Facebook Luncurkan Facebook Shops, Bantu UMKM di Era Pandemi

0
facebook shops

Facebook semakin memuluskan pembuatan e-commerce didalam paltform mereka. Hal ini ditandai dengan dirilisnya Facebook Shops yang membuat para pelapak dan pengguna Facebook Marketplace memiliki toko dengan fitur lebih lengkap.

Dalam Facebook Shops toko-toko tadi bakal terintegrasi dengan pihak ketiga seperti Shopify, BigCommerce, dan Woo, sehingga media sosial ini bisa menjadi tujuan belanja yang lebih lengkap dengan penggunaan fitur yang lebih komplit.

Menurut Mark Zuckerberg perluasan e-commerce ini penting untuk mulai membangun kembali perekonomian yang terhantam pandemi.

“Jika Anda tidak dapat secara fisik membuka toko atau restoran Anda, Anda masih dapat menerima pesanan secara online dan mengirimkannya kepada orang-orang. Kami melihat banyak bisnis kecil yang tidak pernah memiliki bisnis online untuk online untuk pertama kalinya.” kata Mark.

Shops memang dirilis terkait pandemi. Hal ini disebabkan banyak bisnis yang terimbas hingga menurut Facebook, 11 persen diantaranya mengalami kebangkrutan. Namun di sisi yang lain mulai ada potensi yakni munculnya cukup banyak pesanan lewat jalur online.

facebook shops

Fitur dalam Facebook Shops

Facebook membebaskan para pemilik bisnis untuk membuat akun-akun Facebook Shops mereka. Syaratnya sederhana, mereka mesti memulai untuk membuat akun Fanpage Business dan terintegrasi dengan akun Instagram.

Jualan Lewat Story

Facebook menyediakan fitur jualan berbasis Story, baik di Facebook dan terutama di Instagram. Story ini bisa dipromosikan dalam bentuk iklan yang cukup memungkinkan pemilik bisnis untuk mendapatkan pembeli potensial yang lebih banyak.

Reputasi Lapak

Untuk pembelian sendiri, pemilik bisnis bisa langsung menggelar transaksi di Facebook. Sehingga Mark Zuckerberg menggaransi setiap lapak Shops bakal memiliki histori transaksi tersebut dan reputasi setiap lapak bakal dipajang secara transparan.

Katalog Terintegrasi

Fitur menarik lainnya adalah integrasi dengan aplikasi perpesanan Facebook seperti WhatsApp dan Messenger. Disamping itu Shops menyediakan katalog bagi penjual, dimana pembeli bisa langsung menanyakan barang tersebut lewat aplikasi perpesanan itu.

Jualan dengan Live Streaming

Lebih menarik lagi buat Anda yang gemar cuap-cuap ketika berjualan, Facebook Shops menyediakan fitur live streaming. Dengan fitur ini Anda bisa menjajakan secara langsung barang dagangan sembari mengasah bakat berbicara Anda di depan kamera.

Program Loyalitas

Untuk menjaga loyalitas konsumen, Facebook Shops juga menyediakan fitur loyalitas. Lapak Anda bakal bisa memberi semacam poin bagi konsumen tertentu yang sering berbelanja. Facebook masih terus menyempurnakan program loyalitas semacam ini sehingga dalam waktu dekat mungkin masih belum ditemukan mekanisme yang menguntungkan.

Penutup

Facebook telah berkecimpung dalam perdagangan selama bertahun-tahun. Pada 2016, ia memperkenalkan Marketplace, tujuan dalam aplikasi untuk pembelian dan penjualan peer-to-peer. Dua tahun kemudian, Instagram mulai mengerjakan aplikasi belanja mandiri, meskipun kemudian ditinggalkan. Sebaliknya, tahun lalu, Instagram menambahkan checkout dalam aplikasi.

Shops mulai diluncurkan di Facebook hari ini (20/05) di Amerika Serikat dan akan hadir di Instagram sekitar musim panas depan. Namun untuk waktu yang dekat ini, rasanya belum ada kabar Facebook Shops bisa dimanfaatkan UMKM di Indonesia untuk berjibaku di tengah pandemi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here