memiliki aplikasi Google Meet yang bisa dipergunakan sebagai aplikasi rapat online. Namun aplikasi ini tidak gratis untuk mendapatkan fitur lengkapnya. Ketika Zoom meroket, barulah Google berpikir untuk memberikan Google Meet gratis.

Google Meet merupakan aplikasi video-conference yang dibuat Google. Untuk menggunakannya, Anda harus berlangganan G Suite terlebih dahulu. Harganya mulai dari paket Basic seharga $6, Business $12, dan Enterprise $25 yang harus dibayarkan setiap bulan.

google meet gratis

Dulunya Google Hangouts

Perlu diketahui, aplikasi rapat online milik Google ini dulunya bernama Hangouts. Makanya ketika ada yang menyebutnya sebagai Google Meet, maka hal ini masih terasa asing. Sepertinya keduanya merupakan aplikasi yang berbeda.

Google sedang melakukan rebranding Hangouts. Sebab aplikasi yang satu ini banyak dikeluhkan oleh penggunanya karena dirasa ribet. Pelan tapi pasti, Hangouts mulai diubah ke Google Meet.

Google Meet pun pada mulanya hanya bisa dinikmati oleh para pelanggan G Suite. Namun pada bulan Mei mendatang, Google Meet bakal bisa dinikmati secara gratis oleh siapapun yang memiliki akun Google.

Hal ini merupakan bentuk dari promosi Google untuk mengenalkan Google Meet kepada publik. Disamping tentu saja melihat popularitas Zoom yang begitu meroket pasca kebijakan work from home.

Google Meet bakal bisa dipergunakan untuk melakukan rapat online hingga 100 orang. Durasinya tanpa batas. Namun sampai 30 September mendatang, Google Meet gratis ini akan berhenti. Dan durasinya hanya bisa satu jam saja.

Kelebihan Google Meet

Google Meet patut diakui merupakan produk Google. Raksasa teknologi ini cukup berpengalaman dan memiliki modal yang kuat. Sehingga ketika Zoom mulai menguasai pasar aplikasi rapat online, ia tak tinggal diam.

Google akhirnya membuat keputusan ini. Menghapus Hangouts dan mempublikasikan Google Meet secara gratis. Nama besar Google jadi klaim kalau Meet bakal lebih baik dari aplikasi sejenis.

Google Meet tidak akan mengalami ada peserta ilegal yang masuk kedalam rapat sebagaimana dalam Zoom yang disebut zoombombing. Karena semuanya akan disaring oleh admin Meet.

Segala bentuk tautan undangan rapat disesuaikan dengan akun Google masing-masing, sehingga admin memiliki kemudahan untuk menyeleksi peserta rapat.

Google juga menjamin bahwa Google Meet bukanlah aplikasi kemarin sore meskipun belum lama dirilis. Sehingga privasi dan keamanannya lebih terjamin. Hal ini tentu saja merupakan sindiran keras terhadap Zoom.

Langsung saja buat yang berminat memakai Google Meet sebagai aplikasi rapat online bisa mengisi formulir kesediaan untuk diberitahu oleh Google disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here