Berita  

Gambar Ragam Hias Flora Dan Fauna

Gambar Ragam Hias Flora Dan Fauna – Ornamen disebut juga ornamen merupakan bentuk seni yang berkembang sejak zaman prasejarah. Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki banyak ragam hias. Keanekaragaman ragam hias di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: lingkungan alam, hukum, dan satwa liar serta masyarakat yang tinggal di sana. Keinginan untuk mendekorasi merupakan insting atau insting manusia. Faktor kepercayaan juga mendukung perkembangan ornamen karena adanya simbol-simbol di balik gambar. Ragam hias memiliki makna karena masyarakat pengguna menyetujuinya. Menggambar ornamen dapat dilakukan dengan stilasi (stylization), yang meliputi penyederhanaan bentuk dan perubahan bentuk (deformation).

Ornamen adalah karya seni yang diambil dari furu (tumbuhan), fauna (binatang), fgurals (manusia) dan bentuk geometris. Dekorasi ini dapat diterapkan pada media dua dimensi dan tiga dimensi.

Gambar Ragam Hias Flora Dan Fauna

Flora sebagai sumber motif hias dapat ditemukan hampir di setiap pulau di Indonesia. Aneka ragam hias dengan motif fora (sayuran) dapat dengan mudah dijumpai pada benda-benda seni seperti batik, ukiran, bordir, kain dan bordir.

Ragam Hias Flora Fauna

Fauna hias (binatang) adalah gambar motif yang diambil dari binatang tertentu. Hewan pada umumnya sebagai bentuk hiasan telah mengalami perubahan bentuk atau corak. Beberapa hewan yang biasa dijadikan hiasan adalah kupu-kupu, burung, cicak, gajah, ikan. Beberapa motif hias fauna telah mengalami deformasi, namun tidak meninggalkan bentuk aslinya. Hiasan fauna bisa dipadukan dengan motif bentuk yang elegan.

Daerah hias Indonesia banyak menggunakan hewan sebagai hiasan. Daerah-daerah tersebut adalah Yogyakarta, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Motif fauna hias dapat ditemukan pada batik, ukiran, bordir, yamen, tekstil dan kain bordir.

Keanekaragaman bentuk dan fauna hias dapat dijadikan sarana untuk merepresentasikan kearifan lokal di beberapa daerah di Indonesia, seperti cenderawasih di Papua, komodo di Nusa Tenggara Timur, dan gajah di Lampung.

Ornamen geometris adalah motif hias yang dikembangkan dari bentuk geometris, kemudian dibentuk sesuai selera dan imajinasi pembuatnya. Gaya dekoratif geometris dapat ditemukan di seluruh wilayah Indonesia seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Dekorasi geometris dapat dibuat dengan menggabungkan bentuk geometris menjadi motif dekoratif.

Spring Sketching Ideas

Bentuk-bentuk dekoratif figuratif berupa benda-benda manusia yang digambar dengan memperoleh bentuk-bentuk stilasi. Dekorasi figuratif paling sering ditemukan pada tekstil dan bahan kayu, yang proses produksinya dapat dilakukan dengan menggambar.

Bentuk hias umumnya memiliki pola atau susunan yang berulang. Pada bentuk dekorasi lainnya, pola yang ditampilkan dapat berupa pola hias yang teratur, terukur dan seimbang. Pola hias geometris dapat dibedakan berdasarkan bentuk, seperti persegi panjang, zigzag, garis silang, segitiga, dan lingkaran. Pola datar adalah pola geometris yang bentuknya teratur. Bentuk lain dari pola geometris adalah mengubah susunan pola hias menjadi pola hias yang tidak beraturan

Figur hias sangat beragam, ada yang diambil dari piagam, fauna, manusia dan bentuk geometris. Bentuk figur dekoratif bisa berulang atau berbentuk kipas. Saat ingin menggambar ornamen, Anda harus memperhatikan beberapa aturan, sebagai berikut: Jika Anda suka menggambar, atau jika Anda belajar desain atau bekerja sebagai desainer, Anda harus tahu ornamen flora dan fauna. Jadi ornamen ini merupakan pola ornamen dasar dan digambar berulang-ulang. Ornamen juga disebut ‘dekorasi’, yang polanya memiliki arti dan tujuan tertentu. Ada berbagai jenis dekorasi di Nusantara, dua di antaranya adalah flora dan fauna yang sangat populer.

Gambar Ragam Hias Flora Dan Fauna

Merupakan ragam hias dengan motif benda berupa tumbuhan atau tumbuhan. Anda dapat membuat motif bunga seperti tanaman asli atau Anda dapat membuatnya sesuai dengan imajinasi Anda. Hiasan flora ini biasa kita lihat pada kain batik, bordir, tekstil, kemudian wayang dan rumah adat. Jenis-jenis flora hias antara lain:

Guru Seni Budaya: Lembar Kegiatan Peserta Didik 6

Motif ini terlihat seperti bunga dan daun yang indah. Motif pepatran sering menggunakan bentuk yang serupa, seperti bunga, putik, daun dan cabang tanaman, dan berulang secara alami.

Ini adalah dekorasi yang mewakili benda-benda yang mirip dengan aslinya. Anda juga bisa menambahkan kreasi dekoratif lainnya untuk menambah keindahannya. Contoh jenis karang hias yang populer adalah karang simbar dan karang bunga.

Karang simbar tampak seperti flora tanduk rusa, daunnya menjuntai. Sementara itu, bunga karang terlihat seperti bunga dengan kelopak dan daun. Karang sering digunakan untuk model lapangan dalam bangunan.A. Memahami Ragam Ornamen Setiap karya seni memiliki keunikan dan keindahan untuk dinikmati. Sama halnya dengan karya seni kerajinan tangan. Kerajinan tangan atau kerajinan tangan umumnya memiliki dekorasi yang indah. Ornamen-ornamen ini dibuat untuk memperindah karya-karya seperti pakaian, topeng, perabot rumah tangga, candi dan dekorasi ruangan. Hiasan dalam kerajinan artistik disebut ornamen atau ornamen. Ragam hias atau ornamentasi berasal dari kata Yunani “ornare” yang berarti ornamen atau perhiasan. Ornamen adalah bentuk dasar dari dekorasi yang biasanya disusun menurut pola yang berbeda yang diterapkan pada karya seni/kerajinan.

Ragam hias mulai berkembang pada zaman prasejarah. Hiasan dari berbagai daerah di Indonesia dapat dengan mudah kita temukan pada kain tenun, kulit, motif batik, keramik, anyaman atau ukiran kayu, dan ukiran batu. Meskipun kesamaan dalam bentuk dasar dekoratif, masing-masing memiliki fitur yang memiliki makna simbolis yang berbeda.

Ragam Hias Flora Dan Fauna Dalam Seni Rupa

Aneka Hiasan Flora dan Fauna Aneka Dekorasi Flora dan Fauna adalah jenis dekorasi yang dikembangkan dari benda-benda flora dan fauna. Setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas dan kekhasan flora dan fauna yang beragam. Keberadaan flora dan fauna ini dapat menjadi sumber inspirasi dalam proses penciptaan motif hias pada suatu daerah. Misalnya kerajinan batik Papua yang menggunakan ciri khas motif hias burung cendrawasih. Ada juga batik Bengkulu yang menggunakan item flora yaitu bunga Raflesia arnoldi sebagai hiasannya. Dan beberapa daerah lain yang menganggap flora dan fauna di sekitarnya sebagai sumber inspirasi untuk menciptakan motif hias. Ini mengikuti pemahaman motif hias yang dikembangkan dari flora, fauna, benda-benda geometris dan figuratif.

Berikut adalah contoh motif hias bunga dan fauna, dari yang mudah digambar hingga yang cukup rumit, namun dengan bentuk yang indah dan menarik.

B. Jenis-Jenis Motif Hias Kekayaan flora, fauna dan alam nusantara sangat berpengaruh terhadap karya-karya para seniman nusantara. Ada banyak nama untuk motif hias, namun secara umum motif hias dibedakan menjadi empat yaitu flora, fauna, figural dan geometris.

Gambar Ragam Hias Flora Dan Fauna

1. Ragam Hias Flora Ragam Hias Flora adalah jenis ragam hias yang menggunakan bentuk-bentuk tumbuhan/tumbuhan sebagai objek motif hiasnya. Penyajian flora hias dalam seni hias dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, baik dengan stilasi, deformasi maupun kombinasi keduanya sesuai keinginan seniman. Demikian pula, jenis tumbuhan yang digunakan sebagai objek/inspirasi juga bervariasi tergantung pada lingkungan alam, sosial dan agama pada waktu dan tempat tertentu dari mana motif tersebut berasal. Aneka flora hias dapat dijumpai hampir di setiap daerah. Bentuk dekoratif dengan motif bunga mudah ditemukan pada kerajinan lokal seperti kain batik, tekstil dan ukiran.

Niet Meer Normaal

Bentuk komposisi motif tumbuhan jarang diketahui tergantung dari jenis tumbuhannya, karena telah mengalami komposisi/stilisasi yang berbeda dengan bentuk aslinya. Koleksi benda-benda floristik berasal dari susunan akar tanaman, daun, bunga, kuncup, biji, cabang, buah dan pohon. Misalnya, motif hias pohon kehidupan (kalpataru) diterapkan pada wayang gunungan. Motif tersebut memiliki nilai simbolis, artinya dunia tempat tinggal manusia kini terbagi menjadi dunia atas sebagai tempat para dewa dan dunia bawah tempat tinggal makhluk biasa.

2. Ragam hias fauna Ragam hias fauna adalah jenis ragam hias yang menggunakan bentuk hewan/binatang sebagai objek motif ragam hiasnya. Hiasan fauna adalah bentuk motif hias yang diambil dari bagian tubuh hewan. Representasi fauna dalam motif hias umumnya merupakan hasil komposisi/stilasi, jarang berupa bentuk alam/binatang nyata, namun umumnya hasil komposisi tersebut masih mudah dikenali dalam bentuk aslinya. Dalam visualisasinya, bentuk binatang terkadang hanya diambil alih pada bagian tertentu saja (tidak seluruhnya) dan dipadukan dengan motif lain. Jenis hewan yang sering disuling dan dijadikan hiasan adalah burung, ular, gajah, singa, kera dan lain-lain.

Hias fauna dapat dipadukan dengan jenis motif lain, seperti motif bunga, motif fauna, dan motif geometris yang hasilnya sering disebut motif hias campuran. Motif hias fauna dapat ditemukan di berbagai produk kerajinan daerah ini, seperti batik, ukiran, anyaman, bordir, tekstil dan kain bordir. Bentuk ragam hias motif satwa liar juga dapat digunakan sebagai sarana pengenalan kearifan lokal Indonesia, seperti komodo di Nusa Tenggara Timur, Cenderawa di Papua dan gajah di Lampung.

3. Ornamen geometris Ornamen geometris adalah jenis dekorasi yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris, yang dibentuk sesuai selera dan imajinasi penulis. Ornamen geometris adalah bentuk dekorasi tertua. Ragam hias ini berkembang dari bentuk-bentuk geometris seperti titik, garis atau bidang (persegi, lingkaran, segitiga, dll) yang disusun berulang-ulang membentuk pola sederhana hingga kompleks. Motif geometris dapat ditemukan hampir di seluruh wilayah Nusantara, seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Materi Seni Budaya Kelas 7 Bab 2 Menggambar Ragam Hias

Ornamen geometris dibuat dengan menggabungkan bentuk geometris dengan pola tertentu menjadi motif dekoratif. Motif ini lebih banyak menggunakan unsur-unsur geometris seperti titik, garis, lingkaran, segitiga, segi empat, liku-liku, swastika, tikungan dan lainnya.

Gambar motif ragam hias flora dan fauna, motif batik ragam hias flora dan fauna, gambar ragam hias flora fauna, ragam hias batik flora dan fauna, ragam hias flora fauna geometris dan figuratif, gambar ragam hias flora fauna dan geometris, motif ragam hias flora dan fauna, ragam hias fauna dan flora, menggambar ragam hias flora dan fauna, ragam hias flora fauna, gambar ragam hias fauna dan flora, contoh ragam hias flora dan fauna

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
0
Share