Fitur Baru Android yang Berguna Saat Darurat

0

Sejak lama, ada fitur ’emergency call’ di telepon seluler. Fitur ini pun tetap dipertahankan ketika era smartphone mulai berjaya. Namun penggunaan telepon darurat ini membutuhkan komunikasi verbal. Sementara dalam situasi yang darurat, seseorang bisa saja tidak bisa melakukannya. Untuk itulah Google Android sedang merilis fitur baru yang berguna bagi kondisi semacam ini.

Fitur Google layanan darurat ini memungkinkan perangkat mengirimkan sinyal bantuan kepada layanan tertentu, seperti tenaga medis, polisi, maupun pemadam kebakaran tanpa melakukan percakapan.

Untuk lebih jelas mengenai fitur ini, silakan lihat gambar gif dibawah ini.

Google-Emergency-Services-GIF

Telepon anda bakal memwakili anda untuk berbicara dengan penyedia layanan darurat itu. Dan sekaligus juga mengirimkan lokasi berdasarkan GPS yang terpasang di telepon.

Fitur ini berguna bukan hanya agar informasi yang disampaikan ke penyedia layanan bisa tersampaikan dengan cepat dan jelas, akan tetapi sangat baik juga digunakan oleh para penyandang disabilitas.

Meskipun sudah diwakili oleh aplikasi, telepon ini masih tetap bisa dipergunakan untuk berbicara dengan penyedia layanan tersebut secara normal.

Sayangnya, fitur ini baru tersedia di Google Pixel saja belum merata ke perangkat yang lain. Kabarnya perangkat lain baru bisa dalam beberapa bulan kedepan. Kalaupun sudah dirilis untuk telepon lain, apakah Indonesia siap dengan fitur darurat dari Google ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here