Fitur Baru Google Translate: Terjemahan Langsung via Suara

0
google-translate

Fitur yang sudah lama dinantikan dari Google Translate akhirnya keluar juga. Yakni fitur untuk menerjemahkan langsung melalui suara atau real-time transcription.

NLP pada Google

Google beberapa tahun ini memang sedang meningkatkan kemampuannya dalam membaca algoritma bahasa lewat NLP (Natural Language Processing). Algoritma Google Search sudah menggunakannya, perekam pada Google Pixel juga sudah, dan banyak aplikasi buatan Google juga telah memakainya.

Adaptasi terhadap bahasa ini dipergunakan oleh Google agar mampu memahami secara baik konteks bahasa yang terucap. Sehingga membuat hasil keluaran aplikasi tersebut cocok dengan konteks bahasa manusia.

Sebagaimana disebutkan diatas, poduk-produk Google sudah mulai menerapkan konsep bahasa ini. Semua produk Google yang berhubungan secara langsung dengan bahasa, akan menerapkannya.

Google pun selalu meminta masukan apabila hasil produknya masih belum memahami konteks bahasa yang diinginkan. Mereka membuka ruang. Misalnya seperti yang terjadi pada Google Search. Google juga membuat Google Question Hub untuk lebih memahami kata kunci yang masuk.

Sehingga ketika dulu Anda mengetikkan ‘cara membuat artikel’, maka di mesin pencari bakal berjejer hasil pencarian dengan judul ‘cara membuat artikel dan seterusnya’. Kalau sekarang bisa bervariasi. Hasil pencarian bisa muncul ‘cara menulis yang baik’, ‘aturan ejaan yang benar’, dan lain-lain. Ya, hasilnya lebih kontekstual.

Hasil penerapan itu kemudian dimasukkan ke aplikasi legendaris milik Google untuk menerjemahkan kata-kata. Dimana waktu baru muncul aplikasi berbasis website ini dicibir karena kata-katanya mirip robot dan sangat tidak kontekstual.

Sekarang mereka berbenah. Hasil terjemahannya sudah mulai membaik. Dan kini muncul pembaruan yang menurut saya masuk kategori a killer feature. Ya fitur real-time transcription yang mengagumkan.

Pembaruan Google Translate

Pembaruan ini boleh jadi dinantikan banyak orang. Terutama mereka yang kerap bepergian ke luar negeri dan belum memahami secara baik bahasa asing.

Alat terjemahan yang mirip alat rekaman pun masih mahal. Itupun kadar terjemahannya tak begitu memuaskan.

Sementara yang kita ketahui Google Translate adalah aplikasi yang gratis. Setiap orang yang memiliki akses terhadap ponsel pintar bisa dengan mudah mengunduhnya untuk kemudian memakainya.

Pembaruan ini telah dilakukan oleh Google dalam beberapa hari ini. Android tipe apapun bakal mendapatkan pembaruannya.

Google Translate yang sudah diperbarui bisa sedikit terlihat dari perbedaan tampilannya. Pada tampilan aplikasi yang baru terdapat tombol Transcribe dengan simbol orang yang sedang mendengar.

google translate

Buat yang masih belum muncul tampilan semacam itu, namun hanya ada simbol mic, itu juga bisa dipergunakan untuk menjalankan fitur ini.

Saat seseorang menggunakannya, ia hanya perlu menyodorkan mic ponsel seperti sedang merekam. Kemudian Google Translate akan mewujudkannya ke dalam tulisan dan menerjemahkannya secara langsung.

Untuk bisa menggunakannya, orang tersebut harus terhubung dengan internet. Dan kecepatan terjemahan tergantung dari kekuatan perangkat yang dipakai serta sinyal internet yang ada.

Untuk yang mau menggunakan fitur ini secara online, silakan mengunduhnya terlebih dahulu file bahasa yang tersedia. Sehingga aplikasi ini tak perlu terhubung untuk mengakses database.

Pembaruan ini merupakan adaptasi lebih lanjut dari Google Recorder App yang baru dan sudah bisa dipakai secara penuh di Google Pixel.

Ketersediaan

Sayangnya fitur Google Translate ini baru optimal pada beberapa bahasa saja, yakni Bahasa Inggris, Perancis, Jerman, India, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thailand.

Bahasa Indonesia sebetulnya sudah bisa dipergunakan untuk melakukan terjemahan dengan suara ini. Namun kabarnya hasilnya kurang optimal karena algoritma Google belum merambah ke bahasa kebanggaan kita ini.

Setelah saya mencobanya, kok bagus-bagus saja sih. Tidak ada kendala berarti ketika menerjemahkan lewat suara dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia maupun sebaliknya. Sepertinya Google Translate mulai membaik.

Buat Anda yang belum memiliki Google Translate di ponsel Anda, silakan unduh di Play Store yang terdapat pada ponsel masing-masing. Silakan unduh di tombol berikut ini.

Buat yang tidak mau mengunduhnya juga bisa mempergunakan Google Translate versi website. Alamatnya bisa Anda temukan di https://translate.google.com/. Namun perlu diketahui kalau versi website itu tidak bisa menjalankan fitur yang kita bahas saat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here