Selasa, Oktober 19, 2021

Facebook Portal, 4 Jenis Layar Pintar untuk Video Call

Kopitekno.com Mark Zuckerberg sudah mengenalkan Facebook Portal secara live pada Rabu (22/09/2021) lalu. Pada kesempatan tersebut ia menunjukkan beberapa layar yang dibuat khusus untuk melakukan video call.

Facebook Portal merupakan perangkat pintar yang dibuat oleh Facebook untuk mengoptimalkan video call. Perangkat ini memang dibuat secara spesifik untuk itu, sehingga optimasi desain dan spesifikasinya cukup terbatas.

Ada empat jenis Portal Facebook yang bisa kamu dapatkan saat ini. Yang pertama ada Portal TV, Portal, Portal GO, dan Portal+. Keempat Portal ini memiliki desain, spesifikasi, dan tentu saja harga yang berbeda.

Portal TV

facebook portal

Portal TV tak seperti namanya. Ia bukanlah televisi, namun sebuah perangkat yang menjadikan semua televisi di rumahmu menjadi perangkat pintar. Ya, lebih tepatnya mirip Android TV Box.

Kamu hanya perlu memasang Portal TV kedalam televisi di rumah kamu, sehingga setiap video call yang dilakukan bisa terlihat pada layar yang lebih besar. Tapi tentu tergantung dari sebesar apa televisimu.

Portal TV tak cuma bisa diajak untuk video call saja, namun ada beberapa layanan streaming yang juga bisa dinikmati.

Apa saja spesifikasi yang dimiliki oleh Portal TV ini? Yuk, silakan disimak dibawah.

Portal TVSpesifikasi
Dimensi3.2cm x 19 cm x 5.7cm
Wi-Fi2.4Ghz dan 5Ghz
Bluetooth4.2
Video CallMessenger, WhatsApp, Zoom, Workplace, dan Goto
Smart-speakerAlexa
Kamera12MP Smart Camera dengan ultrawide Field of View 113°
LebarSesuai televisi
Harga$149

Facebook Portal

facebook portal

Facebook Portal ini merupakan Portal yang paling standar. Ia sudah memiliki layar, dengan desain yang mirip bingkai foto di rumah kamu.

Kesederhanaan dibalik tampilan Portal ini tidak serta-merta membuatnya bisa dianggap remeh. Sebab dibalik bentuknya, ia menyimpan berbagai kecanggihan seperti perangkat Portal lainnya.

Kamu bisa melakukan video call dengan baik, menonton layanan streaming kapanpun, dan tentu saja bisa memanfaatkan perangkat ini sebagai speaker pintar berbasis Alexa di rumah kamu.

Inilah spesifikasi selengkapnya:

Portal TVSpesifikasi
Dimensi17.9cm x 26cm x 14.12cm
Wi-Fi2.4Ghz dan 5Ghz
Bluetooth5
Video CallMessenger, WhatsApp, Zoom, Workplace, Bluejeans, Webex Meeting dan Goto
Smart-speakerAlexa
Kamera13MP Smart Camera dengan ultrawide Field of View 103°
Lebar10 inci HD
Harga$179

Portal GO

facebook portal

Dari keempat Portal milik Facebook ini, mungkin Portal GO yang cukup populer. Hal ini disebabkan portabilitas desainnya yang menarik untuk dibawa bepergian.

Bentuknya ergonomis, dengan pegangan untuk menjinjing di bagian belakang. Dan secara keseluruhan tampilannya memang cantik. Ketika tak digunakan pun bisa dimanfaatkan sebagai hiasan di meja kerja.

Portal GO ini juga memiliki kecanggihan yang sama dengan Portal lainnya. Perbedaan yang paling mendasar adalah Portal GO ini punya baterai, sehingga membuatnya bisa dibawa tanpa perlu disambungkan ke listrik setiap saat.

Mari kita intip spesifikasinya:

Portal TVSpesifikasi
Dimensi17.37cm x 25.65cm x 7.87cm
Wi-Fi2.4Ghz dan 5Ghz
Bluetooth5.1
Video CallMessenger, WhatsApp, Zoom, Workplace, Bluejeans, Webex Meeting dan Goto
Smart-speakerAlexa
Kamera12MP Smart Camera dengan ultrawide Field of View 125°
Lebar10 inci HD
Harga$199

Portal+

facebook portal

Varian tertinggi dari keluarga Portal dipegang oleh Portal+. Portal ini merupakan layar HD yang dibenamkan perangkat pintar.

Kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan daring dengan layar yang lebih besar dibanding Portal dan Portal GO. Beberapa spesifikasi juga sedikit berada diatas dibandingkan lainnya.

Portal+ ini merupakan perangkat pengganti laptop terbaik yang sangat cocok untuk aktivitas rapat online keseharian.

Inilah spesifikasinya:

Portal TVSpesifikasi
Dimensi25.07cm x 31.28cm x 9.80cm
Wi-Fi2.4Ghz dan 5Ghz
Bluetooth5.1
Video CallMessenger, WhatsApp, Zoom, Workplace, Bluejeans, Webex Meeting dan Goto
Smart-speakerAlexa
Kamera12MP Smart Camera dengan ultrawide Field of View 131°
Lebar14 inci HD
Harga$349

Ketersediaan

Saat ini baru Portal TV dan Portal saja yang bisa dibeli. Sementara itu, Portal GO dan Portal+ masih berstatus pra-pemesanan.

Sayangnya baik yang sudah bisa dibeli dan masih berstatus pra-pemesanan, hanya bisa dikirim ke Amerika Serikat, Kanada, Australia, Perancis, Italia, Selandia Baru, Spanyol, dan Inggris. Artinya buat kita yang tinggal di Indonesia, baru bisa membeli dari pembeli eceran di negara-negara tersebut.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini