Google Camera Go, G-Cam Khusus Ponsel Kelas Bawah

0
16
Google_Camera_Go

Google Cam memang favorit banyak pengguna ponsel untuk mendapatkan hasil potret dan fitur kamera yang lebih baik. Namun tidak semua ponsel punya privilege untuk mendapatkannya. Oleh karenanya, Google pun merilis Google Camera Go.

google camera go
Google Camera Go / Gambar: Google.

Google Camera Go

Google Camera Go merupakan aplikasi kamera buatan Google yang khusus dibuat untuk ponsel dengan spesifikasi bawah. Saat ini aplikasi kamera tersebut hanya dipaketkan dengan ponsel yang sudah memiliki sistem operasi Android Go dari pabrikan.

Google Camera sendiri merupakan aplikasi kamera yang dianggap terbaik saat ini buat para pengguna Android. Sayangnya Google tidak memberikannya secara cuma-cuma. Itulah sebabnya Anda tidak akan menemukannya di Play Store.

Google Camera atau yang sering disebut sebagai G-Cam saja ini baru ada di ponsel Pixel Series. Ia semacam paketan agar ponsel buatan Google itu memiliki ekslusivitas sendiri.

Meski begitu banyak pengembang yang membuat versi MOD dari G-Cam ini. Meski tahu soal risikonya, tetap saja banyak orang yang mengunduhnya karena ingin menikmati kedahsyatan dari aplikasi tersebut.

G-Cam yang sudah dimodifikasi itu juga kerap ditemui kesulitan untuk mengoperasikannya. Banyak dari pengguna yang sudah memasang aplikasi tersebut kemudian mengalami aplikasi yang crash.

Hal tersebut sering disebabkan semakin naik versinya, G-Cam membutuhkan spesifikasi yang lebih tinggi. Sehingga boleh dibilang aplikasi tersebut hanya cocok dipasang di ponsel kelas menengah keatas.

Ketersediaan

Kehadiran Google Camera Go ini menjadi angin segar untuk para pengguna ponsel kelas menengah kebawah. Namun kabar kurang bagusnya, G-Cam versi ringan ini hanya bisa dijalankan di Android Go.

G-Cam sepertinya tidak bisa dijalankan di Android biasa. Sebab ia membutuhkan ekosistem layaknya G-Cam reguler yang terkait dengan beragam aplikasi Google lain di Android One.

Secara singkat Google Camera Go bukan sebuah aplikasi filter foto sebagaimana aplikasi kamera pada umumnya. Namun ia terintegrasi dengan modul kamera bawaan pabrik dari ponsel tersebut.

Saat ini baru terkonfirmasi Google Camera Go akan berjalan pada Nokia 1.3. Ponsel ini merupakan bagian dari program Android Go milik Google. Kedepan bakal menyusul ponsel Android Go yang lainnya.

Boleh jadi, kedepan bakal muncul juga Google Camera Go yang sudah dimodifikasi atau G-Cam Go MOD. Tapi risiko tanggung sendiri ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here