Google Bisnisku: Panduan Lengkap dan Cara Daftarnya

0
google bisnisku

Buat para pemilik usaha, mempelajari search engine optimization (SEO) itu sangat menyita waktu. Untuk itu Google memberikan cara singkat agar para pemilik usaha itu bisa tampil di Google Search dalam waktu relatif singkat, yakni dengan memakai Google My Business alias Google Bisnisku.

Ya, Google Bisnisku adalah cara singkat agar tempat usaha itu tampil di laman pencarian Google tanpa harus bersusah payah melakukan optimasi halaman situs. Meski kata kunci pencariannya terbatas, namun hal ini dianggap cukup efektif bagi tempat usaha yang terdaftar.

Mengenal Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah aplikasi yang dibuat Google untuk digitalisasi tempat usaha, dimana para pemilik usaha bisa mendaftar secara gratis dan mengelolanya untuk meningkatkan potensi kehadiran usahanya di ruang digital.

Google menciptakan layanan ini sejak tahun 2014. Dengan berbagai perkembangan dan dinamika yang terjadi, saat ini keberadaan Google Bisnisku menjadi salah satu rantai dalam perkembangan ekosistem Google.

Ya, Google Bisnisku ini merupakan sebuah ekosistem yang terhubung erat dengan Google Maps. Sehingga secara tidak langsung, ketika para pemilik usaha mendaftarkan tempat usahanya di Google Bisnisku, maka Google Maps ini akan tersaji secara lebih lengkap.

Google tak perlu lagi mendata satu persatu warung, toko, kantor, dan tempat usaha lainnya di seluruh penjuru Indonesia bahkan seluruh dunia. Mereka hanya menciptakan layanan ini, dengan tawaran manfaat tertentu, maka seluruh pemilik usaha mendaftarkan tempat usahanya secara sukarela.

Manfaat Google Bisnisku

Para pemilik usaha bisa mendapatkan manfaat yang banyak ketika tempat usaha mereka terdaftar di Google Bisnisku. Manfaat utamanya adalah konsumen bisa lebih mudah menemukan tempat usaha tersebut di ponsel mereka masing-masing.

Pasalnya tempat usaha yang terdaftar di Google Bisnisku ini, seperti dijelaskan diatas, akan terdistribusi di berbagai tempat. Sebab Google Maps yang menjadi ‘induk’ dari Google Bisnisku ini telah dipakai di berbagai aplikasi lainnya. Seperti Grab, Gojek, WhatsApp, dan beragam aplikasi yang memakai API Google Maps lainnya.

Tempat usaha Anda akan dengan mudah dibagikan ke berbagai platform percakapan, media sosial, dan tentu bisa dipajang di berbagai media offline. Dengan begitu, tempat usaha tersebut bisa tersebar secara masif tanpa harus melakukan promosi berbayar.

Orang yang datang ke tempat usaha Anda juga akan mendapatkan notifikasi di ponsel mereka. Notifikasi ini datang dari aplikasi Google Maps untuk memberikan kesempatan pada pengunjung tersebut untuk melakukan ulasan dengan cara memberikan rating, menambahkan foto, maupun menjawab pertanyaan.

Pengunjung yang memberikan ulasan tersebut akan dimasukkan oleh Google kedalam program Local Guides. Program ini merupakan bagian dari ekosistem yang sama dengan Google Maps dan Google Bisnisku.

Lantas bagaimana caranya apabila ingin mendaftarkan diri menjadi bagian dalam Google Bisnisku?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here