Tips Mudah Menguasai Google Assistant

0
google-assistant

Saat ini ada jutaan orang yang telah menggunakan Google Assistant guna memudahkan hidup mereka. Kalau Anda bukan salah satu dari jutaan tersebut, silakan baca artikel ini hingga tuntas.

Google Assistant merupakan aplikasi kecerdasan buatan yang dipasang Google di ponsel Android. Cara memunculkannya bermacam-macam. Ada yang memang sudah terpasang di homescreen, ada yang harus dimunculkan lewat memencet tombol home, ada juga yang terpasang di tombol dedicated.

Fungsi Google Assistant bermacam-macam. Mulai dari menjalankan perintah suara untuk menggunakan fitur tertentu, hingga melakukan pencarian di internet, dan diajak berkomunikasi.

Memulai Google Assistant

Menghidupkannya Pertama Kali

Jika Anda memang belum pernah memakai Google Assitant pertama kali, tak perlu khawatir. Sebab cara menghidupkannya sangat mudah. Apalagi buat Anda yang memakai ponsel bersistem operasi Android Marshmallow keatas, maka aplikasi ini sudah terpasang secara otomatis.

Google Assistant sebetulnya bisa langsung muncul ketika Anda mengucapkan “OK Google”. Namun pada sebagian pengguna, ada yang belum mengaktifkan perintah suara sehingga fitur ini tidak muncul.

Untuk itulah begini cara menghidupkan Google Assistant:

  • Tekan tombol Home lebih dari lima detik.
  • Ketika di layar muncul “Meet your Google Assistant”, tekan Continue.
  • Berikan izin ketika Google Assistant untuk mengakses informasi yang diperlukannya dengan memencet Yes, I’m in.
  • Ajari Google Assistant untuk mengenali suara Anda dengan mengatakan “OK, Google” berkali-kali.

Mengatur Google Assistant

Pertama kali menggunakan Google Assistant, Anda mesti mengatur akun Google yang utama buat menggunakannya. Kalau Anda memang hanya memiliki satu akun Google saja, langkah ini boleh dilewati.

Untuk mengatur akun Google yang bakal memakai Google Assistant, silakan tekan tiga titik di sebelah kanan atas untuk membuka menu, kemudian tekan Account, dan pilih salah satu akun yang akan dipergunakan sebagai akun Google Assistant.

Apa yang Bisa Dilakukan dengan Google Assistant?

Banyak yang bisa Anda lakukan dengan Google Assistant. Pada umumnya orang-orang memakai aplikasi ini guna melakukan perintah suara seperti menyuruh robot untuk melakukan sesuatu.

Anda bakal terbiasa untuk menyerukan perintah, misalnya “buka YouTube”, “buka Facebook”, dan lainnya. Anda juga bisa melakukan hal yang lebih dari itu dengan Google Assistant seperti dibawah ini.

  • Meminta Google Assistant untuk mencari jawaban atas pertanyaan yang diajukan.
  • Memintanya buat memutar playlist lagu tertentu.
  • Menanyakan perihal cuaca hari ini.
  • Mengetahui tanggal hari ini, kemarin, atau besok.
  • Mengatur alarm.
  • Memanggil seseorang di daftar kontak, tanpa membuka daftar alamat.
  • Membuat pesan atau membalas pesan masuk.
  • Melakukan navigasi ke suatu tempat.
  • Menerjemahkan artikel Bahasa Inggris.
  • Mencari tempat tertentu.
  • Foto selfie.

Semua hal tersebut tentu saja bisa dilakukan dengan hanya memberikan perintah lewat suara. Ya tentu Anda mesti mengaturnya diawal seperti diatas.

Hal Baru Pasca CES 2020

Dari hari ke hari Google terus memperbaiki berbagai aplikasinya. Perbaikan itu terutama terkait dengan pemahaman terhadap bahasa manusia yang kompleks. Dan hal ini diaplikasikan salah satunya terhadap Google Assistant.

Pada Consumer Electronic Show (CES) 2020 kali ini Google mengumumkan kalau Google Assistant sudah mampu memahami bahasa perintah yang panjang. Tidak hanya memahami, bahkan ketika mengungkapkan jawaban dari pertanyaan atau perintah juga sudah menggunakan bahasa kontekstual yang lebih baik.

Sayangnya pemahaman Google Assistant tersebut baru bisa diterapkan pada bahasa Inggris, India, jerman, dan Spanyol saja. Bahasa Indonesia masih belum mendapatkan pembaruan.

Google Lens Sebagai Salah Satu Fitur

Siapa yang hari ini masih belum tahu soal Google Lens? Fitur ini sebetulnya merupakan pengembangan dari Google Assistant, namun menggunakan kamera.

Jadi kamera ponsel dipergunakan untuk melakukan pemindaian dan tersambung dengan kecerdasan buatan yang dipunyai Google Assistant.

Anda bisa menerjemahkan teks asing, mengetahui harga barang, memindai barcode, dan lainnya. Menyenangkan sekali.

Nah, sudahkah Anda menggunakan Google Assistant secara maksimal? Kalau belum paham, silakan temukan disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here