Tips  

WhatsApp Rilis Fitur Pesan Sementara, Apa Itu?

fitur pesan sementara

KopiTEKNO.com – Tadi malam Mark Zuckerburg mengunggah postingan di Facebook. Isinya sederhana, ia, tentu saja mewakili Meta, memberitahukan bahwa ada fitur terbaru WhatsApp yang bisa menghapus pesan secara otomatis.

Unggahan Mark itu juga mencantumkan gambar dirinya sedang melakukan percakapan dengan Priscilla. Yang menarik, diatas balon percakapan itu ada notifikasi bahwa seluruh pesan baru yang terkirim akan terhapus dalam 24 jam.

Fitur ini sebetulnya sudah dikenalkan tahun kemarin. Kopitekno.com juga sudah menulisnya untuk Anda. Silakan dibawa kembali beritanya tentang fitur disappearing message dari WhatsApp.

Fitur Pesan Sementara

Sesuai janjinya, fitur pesan sementara saat itu baru tahap pengenalan saja, dan baru benar-benar dirilis setahun kemudian, atau saat ini. Apa saja yang dibawa dari fitur ini?

Menurut blog WhatsApp ada beberapa hal yang menjadi catatan ketika Meta merilis fitur tersebut. Yang pertama tentu soal kemampuannya dalam menghapus chat.

Pengguna bisa mengatur penghapusan pesan dalam 24 jam, 7 hari, atau 90 hari setelah dikirim. Jadi ketika pesan yang berisi pesan sementara itu tidak sempat dibuka dalam durasi yang diatur, maka pesan itu tak akan terbaca.

Kalau pengguna meneruskan pesan sementara kepada ruang chat yang tidak mengaktifkan fitur pesan sementara, maka pesan itu tidak akan hilang. Namun jika hanya dibalas di ruang chat yang sama, maka pesan itu akan hilang.

Pesan ini juga tidak masuk kedalam file cadangan. Namun tetap saja ketika Anda mengirimkan pesan dengan memakai fitur pesan sementara ini, seseorang yang sempat membaca pesan itu bisa mengambil tangkapan layar, memotret, atau bahkan sekadar mencatatnya.

Jika Anda memerlukan fitur semacam ini, silakan buka aplikasi WhatsApp di iPhone maupun Android Anda, kemudian buka Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi > Timer pesan default, kemudian pilih durasi.

BACA JUGA:  Cara Menerjemahkan Bahasa Asing Saat Mengetik di WhatsApp

Perhatikan juga penggunaannya, apakah fitur ini penting bagi Anda? Sebab meskipun kaitannya dengan privasi, ada kondisi tertentu dimana Anda mesti tetap membiarkan pesan apa adanya tanpa terhapus.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
27
Share