Download Software Printer Epson L220 Full 2023

Software Printer Epson L220 Full 2022
Software Printer Epson L220 Full 2022

Epson dikenal sebagai salah satu brand printer yang paling populer. Tidak mengherankan memang, karena faktanya Epson memproduksi cukup banyak produk printer berkualitas dengan spesifikasi menawan serta performa yang mengesankan. Nah, salah satu produk Epson yang sangat populer dan banyak digunakan pengguna adalah Epson L220 dengan software printer Epson L220 sebagai pelengkapnya.

Jika dilihat dari angka penjualan, Epson L220 menempati peringkat pertama untuk penjualan printer Epson seri L di pasaran. Tentu, fakta ini semakin menambah pertimbangan bahwa Epson L220 bisa dijadikan opsi printer yang tepat. Terlebih, driver atau software printer Epson L220 pun sudah tersedia gratis di website resmi Epson.

Ya, seiring dengan banyaknya laptop yang kini hadir tanpa CD drive, maka menggunakan software printer Epson L220 adalah pilihan yang tepat untuk menginstal program printer ini.

Kelebihan dan Kekurangan Epson L220

Sebelum membahas tentang driver Epson L220, penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa hal mendasar tentang unit printer ini.

Seperti dibahas di awal, Epson L220 merupakan salah satu printer unggulan dari Epson yang masuk dalam daftar seri L. Printer yang satu ini menjadi inovasi dari seri printer sebelumnya, yakni L210. Tentu saja, kehadiran Epson L220 tersebut menandakan bahwa ada beberapa hal baru yang hadir di mana sebelumnya tidak ditemukan di seri L210.

Epson L220 merupakan printer jenis inkjet yang sudah dilengkapi dengan teknologi ink tank dengan kapasitas yang lebih besar. Tentu saja, kapasitas tinta yang lebih besar akan memberikan kinerja yang lebih baik serta penggunaan printer yang cenderung lebih lama.

Nah, diambil dari beberapa sumber, Epson L220 memiliki beberapa kelebihan yang bisa dijadikan pertimbangan untuk membeli unit printer ini dibandingkan lainnya. Adapun beberapa kelebihan yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Adanya Tabung Eco-tank

Salah satu keunggulan dari Epson L220 adalah adanya tabung eco-tank pada unit printer tersebut. Tabung ini adalah salah satu inovasi yang sangat menarik karena Epson L220 sudah meninggalkan teknologi cartridge yang banyak digunakan pada printer model lama.

Tentu, adanya tabung eco-tank ini akan memberikan kapasitas tinta yang lebih besar sehingga Epson L220 bisa digunakan dengan lebih lama. Selain itu, tabung tersebut akan memudahkan pengguna ketika hendak melakukan pengisian ulang tinta.

Baca juga: Cara Instal Printer ke Laptop Paling Mudah

2. Proses Cetak yang Lebih Cepat

Epson L220 hadir dengan performa yang cukup menawan. Dalam hal ini, Epson L220 bisa mencetak beragam dokumen dengan kecepatan yang lebih baik. Unit printer Epson L220 bisa mencetak dokumen hitam putih dengan kecepatan hingga 27 halaman per menit. Sedangkan untuk dokumen warna, kecepatan printer adalah 15 dokumen per menit.

3. Kualitas Cetakan yang Maksimal

Selain kecepatan cetak yang menawan, Epson L220 bisa memberikan kualitas cetak yang maksimal. Hal ini didasarkan pada penggunaan teknologi inkjet pada printer tersebut. Dengan teknologi tersebut, support tinta akan senantiasa optimal sehingga hasil cetakan akan cenderung tajam meskipun tinta tinggal sedikit.

Juga, Epson L220 memberikan resolusi cetakan yang maksimal. Adapun resolusi maksimal dari cetakan printer ini adalah 5760 x 1440 pixel.

Beberapa hal di atas adalah ragam kelebihan Epson L220 yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih. Sebagai tambahan, Epson L220 juga merupakan printer multifungsi. Dengan demikian, printer ini bukan hanya bisa digunakan untuk mencetak dokumen saja, melainkan juga memperbanyak dokumen dan melakukan scanning.

Sayangnya, meskipun memiliki cukup banyak kelebihan, Epson L220 masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Salah satu kekurangan Epson L220 adalah mesin printer yang cukup bising ketika dioperasikan. Bisa jadi, suara yang muncul dari printer ini akan mengganggu.

Selain itu, Epson L220 belum memiliki dukungan sambungan Wi-Fi. Hal ini dikarenakan Epson L220 merupakan model printer lama yang memiliki keterbatasan inovasi.

Baca juga: Download Driver Printer Epson L110 untuk Windows 7

Cara Download dan Instal Driver Printer Epson L220

Seperti yang disinggung di awal bahwa driver printer Epson L220 bisa menjadi pilihan untuk menggunakan program printer ini di perangkat desktop dengan lebih mudah. Nah, perlu diketahui bahwa Epson menyediakan driver untuk Epson L220 di laman website resmi mereka. Tentu, adanya driver yang tersedia di website akan memudahkan Anda untuk mengunduh driver kapan saja Anda mau.

Adapun langkah untuk mengunduh driver printer Epson L220 adalah sebagai berikut:

  1.  Kunjungi website resmi Epson atau klik di sini.
  2. Lakukan pencarian driver untuk Epson L220.
  3. Klik pada opsi yang dipilih dan kemudian unduh.
  4. Tunggu proses unduhan hingga selesai.

Di dalam website resmi Epson, Anda akan menemukan beberapa pilihan driver Epson L220. Nah, dalam hal ini, pilih driver yang sesuai dengan OS desktop yang Anda gunakan. Pasalnya, jenis driver akan berpengaruh pada unit printer yang akan Anda gunakan.

Baca juga: Spesifikasi Printer Epson L210: Kelebihan dan Kekurangan untuk Dipertimbangkan

Selain itu, Epson juga memperbarui versi driver untuk Epson L220. Oleh karenanya, ada baiknya jika Anda memilih driver Epson L220 yang paling baru demi kinerja program yang lebih baik dan lebih lancar.

Nah, setelah proses mengunduh driver Epson L220 selesai, maka Anda bisa langsung menginstal driver tersebut. Adapun langkah untuk menginstal driver Epson L220 adalah:

  • Buka folder download yang digunakan untuk menyimpan file driver Epson L220 yang tadi diunduh.
  • Klik kanan pada file tersebut dan kemudian pilih opsi extract file.
  • Tunggu proses ekstraksi yang dilakukan.
  • Hubungkan dengan PC menggunakan kabel USB.
  • Apabila printer sudah terhubung dengan baik, kembali ke folder download tadi.
  • Klik dua kali pada file exe hasil ekstraksi tadi.
  • Apabila sudah, klik opsi run as administrator.
  • Pilih save as default printer.
  • Pilih bahasa yang Anda gunakan sehari-hari untuk kemudahan penggunaan.
  • Klik opsi agree dan pilih OK.
  • Nyalakan printer yang telah dihubungkan tadi.
  • Pilih jenis printer yang Anda gunakan, yaitu Epson L220.
  • Berikan persetujuan pada syarat dan ketentuan yang terlihat di layar.
  • Tunggu hingga printer terdeteksi secara otomatis oleh sistem.
  • Tap OK.
  • Lakukan pengetesan printer dengan cara mencetak beberapa lembar dokumen secara acak. Anda bisa memastikan kualitas cetakan dari pengujian tersebut.
  • Selesai

Beberapa langkah di atas adalah cara untuk melakukan instalasi pada driver Epson L220. Sekilas, cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan karena tidak ada langkah khusus atau program khusus yang diperlukan.

Hanya saja, Anda perlu memastikan jika printer terhubung dengan baik pada PC atau laptop. Pasalnya, permasalahan printer yang umum terjadi salah satunya karena permasalahan sambungan kabel. Selain itu, jika dalam pengetesan printer ternyata hasil cetakan belum maksimal, maka Anda perlu melakukan reset printer Epson L220 terlebih dahulu.

Demikian beberapa ulasan tentang printer Epson L220 dan hal penting yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News