Facebook Discover, Sebuah Aplikasi Internet Gratis dari Facebook

0
facebook discover

Sejak lama Facebook memang berambisi untuk menghadirkan proyek yang cukup ambisius berkaitan dengan internet yang gratis. Dimulai dari program Free Basics pada enam tahun silam, dan kini raksasa media sosial ini kembali dengan sebuah inisiatif yang disebut Discover.

Facebook Discover ini tersedia dalam aplikasi Android maupun berbasis website. Dan fungsi utamanya masih sama seperti program Free Basic itu, yakni membawa pengguna dengan pengalaman untuk mengakses internet secara gratis.

Masih Diujicoba di Peru

Discover saat ini masih diujicoba di Peru. Facebook bekerjasama dengan beberapa perusahaan telekomunikasi lokal disana seperti Bitel, Claro, Entel, dan Movistar.

Saat diujicoba banyak yang melihat bahwa Discover ini mirip dengan program Free Basics seperti Internet.org. Sebab ia menghambat pengaksesan situs tertentu yang semestinya secara ideal tidak ditemukan di ruang bebas seperti internet. Free Basic bahkan hanya bisa mengakses situs tertentu saja sesuai dengan aturan Facebook.

Sementara itu Discover hanya memuat situs berdasarkan text-only atau hanya muncul teks saja. Jadi tampilan situs secara umum yang dilihat pada kuota data berbayar, tidak bisa terlihat melalui aplikasi ini. Sekali lagi, hanya teks. Free Basic telah dihentikan, apakah Discover yang baru lahir ini juga akan memicu hal yang sama?

Cara Kerja Facebook Discover

facebook discover

Menilik cara kerja Discover ini, sekali lagi, hampir sama dengan program Free Basic sebelumnya. Yakni memanfaatkan jaringan proxy. Jadi sebelum seseorang mengakses sebuah situs, jaringannya terlebih dahulu dilewatkan pada sebuah proxy yang dibuat oleh Facebook. Jadi perangkat yang dipergunakan untuk mengakses situs, hanya berinteraksi dengan proxy, bukan dengan situs secara langsung.

Program Free Basic yang dulu juga begitu. Hanya saja bedanya terletak pada tampilan situs dan tidak bisa diaksesnya beberapa situs sesuai dengan aturan Facebook. Nah pada Discover, semuanya bisa diakses, namun pengguna tidak akan bisa melihat gambar apalagi video pada sebuah situs yang dikunjungi.

Program Discover ini memang bermanfaat untuk mereka yang tidak bisa mengakses informasi dasar di internet. Sehingga banyak orang yang bakal terbantu dengan keberadaan aplikasi dari Facebook tersebut. Namun bukankah yang diperlukan sebetulnya bukan yang gratis, tapi lebih pada keterjangkauan jaringan internet?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here