Home Aplikasi Cara Menginstal Google Camera (GCam) pada Realme 5 Pro

Cara Menginstal Google Camera (GCam) pada Realme 5 Pro

8
realme 5 pro

Tempo hari Realme baru saja merilis Realme 5 Series, dimana Realme 5 Pro menjadi seri yang tertinggi. Kamera belakang utama smartphone ini mendapat dukungan dari sensor Sony IMX 586 dengan resolusi 48 MP.

realme 5 pro
Realme 5 Pro

Sayangnya aplikasi kamera bawaan dari Realme tidak terlampau canggih untuk menampung kemampuan dari sensor Sony tersebut. Selain itu sensor Sony ini memiliki masalah pengaturan saturasi yang cukup serius. Hal ini banyak diakui oleh media-media dan pengamat gawai yang mengulas Realme 5 Pro. Untuk itulah diperlukan adanya alternatif bagi masalah tersebut.

Masalah saturasi ini sebetulnya bisa diatasi pada pengaturan kamera Realme 5 Pro, namun hasilnya tidak begitu sempurna. Sehingga diperlukan software kamera pihak ketiga untuk mengatasi masalahnya.

Untuk aplikasi kamera pihak ketiga, yang aman dan paling cocok kalau dibilang ‘bawaan’ Android, tentu harus menyebut Google Camera atau disebut GCam saja. Kamera ini memang sudah dirilis dengan beragam versi, dan sayangnya banyak pula yang tidak berfungsi dengan baik.

Untuk itulah kalau mau menggantikan software bawaan Realme dengan GCam tentu mesti mencari yang paling pas dan bisa berfungsi. Kalau cuma mengunduh dan menginstal APK-nya, memang mudah. Sehingga dibutuhkan pengaturan tertentu untuk GCam. Berikut ini caranya.

1. Mengunduh GCam

Pertama kali, anda tentu diharuskan mengunduh GCam dari sumber yang terpercaya. GCAM memang tak bakal ditemukan di Play Store, apalagi App Store. Sehingga hanya ada di penyedia APK tertentu seperti APKPure, dan lain-lain. Atau langsung saja unduh disini untuk versi yang paling cocok dengan Realme 5 Pro.

2. Mengatur Sumber Instal

Jangan lupa untuk mengizinkan smartphone menginstal aplikasi dari luar. Caranya masuk ke “Settings” lalu izinkan instal dari ‘third-party source’ atau sumber pihak ketiga. Lalu instal saja seperti biasa.

3. Mengatur Saturasi

Sebelum menggunakan GCam, telah disinggung kalau kamera 48 MP tadi mengandung masalah saturasi. Namun ini bisa sedikit diatasi agar hasil jepretan bisa sedikit normal. Pertama masuklah ke pengaturan kamera dan buka “BSG MOD Settings”.

Disini hidupkanlah “Enhanced HDR+ pada portrait mode” dan bukalah “Saturation”. Ubah Highlight Saturation ke angka 1.8 dan Shadow Saturation ke angka 2.4. Ubah juga nilai kamera depan keduanya ke angka 1.2 dan 1.8.

4. Selesai

Sekarang anda bisa memotret gambar dengan hasil yang memukau, tajam, dan pastinya sangat alami.

Kenapa GCam lebih baik dalam menggantikan kamera bawaan Realme 5 Pro? Karena aplikasi kamera ini mampu melakukan pemrosesan yang lebih baik. Bahkan kalau dibandingkan dengan berbagai aplikasi kamera lain selain Realme, GCam masih dibilang terbaik.

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here