Cara Instal GCam 7.3 MOD untuk Semua Ponsel Android

0

Google Camera atau sering disebut juga GCam memang menjadi andalan untuk urusan kamera ponsel. Aplikasinya cukup ajaib untuk menghasilkan gambar yang berkualitas. Tapi tidak semua ponsel Android bisa diinstal GCam.

Sayangnya tidak semua ponsel beruntung bisa diinstal GCam ini. Selain tidak ada di Play Store, Google telah mengatur hanya ponsel tertentu saja yang bisa memasangnya. Salah satunya adalah seri Google Pixel.

Buat Anda yang sudah pernah mencoba dan mengakui kehandalan aplikasi ini, tentu kecewa. Sebab pada versi pembaruannya, aplikasi yang pernah diisntal tersebut harus crash karena Google membuatnya tidak support.

Kabar baiknya, tentu akan selalu ada pengembang yang membuat aplikasi yang tidak bisa diinstal di berbagai ponsel, kemudian bisa. Hal ini dilakukan dengan melakukan modifikasi tertentu. Kalau istilah pada aplikasi Android, aplikasi yang sudah mengalami modifikasi ini disebut MOD.

Aplikasi MOD dan Risikonya

Sebagaimana telah dijelaskan, aplikasi MOD merupakan aplikasi hasil modifikasi. Aplikasi ini tentu memiliki tampilan yang sama dengan aslinya. Namun karena sudah dimodifikasi oleh pengembang lain, tentu mereka bakal mengambil keuntungan.

Keuntungan bagi pihak pengembang kedua inilah yang membuat aplikasi MOD cukup berisiko. Beberapa risiko diantaranya adalah aplikasinya mengandung iklan yang tidak jelas.

Risiko lainnya adalah akun Anda bisa di-banned oleh Google. Hal ini dikarenakan akun login yang dipakai pada Android memakai akun Google, sementara aplikasi yang dipergunakan merupakan aplikasi yang disarankan untuk tidak dipakai oleh Google.

Selain merugikan pengembang aslinya, aplikasi yang sudah dimodifikasi ini rentan terhadap virus sehingga bisa mengakibatkan tereksposnya data yang Anda miliki.

Apabila sudah memahami risiko memakai aplikasi MOD, dan sudah ngebet pengin menginstal GCam versi 7.3 ini, silakan ikuti caranya berikut ini.

Fitur GCam 7.2 MOD

GCam versi 7.3 MOD ini bisa dipergunakan di berbagai ponsel Android. Artinya ponsel non-Pixel Anda bisa memakai beragam fitur yang dihadirkan oleh aplikasi ini.

Beberapa fitur terkenal dari GCam terbaru adalah:

  1. Ada fitur “Do not Disturb” saat melakukan perekaman video.
  2. Perekaman video bisa mencapai 24 fps.
  3. Astrophotography sudah terpasang pada modus malam.
  4. Adanya pengendali kecerahan pada efek HDR.
  5. Adanya Frequent Faces untuk melihat dan memilih berbagai hasil potret.
  6. Ada shortcut untuk fungsi Touch dan Hold ketika mengambil gambar, agar bisa memaksimalkan fitur Top Shot.
  7. Tampilan terbaru.

Cara Mengunduh GCam

Salah satu pengembang GCam MOD, parrot043, menjadi yang pertama dalam memodifikasi GCAm 7.3 ini. Meski memang masih ada beberapa ponsel yang belum bisa terpasang, namun jumlahnya sedikit.

Rata-rata ponsel yang bisa terpasang adalah perangkat yang sudah terpasang Camera2 API. Apa itu Camera2 API? Silakan baca-baca artikel tentang ciri ponsel yang bisa dipasangi GCam.

Apabila sudah siap, silakan ikuti langkah berikut ini:

Silakan unduh GCAM 7.3 di tombol berikut ini:

Apabila pengunduhan sudah selesai, lakukan instalasi. Tentu dengan terlebih dahulu mengizinkan instalasi APK dari sumber luar Play Store. Klik instal.

Jika tidak ada masalah, ikon GCam akan muncul di beranda launcher Anda. Silakan bereksperimen dengan berbagai fitur fotografi yang tersedia di aplikasi ini.

Buat Anda yang gagal menginstal GCam 7.3, coba dulu lakukan downgrade ke GCam 7.2, 7.1 dan seterusnya. Sebab banyak pengembang yang mengaku modifikasinya masih memiliki bugs.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here