Facebook mengumumkan bakal ganti nama WhatsApp dan Instagram. Pihak Facebook sendiri sudah mengonfirmasi kabar ini, dan pergantian tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat.

Sejak dibeli pada 2012 dengan harga $1 miliar, Instagram memang semakin populer. Penggunanya semakin bertambah dari hari ke hari karena ada pelimpahan pengguna juga dari Facebook. WhatsApp juga begitu. Sejak dibeli dua tahun setelah Instagram dengan harga $19 miliar, WhatsApp semakin populer. Integrasinya dengan Facebook membawa migrasi pengunjung.

facebook
Facebook.

Popularitas keduanya ternyata membawa imbas yang netral buat Facebook. Artinya, dikutip dari Techcrunch, Facebook kurang mendapat sorotan atas berkembangnya dua aplikasi tersebut. Pengguna menganggap bahwa Instagram dan WhatsApp hanyalah aplikasi mandiri, bukan bagian dari Facebook.

Beberapa aplikasi yang merupakan bagian dari Facebook seperti Facebook Messenger, Page Manager, Ads Manager, Analytics, Workplace, dan Facebook Local, semua langsung terintegrasi dengan Facebook sejak masih terpampang di App Store dan Play Store. Namun Whatsapp dan Instagram tidak begitu.

Whatsapp dan Instagram masih dibiarkan seperti semula. Mereka masih seperti aplikasi mandiri yang tidak memiliki induk. Itulah mengapa pihak Facebook ingin agar nama keduanya diubah. Cuma kalau diubah ke nama lain, agaknya bakal membutuhkan rebranding dan tentu saja memakan waktu yang tidak sebentar.

Untuk itulah Whatsapp dan Instagram akan diubah menjadi Whatsapp from Facebook dan Instagram from Facebook. Ya, penambahan ini berlandaskan dengan alasan seperti diatas. Agar semua orang memiliki kesadaran merek bahwa Instagram dan Whatsapp merupakan milik Facebook. Nama baru ini akan dipajang di halaman unduh di Android Play Store dan Apple App Store.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here