Download Driver Printer Canon IP1980 Terbaru 2023 dan Cara Instal

Avatar
Download Driver Printer Canon IP1980
Download Driver Printer Canon IP1980

Download driver printer Canon IP1980 terbaru bisa Anda cek di artikel ini. Canon dikenal sebagai produsen printer yang membuat beragam produk printer dengan kualitas yang terjamin. Tidak mengherankan jika banyak kalangan memilih produk Canon sebagai printer favorit mereka. Terlebih, Canon pun menawarkan printer dengan opsi spesifikasi yang cukup lengkap dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Nah, salah satu produk Canon yang cukup populer dan banyak digunakan adalah Canon IP1980. Berbincang tentang Canon IP1980, sebenarnya cara penggunaan dan langkah untuk download driver printer Canon IP1980 sebagai pusat controlling cukup mudah. Begitu pula langkah instalasi yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengoperasikan printer ini.

Penasaran bagaimana cara download driver Canon IP1980 tersebut? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang Printer Canon IP1980

Perlu diketahui bahwa Canon IP1980 bukan merupakan produk baru dari Canon. Seri printer yang satu ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 silam. Bisa dikatakan bahwa Canon IP1980 adalah produk yang sudah cukup lama. Meskipun demikian, printer yang satu ini masih cukup banyak digunakan. Hal ini membuktikan bahwa Canon IP1980 adalah printer bandel dengan ketahanan baik.

Canon IP1980 sendiri adalah printer kelas entry level. Artinya, kemampuan printer ini memang terbatas. Namun, tetap saja, Canon IP1980 bisa diandalkan untuk mencetak dokumen skala personal. Yang lebih penting adalah, harga Canon IP1980 bisa dikatakan sangat terjangkau karena memang masuk di kelas entry level, .

Berbincang tentang Canon IP1980, printer ini memiliki beberapa detail dan fitur yang sangat menarik untuk disimak. Beberapa diantaranya adalah:

1. Desain yang Minimalis

Jika Anda ingin mencari unit printer yang tersedia dengan desain minimalis, Canon IP1980 adalah salah satu pilihan yang tepat. Printer ini memiliki ukuran yang compact dan cenderung mini.

Tentu saja, dengan desain yang minimalis tersebut, Canon IP1980 bisa dibawa ke mana saja dengan lebih mudah. Juga, Anda tidak perlu menyediakan space besar di working place untuk menepatkan printer ini.

Baca juga: Cara Unduh Driver Printer Epson L220 dan Instalasi, Mudah!

2. Resolusi yang Cukup Tinggi

Seperti yang disinggung sebelumnya, meskipun Canon IP1980 bukanlah printer yang mahal, namun performa printer ini tidak bisa dianggap sebelah mata. Bagaimana tidak, Canon IP1980 mampu menghasilkan cetakan dokumen dengan resolusi yang tinggi.

Resolusi tertinggi yang bisa didapatkan adalah 4800 x 1200 dpi. Dengan resolusi tinggi tersebut, tentu hasil cetakan dokumen Anda bukan hanya akan terlihat lebih tajam, tetapi juga lebih kentara.

3. Adanya Teknologi FINE

Hal menarik lain dari Canon IP1980 adalah printer ini sudah menggunakan teknologi print head FINE dari Canon. Ini adalah salah satu inovasi yang bisa dikatakan cukup menarik dan sangat dibutuhkan oleh pengguna Canon IP1980.

Pasalnya, teknologi FINE yang diterapkan akan memaksimalkan semprotan tinta pada saat proses mencetak dokumen. Dengan mekanisme ini, hasil cetakan akan cenderung meningkat. Tidak hanya itu, pengguaan tinta pun akan semakin hemat sehingga Anda tidak perlu melakukan pengisian ulang terlalu sering.

Baca juga: Rekomendasi Tinta untuk Printer Canon IP2770 dengan Kualitas Terbaik

4. Daya yang Hemat

Produk printer Canon IP1980 juga sangat menarik dengan bekal penggunaan daya listrik yang hemat. Bagaimana tidak, untuk mengoperasikan printer ini, daya listrik yang diperlukan hanya sebesar 10 watt saja. Sementara pada saat mode standby, daya listrik yang diperlukan hanya 1 watt.

Dengan beragam kelebihan yang dimiliki, tidak salah jika Canon IP1980 banyak digunakan untuk kebutuhan personal maupun office. Perlu diketahui bahwa Canon IP1980 juga bisa diandalkan untuk mencetak foto secara borderless. Anda pun bisa menggunakan Canon IP1980 untuk mencetak beragam dokumen dengan jenis kertas yang berbeda.

Baca juga: Download Printer Canon PIXMA IP2870 Terbaru 2023 dan Cara Instal

Download Driver Printer Canon IP1980

Seperti yang disinggung di awal, Anda harus menginstal driver printer Canon IP1980 terlebih dahulu agar unit printer ini bisa dioperasikan. Driver sendiri adalah file program layaknya software.

Memang, pada dasarnya Canon memberikan CD berisikan file driver tersebut dalam paket pembelian produk printer mereka. Hanya saja, dikarenakan Canon IP1980 adalah produk printer yang sudah lama, bisa dikatakan susah mencari produk Canon IP1980 baru dengan paket pembelian yang lengkap.

Nah, untuk memudahkan pengguna yang membeli Canon IP1980 dalam kondisi bekas, Canon menyediakan link download driver printer Canon IP1980 di laman website resmi mereka. Ketersediaan ini tentu akan memudahkan pengguna, termasuk Anda, untuk mendapatkan driver printer Canon IP1980 dengan mudah dan legal.

Untuk download driver printer Canon IP1980, Anda bisa berkunjung ke laman website resmi Canon atau klik di sini.

Di website tersebut, Anda bisa jadi akan menemukan banyak opsi driver printer Canon IP1980. Nah, untuk pemilihan yang tepat, pilih driver printer Canon IP1980 yang sesuai dengan OS laptop yang Anda gunakan. Selain itu, pastikan pula memilih versi driver Canon IP1980 paling baru untuk mendapatkan pembaruan dari Canon.

Baca juga: Download Driver Printer Canon MP258 Windows 7 32bit Terbaru 2023

Cara Instal Driver Printer Canon IP1980

Setelah Anda berhasil mendapatkan file driver Canon IP1980 tersebut, tentu Anda perlu menginstalnya. Nah, untuk Anda yang masih kebingungan dan belum tahu bagaimana cara instalasi file driver Canon IP1980, cek detail langkahnya di bawah ini.

  1. Pertama, buka folder hasil download driver printer Canon IP1980 tersebut.
  2. Klik kanan pada file hasil download dan pilih ekstrak file.
  3. Apabila proses ekstraksi tersebut sudah selesai, buka folder file hasil ekstraksi dan pilih driver Canon IP1980 dengan ekstensi file exe.
  4. Nah, klik file exe tersebut sebanyak dua kali untuk memulai proses instalasi.
  5. Bubuhkan tanda centang pada opsi set as default printer untuk menjadikan Canon IP1980 sebagai printer utama yang akan digunakan.
  6. Klik OK untuk melanjutkan proses instalasi.
  7. Pilih bahasa instalasi yang digunakan untuk memudahkan proses.
  8. Klik OK dan Anda akan menemukan license agreement. Baca detail informasi tersebut dan centang pada opsi agree.
  9. Klik OK dan proses instalasi driver Canon IP1980 akan dilanjutkan kembali.
  10. Tunggu beberapa waktu hingga ada perintah untuk menghubungkan unit printer Canon IP1980 pada laptop atau PC yang Anda gunakan memakai kabel USB.
  11. Tunggu sistem laptop atau PC memindai kabel USB tersebut hingga printer Canon IP1980 terdeteksi.
  12. Klik OK dan tunggu proses instalasi berjalan hingga selesai.
  13. Nah, apabila Anda sudah mendapatkan notifikasi yang menyatakan jika driver Canon IP1980 berhasil diinstal, artinya proses instalasi tersebut sudah selesai.

Sekarang, Anda sudah memiliki program untuk printer Canon IP1980 di laptop atau PC yang Anda gunakan. Cek pada halaman depan desktop dan Anda akan menemukan ikon Canon di situ.

Secara umum, printer Canon IP1980 kini sudah siap digunakan untuk mencetak dokumen atau foto apapun sesuai dengan keinginan Anda. Namun, ada baiknya jika Anda melakukan restart baik pada printer ataupun laptop untuk memastikan proses instalasi sudah berjalan lancar dan tidak ada kendala.

Juga, setelah dua device tersebut nyala kembali, lakukan printing test beberapa lembar terlebih dahulu untuk memastikan printer Canon IP1980 bekerja dengan baik. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News