Berita  

Fauna Indonesia Bagian Barat

Fauna Indonesia Bagian Barat – 4 INDIKATOR INDIKATOR Menunjukkan Habitat Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timur Menjelaskan persebaran satwa di Indonesia Menjelaskan ciri-ciri satwa di Indonesia Bagian Barat, Tengah dan Timur.

Indonesia terletak di antara dua wilayah persebaran hewan dunia, yaitu wilayah Timur dan Australia. Oleh karena itu, Indonesia memiliki keanekaragaman satwa dari Asia dan Australia, namun penyebarannya menghadapi kendala karena topografi Indonesia. Keanekaragaman spesies hewan yang ditemukan di Indonesia termasuk mamalia (lebih dari 5000 spesies), kupu-kupu (lebih dari 100 spesies), reptil (lebih dari 600 spesies), burung (lebih dari 5000 spesies) dan amfibi (lebih dari 250 spesies). . Sebaran fauna Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga kelompok berdasarkan kondisi geografisnya, yaitu fauna Indonesia bagian barat, fauna Indonesia bagian tengah, dan fauna Indonesia bagian timur.

Fauna Indonesia Bagian Barat

Fauna Indonesia Bagian Barat

13 Harimau Harimau sumatera hanya ditemukan di Pulau Sumatera. Kucing besar ini dapat hidup di mana saja dari hutan dataran rendah hingga hutan pegunungan dan hidup di banyak daerah terbuka. Hanya ada sekitar 400 orang yang tinggal di cagar alam dan taman nasional, selebihnya tersebar di daerah lain yang disiapkan untuk bercocok tanam.

Ternyata Begini Karakteristik Flora Bagian Barat Indonesia

14 Beruang memiliki ekor yang kecil, indera penciuman dan pendengaran yang sangat baik, lima cakar di masing-masing tangan yang tidak dapat ditarik, dan bulu yang panjang, tebal dan kasar. Mereka memiliki cakar yang lebar, hidung yang panjang dan telinga yang bulat. Giginya digunakan untuk pertahanan dan senjata dan bergantung pada makanannya. Kukunya digunakan untuk merobek, menggali dan menggenggam. Penglihatan beruang hampir identik dengan penglihatan manusia. Beruang hitam dan sejenisnya tidak buta warna, yang memungkinkan mereka untuk membedakan diri mereka sendiri.

15 Gajah sumatera merupakan hewan herbivora, sehingga membutuhkan makanan yang cukup di habitatnya. Gajah juga membutuhkan habitat yang ditumbuhi pepohonan sebagai nutrisi tambahan untuk memenuhi kebutuhan mineral kalsium untuk memperkuat tulang, gigi dan taring. Karena pencernaannya yang tidak sempurna, ia membutuhkan makanan dalam jumlah yang sangat besar, yaitu satu kilogram biomassa per hari untuk setiap gajah tua, atau 5-10% dari berat tubuhnya.

16 Badak Badak Jawa hidup di hampir semua pegunungan di Jawa Barat, beberapa di antaranya mencapai 3000 meter di atas permukaan laut. Pada tahun 1960-an, diperkirakan 20 hingga 30 badak masih hidup di Taman Nasional Ujung Kulon. Populasinya berlipat ganda antara tahun 1967 dan 1978 setelah tindakan konservasi yang ketat diberlakukan, sebagian dengan dukungan dari WWF-Indonesia. Sejak akhir 1970-an, badak Jawa tampak stabil. WWF-Indonesia memperkirakan badak Jawa di Ujung Kulon rata-rata memiliki populasi 42 ekor (data 2000).

17 Kuskus atau kuse beruang (Ailurops ursinus) adalah salah satu dari dua jenis kuskus yang hidup di Sulawesi. Hewan ini termasuk dalam kelompok hewan berkantung, di mana betina membawa bayinya dalam kantong di perutnya. Panjang badan dan kepala Kuse 56 cm, ekor 54 cm, dan berat mencapai 8 kg. Kuse memiliki ekor yang dapat memegang yang mampu mencengkeram dan digunakan untuk berpegangan pada pohon-pohon tinggi.

Fauna Indonesia Bagian Barat Yang Perlu Diketahui

18 Komodo Komodo, atau dikenal sebagai komodo (Varanus komodoensis), adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Rinca, Flores dan Nusa Tenggara. Terdiri dari anggota famili Varanidae dan kelompok Toxicofera, komodo adalah kadal terbesar di dunia, berukuran panjang antara 2-3 m. Ukuran ini terkait dengan ciri-ciri gigantisme pulau, yaitu kecenderungan tubuh besar hewan tertentu yang hidup di pulau-pulau kecil, dikombinasikan dengan kurangnya mamalia di pulau tempat komodo hidup, dan tingkat metabolisme komodo yang rendah. . dalam tubuhnya yang besar, kadal ini berada pada posisi sebagai predator yang menguasai ekosistem tempat hidupnya.

19 Babirusa Babirusa (Babyrousa babirussa) hanya ditemukan di sekitar Sulawesi, Pulau Togian, Malenge, Sula, Buru dan Maluku. Babi hidup di hutan hujan. Hewan ini suka memakan buah-buahan dan tumbuhan seperti mangga, jamur dan daun-daunan. Mereka hanya berburu makanan pada malam hari untuk menghindari beberapa hewan liar yang sering menyerang.

20 Anoa Anoa merupakan hewan yang umum di Sulawesi. Ada dua spesies anoa: anoa pegunungan (Bubalus quarlesi) dan anoa dataran rendah (Bubalus depressicornis). Keduanya tinggal di hutan yang tak tersentuh manusia. Penampilan mereka mirip dengan antelop dan beratnya beberapa kilogram. Anak ayam anoa lahir setahun sekali. Kedua spesies ini ditemukan di Sulawesi, Indonesia. Ini telah terancam punah sejak tahun 1960-an. Diperkirakan saat ini ada kurang dari 5000 orang yang hidup. Anoa biasanya berburu kulit, tanduk, dan daging.

Fauna Indonesia Bagian Barat

Burung berukuran sedang, panjang sekitar 55 cm, satu-satunya burung dalam spesies Macrocephalon. Hewan ini endemik Indonesia dan hanya ditemukan di hutan hujan pulau Sulawesi. Maleo bersarang di daerah berpasir terbuka, daerah sekitar lautan vulkanik, dan daerah yang dipanaskan oleh panas bumi untuk menetaskan telur besarnya yang lima kali lebih besar dari telur ayam.

Dua Jenis Hewan Langka Ini Terancam Punah

22 Kanguru Jika kita menyebut kanguru, hewan ini pasti dibandingkan dengan negara tempat ia dilahirkan, Australia. Tapi tahukah Anda bahwa hewan ini tidak hanya ada di negara tetangga kita Australia? Indonesia juga memiliki habitat hewan ini. Ini adalah Papua, tempat di mana hewan berkantung hidup dan alam yang indah. Hingga saat ini, ada sekitar sepuluh spesies kanguru yang ditemukan di kawasan Indo-Pasifik. Separuhnya ada di Indonesia. Bahkan, salah satunya baru saja ditemukan. Kanguru pohon Mbaiso (Dendrolagus mbaiso) ditemukan di hutan hujan selatan Papua. Jenis lain kanguru pohon hias (Denrolagus goodfellowi), kanguru pohon Indomea (Dendrolagus dorianus), kanguru pohon Nemena (d.ursinus) dan kanguru pohon Wakera (Dendrolagus inustus).

23 Cendrawasih Cendrawasih adalah anggota famili Paradisaeidae dari genus Passeriformes. Mereka ditemukan di Indonesia timur, Kepulauan Selat Torres, Papua Nugini dan Australia timur. Burung dari keluarga ini dikenal memiliki banyak bulu, terutama bulu panjang dan rumit yang tumbuh di paruh, sayap, atau kepalanya. Burung Cendrawasih memiliki ukuran bervariasi mulai dari Cendrawasih Raja 15 cm 50 gram hingga Cendrawasih Paruh Bulan Sabit Hitam 110 cm dan Cendrawasih Jambul Manukod 430 gram.

Burung berukuran sedang dari keluarga nuri, Cacatua. Kakatua Jambul Oranye adalah yang terkecil dari empat subspesies Kakatua Jambul Sulfur. Burung ini memiliki hampir semua bulu berwarna putih. Ia memiliki jambul oranye vertikal di kepalanya dengan paruh abu-abu gelap, telinga oranye tutul, mata hitam-cokelat, dan kaki abu-abu. Bulu terbang dan ekor bawah berwarna kuning. Burung betina sama dengan burung jantan.

25 Kasuari Casuarius adalah salah satu spesies burung dalam famili Casuariidae. Genus ini termasuk tiga spesies Kasuari yang sangat besar dan tidak bisa terbang. Kisaran ketiga spesies ini berada di hutan hujan dan pegunungan pulau Irian. Kasuari bersayap dua adalah satu-satunya spesies kasuari yang ditemukan di Australia. Kasuari dilengkapi dengan tanduk di kepala mereka yang membantu burung untuk menavigasi habitat hutan hujannya. Selain tanduk di kepalanya, Kasuari memiliki kaki yang sangat kuat dan cakar yang tajam. Betina biasanya lebih besar dan berwarna lebih terang daripada jantan.

The Bengal Tiger Is A Panthera Tigris Tigris Population In The Indian Subcontinent

Ia memiliki bulu yang tebal dan lembut, telinga yang besar, dan kaki yang panjang dengan cakar yang besar dan panjang untuk membantunya memanjat. Berat bervariasi dari 14 kg untuk jantan selatan yang besar hingga 5 kg untuk betina utara yang kecil. Mereka biasanya pendiam, tetapi koala jantan memiliki tangisan yang keras dan mengesankan yang dapat didengar hingga satu kilometer selama musim kawin.

27 CONTOH PERTANYAAN Pilih jawaban dengan mengklik opsi a, b, c, d atau e. Salah satu penyebab penyebaran hewan, kecuali …. a. Faktor iklim b. kondisi tanah c. kondisi geografis d. kondisi geologi e. tekanan populasi

2. Sebaran satwa karena tidak sesuai dengan kondisi habitatnya disebabkan oleh …. a. pindah tempat tinggalb. ketersediaan panganc. perubahan suhu d. Bencana alam E. a, b, c dan d benar

3. Faktor-faktor yang mencegah penyebaran tumbuhan dan hewan antara lain sebagai berikut, kecuali… a. tanaman b. cuaca c. negara d. secara geografis misalnya secara biologis

Fauna Indonesia Bagian Timur Dan Contohnya

36 CONTOH CONTOH 4. Berikut hewan-hewan dari daerah timur, yaitu …. a. orang utan b. jerapah c. unta d. burung cendrawasih e. kasuari

39 CONTOH CONTOH 5. Sebaran hewan di Indonesia bagian barat dibatasi oleh garis…. a. seorang penenun b. Huntington c. undian d. walla e ayam kecil

Agar situs web ini berfungsi, kami mengumpulkan data pengguna dan mentransfernya ke pemroses. Untuk menggunakan situs web ini, Anda harus menyetujui kebijakan privasi kami, termasuk kebijakan cookie. Indonesia kaya akan flora dan fauna. Simak berbagai jenis flora dan fauna di Indonesia berikut ini:

Flora & Fauna di Indonesia – Letak Indonesia yang sangat strategis dikelilingi oleh dua benua dan dua samudera membuat kondisi geologis Indonesia sangat beragam, termasuk flora dan fauna yang terdapat di Indonesia. Tidak hanya Indonesia yang kaya akan flora dan fauna, Indonesia juga merupakan rumah bagi flora dan fauna yang langka dan tidak biasa.

Kliping Flora Dan Fauna Di Indonesia Bagian Barat

Flora dan fauna Indonesia dibagi menjadi tiga zona yaitu Zona Asiatic, Transitional dan Australis yang dipisahkan oleh Garis Wallace dan Garis Weber.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang keanekaragaman hayati Indonesia, berikut penjelasan flora dan fauna Indonesia beserta contohnya yang bisa Anda lihat sendiri!

Flora dan fauna Indonesia bagian barat yang meliputi Indonesia bagian barat yaitu Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan disebut juga

Fauna Indonesia Bagian Barat

Fauna bagian indonesia barat, ciri fauna bagian barat, gambar fauna bagian barat, fauna bagian barat, karakteristik fauna indonesia bagian barat, contoh fauna bagian barat, contoh fauna indonesia bagian barat, persebaran fauna bagian barat, fauna di indonesia bagian barat, jenis fauna indonesia bagian barat, foto fauna bagian barat, gambar fauna indonesia bagian barat

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
0
Share