Facebook Dating, Sebuah Kabar Baik Untuk Jomlo

0

Ada pembaruan dari Facebook yang mungkin menarik bagi sebagian orang. Terutama mereka yang masih menyandang status jomlo. Sebab media sosial terbesar ini memiliki aplikasi kencan yang terintegrasi dalam aplikasinya bernama Facebook Dating.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna Facebook untuk membuat akun tambahan. Akun kedua ini nantinya akan berjalan di aplikasi tersebut. Untuk bisa membuat akun tambahan tersebut, pengguna harus berusia 18 tahun keatas dan sudah menginstal versi terbaru dari aplikasi Facebook.

Mekanisme aplikasi ini mungkin mirip dengan aplikasi kencan yang lain. Akan tetapi pada aplikasi ini, pengguna terikat dengan akun yang dibuatnya di Facebook. Sehingga pengguna tidak akan bertemu teman yang sudah ada dalam jaringan, meski teman tersebut memakai akun palsu pada Facebook Dating.

Pengguna aplikasi ini hanya akan ‘disambungkan’ dengan jaringan teman yang sudah bergabung dalam aplikasi ini. Siapapun bisa berinisiatif memulai kontak seperti memberi like dan berkomentar. Seluruh aktivitas pengguna di Facebook Dating akan tetap berada di aplikasi ini dan tidak akan dibagikan kemana-mana.

Untuk lebih jelasnya, ada beberapa fitur kunci dari aplikasi ini. Berikut diantaranya.

Bakal ada Stories layaknya Facebook dan Instagram Stories pada Facebook Dating. Meskipun posisinya sebagai aplikasi tambahan pada aplikasi Facebook induk, aplikasi ini tetap mengutamakan dinamisnya konektivitas komunikasi pada aplikasi ini. Sehingga dibuatlah semacam ‘story’ selayaknya kedua aplikasi induknya.

Akun rahasia sebetulnya bisa berhubungan dengan jaringan teman sendiri. Pada pengaturan awalnya, seseorang yang membuat akun di Facebook Dating tidak akan bertemu dengan jaringan teman Facebook-nya. Namun ada fitur yang bernama Secret Crush yang memungkinkan pengguna untuk memilih sembilan teman Facebook dan Instagram untuk tetap berhubungan di Facebook Dating.

Sayangnya fitur Secret Crush ini juga harus melakukan hal yang sama. Maksudnya sembilan teman yang dipilih tadi, paling tidak beberapa diantaranya, meski memakai Secret Crush juga dan menerima kita sebagai ‘crush’ mereka. Kalau tidak, ya namanya bertepuk sebelah tangan alias tidak cocok!

Postingan di Instagram bisa diunggah langsung di Facebook Dating. Kalau ini tidak perlu berpanjang kata, sebab karena hubungan ‘mesra’ Facebook dan Instagram, fitur yang sama juga sudah hadir sejak lama.

Ketika memasuki sebuah Events atau Group pada Facebook Dating, seseorang bakal melihat orang lain yang mungkin dikenal dan mereka juga bisa mengetahui bahwa seseorang tersebut termasuk ke dalam kelompok yang sama.

Ada fitur membagikan detail kencan. Melalui Messenger seseorang bisa membagikan detail kencannya secara lengkap berikut tanggal, waktu, dan lokasi melalui fitur live location seperti WhatsApp.

Mudahnya membuat akun di Facebook Dating. Facebook menerima banyak masukan agar mempermudah pendaftaran di aplikasi ini. Dan Facebook merealisasikannya dengan membuat mudah pendaftaran untuk aplikasi ini dalam beberapa kali ketukan.

Sayangnya pengguna Facebook di Indonesia mesti menunggu untuk jangka waktu yang tidak ditentukan untuk bisa menikmatinya. Sebab saat ini hanya 19 negara berikut yang sudah disambangi Facebook Dating, yakni Argentina, Bolivia, Brazil, Canada, Chile, Colombia, Ecuador, Guyana, Laos, Malaysia, Mexico, Paraguay, Peru, the Philippines, Singapore, Suriname, Thailand, Uruguay, dan Vietnam. Eropa saja baru tahun 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here