Fitur Pembayaran WhatsApp Telah Dirilis

0
fitur pembayaran whatsapp

Setelah berbulan-bulan ujicoba, akhirnya WhatsApp memberanikan diri untuk merilis fitur baru pada Senin (15/06). Fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp untuk mengirimkan dan menerima uang secara langsung melalui aplikasi percakapan ini. Untuk lebih mudah, sebut saja fitur terbaru ini sebagai fitur pembayaran WhatsApp.

Fitur yang sama telah dirilis setahun lalu untuk aplikasi Facebook dengan nama Facebook Pay. Dan karena satu induk, Facebook tentu menerapkan Facebook Pay ini di WhatsApp. Pada keterangan di blognya, WhatsApp memberikan transaksi tanpa biaya dengan menggunakan fitur pembayaran ini. Namun buat WhatsApp Business, WhatsApp mengenakan biaya sebesar 3.99% dari total pembayaran yang diterima.

Gagalnya Uji Coba di India

Ada hal yang mengejutkan dari dirilisnya fitur pembayaran WhatsApp ini. Sebab sebelumnya, ternyata India dipakai sebagai wilayah ujicoba selama beberapa bulan. Saat itu Facebook tidak menggunakan Facebook Pay, namun UPI (Unified Payments Interface) milik Union Bank of India. Jadi banyak yang menebak kalau fitur terbaru WhatsApp ini akan hadir di negara yang menjadi pengguna internet terbesar kedua di dunia itu.

Kenyataan ternyata berbicara lain. Facebook terjebak pada labirin aturan yang diterapkan oleh pemerintah India. Aturan tersebut membuat prospek fitur pembayaran WhatsApp ini tidak berkembang.

Untuk itulah dari 400 juta pengguna internet di India, Facebook mengalihkan uji cobanya ke Brazil yang memiliki 120 juta pengguna internet perbulan. Memang angkanya lebih kecil, namun tampaknya Facebook betah disini. Sehingga fitur terbarunya diluncurkan di negeri samba tersebut.

Cara Melakukan Pembayaran dengan WhatsApp

fitur pembayaran whatsapp

Untuk memulai menggunakan fitur pembayaran tersebut, pengguna harus menghubungkan akun WhatsApp-nya dengan kartu debit atau kredit Visa maupun Mastercard. WhatsApp juga telah bermitra dengan lembaga keuangan lokal seperti Banco do Brazil, Nubank, dan Sicredi. Selain itu, Cielo sebagai payment gateway juga digandeng untuk melengkapi transaksi.

WhatsApp menjamin keamanan transaksi ini. Sehingga setiap pengguna diwajibkan membuat PIN enam digit dan sidik jari untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Mengenai mekanisme transaksi tentu akan lebih mudah bagi mereka yang terbiasa dengan Facebook Pay. Namun Facebook tetap membuatnya sederhana. Yakni menganggap bahwa semua pengguna WhatsApp seperti juga pengguna Facebook adalah sebuah rekening. Sehingga Anda tidak perlu memasukkan nomor apapun untuk melakukan transaksi. Setiap akun yang menerima pembayaran, saldonya bakal terisi secara otomatis.

Facebook membuat pembayaran didalam aplikasi agar pengguna WhatsApp tidak perlu keluar terlebih dahulu dan membuka aplikasi lain hanya untuk mengirim uang.

Pelaku bisnis di Brazil tentu cukup dimudahkan dengan kehadiran fitur pembayaran WhatsApp ini. Pengguna di negara lain mungkin juga menunggu fitur yang sama bergulir di negaranya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here