Cara Menggunakan Google Maps Incognito Mode dan Manfaatnya

1
google maps incognito mode

Ada yang sudah pernah menggunakan Google Maps dengan mode penyamaran alias incognito mode? Google Maps incognito mode sudah ada sejak tahun lalu. Google memberikan fitur ini terkait dengan pilihan beberapa orang untuk tetap menjaga privasinya selama bepergian.

Jika Anda memang belum pernah memakainya, maka fitur ini tidak akan pernah ditemukan. Untuk mencobanya pertama kali, Anda hanya perlu melakukan empat langkah sederhana.

  1. Buka Google Maps di ponsel Android Anda.
  2. Klik avatar akun Google Anda di sudut kanan atas layar untuk membuka menu pengaturan Google Maps.
  3. Temukan Aktifkan Mode Penyamaran atau Turn On Incognito Mode yang terdaftar sebagai opsi pertama di menu pengaturan dan klik menu ini.
  4. Sebuah menu baru akan muncul untuk memberi tahu Anda jenis informasi apa yang dilindungi dalam mode penyamaran. Klik “Tutup” untuk menyelesaikan langkah ini atau “Pelajari lebih lanjut” untuk melihat informasi tambahan di halaman Google Support.

Kalau Anda mengklik “Pelajari lebih lanjut”, Google Maps akan memberi tahu Anda bahwa Anda sedang dibawa ke mobile web browser yang mungkin tidak dalam mode penyamaran, artinya halaman web ini akan dilacak sebagai bagian dari riwayat browser Anda.

Manfaat Google Maps Incognito Mode

Mode penyamaran di Google Maps dirancang untuk melindungi lokasi Anda dan memetakan data pencarian. Setelah diaktifkan, riwayat lokasi untuk seluruh ponsel Anda akan dinonaktifkan untuk sementara. Itu berarti tempat Anda bepergian dan juga rute yang diambil tidak akan direkam pada peta riwayat lokasi Anda.

Jika Anda menggunakan aplikasi pelacakan lokasi seperti Google Trusted Contacts dan atau berbagi lokasi melalui Google Maps, informasi ini juga tidak akan terlihat oleh kontak Anda. Mereka hanya akan dapat melihat aktivitas terbaru Anda setelah mode penyamaran di Google Maps dinonaktifkan.

Secara singkat, mode penyamaran ini membatasi akses ke data lokasi umum seperti perjalanan harian Anda, tempat yang disimpan, kontribusi Google Map, peta offline, dan banyak lagi.

Kapan Menggunakan Google Maps Incognito Mode

Sama seperti di Google Chrome, ada banyak alasan untuk menggunakan mode penyamaran pada Google Maps. Misalnya, jika Anda berhenti di suatu tempat khusus untuk mengambil hadiah untuk kontak tepercaya, Anda mungkin tidak ingin mereka melihat ke mana Anda pergi.

Kondisi lain saat Anda perlu Google Maps dengan mode penyamaran adalah jika seorang teman perlu meminjam telepon Anda untuk mencari restoran baru yang enak, Anda mungkin tidak ingin mereka melihat data lokasi pribadi Anda. Apa pun masalahnya, memiliki privasi ekstra yang terpasang langsung ke dalam aplikasi favorit Anda bukanlah hal yang buruk.

1 KOMENTAR

  1. Beneran baru tahu ini saya Kak. Biasanya pakai-pakai saja. Ternyata data-data kita ternaca ya oleh google maps? Duh gapten banget saya.

    BTW, saya kira kopitekno apaan kak. Mirip blog saya namanya, kopijagung. Ternyata akronim itu ya. Hehhee

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here