Saturday, December 4, 2021

Facebook Matikan Fitur Pengenal Wajah, Data Miliaran Pengguna Dihapus

Kopitekno.com – Fitur pengenal wajah atau Face Recognition tak akan lagi ada di Facebook. Lewat situs resminya, Meta mengonfirmasi hal ini dan akan menghapus sekitar satu miliar data wajah penggunanya.

Jika saat ini fitur tersebut masih berjalan dan bisa dipergunakan, itu berarti akun Anda masih belum diproses. Facebook berjanji bakal menghapus semuanya dalam beberapa minggu kedepan.

Fitur pengenalan wajah ini sudah ada sejak tahun 2011. Dan pada saat itu Facebook membuatnya jadi otomatis untuk 500 juta pengguna. Fitur ini memunculkan opsi Tag Recognition, dimana penggunanya akan mendapati pemberitahuan ketika wajahnya berada pada foto atau video yang diunggah oleh akun lainnya.

Pengenalan wajah ini memang cukup berguna untuk memberikan notifikasi unggahan konten dimana wajah pengguna didalamnya. Namun disisi lain juga fitur ini berpotensi melanggar privasi. Sehingga pada 2017, facebook memberikan opsi opt-out untuk pengguna yang tak mau menggunakan fitur ini.

Facebook juga menjelaskan sudah ada sepertiga pengguna harian media sosial ini yang memakai fitur pengenalan wajah tersebut. Sebelumnya Facebook memamakai fitur Automatic Alt Text untuk menjelaskan sebuah foto.

Apakah Face Recognition ini akan dibuang Facebook?

Teknologi pengenalan wajah tetap akan dipakai oleh Facebook. Sebab menurut mereka teknologi ini ettap merupakan sebuah teknologi yang ampuh dalam melakukan identifikasi orang, sehingga mencegah pemalsuan.

Kemungkinan besar teknologi ini bakal diaplikasikan oleh Facebook di tempat yang lain. Sehingga manfaatnya lebih terasa dan lebih luas.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini