Cara Menerjemahkan Bahasa Asing Saat Mengetik di WhatsApp

0

Saat ini pengguna WhatsApp tidak perlu khawatir ketika mendapatkan lawan bicara penutur bahasa asing. Sebab ada cara menerjemahkan bahasa asing saat mengetik di WhatsApp.

whatsapp

Anda bisa menerjemahkan secara langsung Bahasa Indonesia ke Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya dengan cara ini. Langsung saja, untuk mengetahui caranya bisa disimak tutorialnya berikut ini.

Sebetulnya ini bukanlah fitur WhatsApp sendiri. Namun sebagai aplikasi percakapan populer, tentu fitur semacam ini cukup membantu banyak orang. Beginilah caranya:

  1. Instal Google Board.

    Kunci dari tutorial kali ini ya terletak di Google Board ini. Google Board yang sering disebut GBoard merupakan aplikasi keyboard yang dimiliki oleh Google.

    Silakan lakukan pengunduhan GBoard lewat tautan berikut ini. Klik ‘instal’ dan tunggu hingga proses instalasi selesai.

  2. Ubah setelan keyboard ke GBoard.

    Setiap smartphone memiliki pengaturan sendiri untuk keyboard. Namun rata-rata menu pengaturannya bisa diakses di Pengaturan > Sistem > Bahasa dan Masukan > lalu pilih saja GBoard sebagai keyboard utama.

    Setelah mengatur GBoard sebagai keyboard utama, maka seluruh aplikasi akan menggunakannya, termasuk WhatsApp.

  3. Buka WhatsApp.

    Silakan lakukan percakapan biasa dengan siapapun yang ada di daftar kontak WhatsApp Anda. Di WhatsApp Group juga bisa. Intinya agar GBoard itu terbuka dan bisa dipergunakan.

  4. Klik logo Google Translate yang ada di bagian atas.

    Pada setiap GBoard yang terinstal akan selalu ada fitur Google Translate. Klik saja logonya. Agar lebih jelas, silakan rujuk gambar berikut ini.

    gboard translate

  5. Tulis percakapan seperti biasa.

    Kalau anda terbiasa menulis percakapan di WhatsApp mengandung banyak singkatan, berhentilah sejenak. Sebab agar teks Bahasa Indonesia Anda bisa diterjemahkan, teks tersebut mesti teks resmi.

    Teks yang anda tik akan masuk ke kolom Google Translate. Sementara pada kolom percakapan di WhatsApp bakal tampil terjemahan Bahasa Inggrisnya. Klik sent kalau sudah selesai.

    Apakah bisa kalau dibalik atau diganti dengan bahasa asing lainnya? Tentu saja bisa.

    gboard translate

  6. Klik ‘kembali’ untuk memfungsikan GBoard seperti semula.

    Ya itu saja. Anda tinggal memfungsikannya sesuai kebutuhan. Yang perlu diingar, fitur GBoard ini bisa dipakai tak hanya di WhatsApp saja.

Demikian cara menerjemahkan bahasa asing saat mengetik di WhatsApp menggunakan Gboard atau Google Board. Anda bisa menggunakannya di aplikasi lain maupun dengan bahasa asing lainnya.

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here