Layanan Gambar GIF GIPHY Dibeli Facebook Senilai $400 Juta

0
giphy dibeli facebook

Buat yang kerap mengirimkan gambar GIF di Facebook tentu tahu kalau fasilitas tersebut merupakan kerjasama dengan GIPHY. Layanan gambar GIF ini bakal masuk lebih dalam ke sistem, sebab GIPHY dibeli Facebook senilai $400 juta.

Aplikasi-aplikasi Facebook, seperti Facebook, Instagram, dan WhatsApp memang penyumbang lalu lintas paling banyak dari GIPHY. Sekitar 50% lalu lintas penyedia gambar GIF berbasis komunitas ini berasal dari Facebook.

Tempo hari, Facebook hanya mengambil Application Programming Interface (API) saja. Sekarang dengan pembelian ini raksasa media sosial tersebut bakal menempatkan GIPHY masuk ke sistem sehingga pengguna Facebook bisa mengunggah dan membagikan GIF secara lebih leluasa.

Meskipun telah dibeli Facebook, aplikasi yang dibuat pada tahun 2013 oleh Alex Chung dan Jace Cooke ini masih tetap mempertahankan konsep komunitasnya. Sehingga pengguna GIPHY tetap bisa mengunggah kreativitasnya di aplikasi ini.

Dalam keterangan pers Facebook, sebetulnya tidak ada nominal harga yang disebutkan. Namun Axios memaparkan bahwa Facebook telah menghabiskan dana hingga $400 juta untuk akuisisi ini. Akuisisi ini memang tidak begitu besar seperti pembelian Whatsapp yang memakan biaya $19 miliar pada 2014.

Facebook menjelaskan bahwa pembelian ini adalah sebuah upaya agar pengguna bisa lebih dimanjakan lagi dengan layanan GIPHY. Mereka bisa menambahkan GIF dan stiker yang lebih variatif untuk Facebook Stories dan Messenger.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here