Selasa, Oktober 19, 2021

Inilah Arti Emoji Folded Hands 🙏 yang Perlu Dipahami

Kopitekno.com Emoji kerap bikin salah paham. Misalnya emoji tangan tertangkup seperti ini: 🙏. Emoji yang disebut folded hands ini kerap dianggap tak sopan ketika dikirimkan ke orang tua, dosen, maupun orang yang lebih tinggi kedudukannya.

Salah paham itu memang sebagian kecil saja, namun dampaknya terlihat cukup menggelikan. Sebab ada yang sampai dimarahi. Dan kalau urusannya dengan dosen, tentu ini soal masa depan perkuliahan.

Salah Paham

Salah paham bermula karena ada banyak orang yang menganggap bahwa emoji folded hands dengan bentuk seperti ini 🙏 merupakan dua buah tangan dari orang yang berbeda yang sedang tos atau high five.

Sehingga wajar saja ketika tos high five ini dikirimkan kepada orang yang lebih tua atau memiliki kedudukan yang lebih tinggi dianggap sebagai bentuk ketidaksopanan. Ya, silakan bayangkan sendiri ketika kamu mengajak dosen untuk tos di pertemuan tatap muka. Bagaimana reaksinya?

Pengertian yang perlu diluruskan itu bukan cuma JakMall seorang. Atau bahkan itu hanya merupakan pengetahuan adminnya saja dan tak mewakili lembaga. Sebab ada banyak orang yang berpemahaman senada pada saat itu.

Kesalahpahaman ini pernah diperdebatkan pada 2018 hingga 2020 kemarin. Bahkan menurut Ivan Lanin, ini terjadi sejak 2013 silam. Ivan Lanin pada tahun 2019 juga pernah memperbaiki kekeliruan tersebut, dan menjelaskan kalau 🙏 adalah folded hands dan bukan orang yang sedang tos high five.

Arti Sebenarnya

Menurut kamus Emojipedia, dibuatnya emoji folded hands 🙏 untuk mewakili simbol peribadatan, baik dalam konteks ibadah kepada Tuhan, maupun bentuk hubungan antara sesama manusia.

Dalam beberapa catatan, emoji ini juga dipengaruhi oleh berbagai kultur agama dan budaya. Misalnya budaya menelungkupkan tangan di Jepang dengan berkata itadakimasu. Para pemeluk agama Hindu juga melakukan hal yang sama dengan mengatakan namaste.

Akulturasi budaya juga membawa sikap menelungkupkan tangan sekaligus emoji ini sebagai bentuk terima kasih sekaligus penghormatan. Ada juga yang memakainya sebagai bentuk permohonan secara langsung.

Namun dari maksud yang asli dari emoji folded hands ini, tidak lantas menjadikan pemaknaannya sebagai tos high five jadi salah kaprah. Memakainya sebagai bentuk tos high five tetap harus dihormati.

Yang tidak boleh adalah ketika ada yang memaknai secara asli emoji folded hands sebagai penghormatan, namun dimaknai sebagai ajakan tos high five, kemudian marah-marah karena dianggap tidak sopan. Maka sebaiknya penggunaan bahasa percakapan digital memang mesti berhati-hati.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Berita Terkini