10 Download Aplikasi Kalender Hijriah Paling Recommended

Sebagai negara dengan jumlah Muslim terbanyak di dunia, tentu Indonesia membutuhkan aplikasi kalender Hijriah. Ini dilihat dari banyaknya fenomena download aplikasi kalender Hijriah untuk berbagai keperluan. Mulai dari melihat jadwal puasa Sunnah hingga keperluan arah kiblat.

Kalender Hijriyah adalah kalender Islam yang penanggalan sesuai dengan peredaran bulan. Dimulai sejak pertama kali hijrah pada tahun 622 masehi. Maka tak heran jika perbedaan jumlah tahu masehi dan Hijriah sebanyak 622 tahun.

Perbedaan jumlah hari kalender hijriah dalam satu tahun rata-rata berjumlah 11 hari. Ini dikarenakan perbedaan perhitungan jumlah hari dalam satu bulan. Kalau Masehi berdasarkan peredaran matahari, sedangkan hijriah berdasarkan peredaran bulan. Atas alasan inilah kenapa kamu perlu download aplikasi kalender Hijriyah.

Pilihan untuk Download Aplikasi Kalender Hijriah

Ada banyak aplikasi kalender hijriah yang ada di Google Play Store. Namun ternyata tidak semua memiliki kualitas yang baik. Berikut 10 aplikasi kalender lengkap hijriah yang banyak direkomendasikan oleh penggunanya.

Kalender Hijriyah – Islam

Ini adalah aplikasi pertama yang banyak direkomendasikan. Karena selain memiliki konversi penanggalan masehi dan hijriah, aplikasi ini juga menyediakan banyak fitur lainnya. Salah satunya adalah sifat estimasi untuk perayaan hari besar Islam. Bisa menyesuaikan dengan penentuan dari kementerian agama.

Fitur lain yang tak kalah menarik adalah slide bulan sebelum dan sesudahnya. Sehingga kamu bisa membuat catatan pengingat yang penting untuk agendamu. Seperti hari ulang tahun, anniversary pernikahan, dan lain sebagainya. Cara mendapatkannya juga mudah. Cukup download gratis di Google Play Store.

Kalender Hijriah Offline

Ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh BriXzeN. Sebuah perusahaan teknologi aplikasi developer yang juga menciptakan aplikasi kamus Bahasa Inggris. Yang memudahkan untuk mengubah penanggalan masehi ke hijriah sehingga memungkinkan kamu untuk mengetahui tanggal hijriah hari ini 2021.

Fitur yang disematkan juga tak kalah menarik. Banyak informasi terkait hari besar Islam, copy clipboard, doa-doa, sharing ke media sosial, dan lain sebagainya. Dibuat dengan dimensi yang sangat ringan, hanya 2,2 MB saja. Tertarik? Kamu bisa langsung download di Google Play Store.

Kalender Islam 1437 Hijriyah Plus Jadwal Puasa Sunnah

Memiliki fitur yang lebih lengkap daripada aplikasi lainnya. Membuat aplikasi Kalender Islam 1437 Hijriyah Plus Jadwal Puasa Sunnah lebih banyak dipilih untuk mereka yang senang menjalankan ibadah puasa wajib dan sunnah. Seperti puasa Senin kamis, puasa Ayamul Bidh, Assyura, hingga Ramadhan.

Ada perbedaan antara puasanya wajib dan puasa sunnah. Ini yang akan membantu mengingatkan puasa yang harus kamu lakukan atau tidak harus dilakukan. Cara mendapatkannya juga tidak sulit. Cukup download di Google Play Store dan install di ponselmu.

Waktu Shalat dan Kalender Islam

Aplikasi ini dikembangkan oleh Muhamed Rabbani. Tidak seperti aplikasi lainnya yang dibuat dalam bentuk penanggalan masehi dan hijriah. Aplikasi Waktu Shalat dan Kalender Islam ini memiliki dua penanggalan. Yaitu hijriah dan Georgian.

Ada banyak fitur yang bisa kamu temukan dalam aplikasi ini. Seperti fase bulan, cuaca, Al-Qur’an dan Hadist, waktu shalat, doa-doa harian, hingga arah kiblat. Wajib dimiliki bagi kamu yang hobi traveling atau bekerja dengan mengharuskan pindah satu daerah ke daerah lain.

Kalender Hijriah dan Jawa

Bagi kamu yang sering bertanya tanggal hijriah hari ini 2021, tidak ada salahnya mendownload aplikasi Kalender Hijriah dan Jawa. Jika aplikasi lain menggunakan konversi penanggalan masehi dan hijriah, aplikasi ini justru menginvestasikan dari penanggalan hijriah dan Jawa.

Ada banyak fitur yang bisa kamu manfaatkan untuk mengetahui penanggalan Jawa. Termasuk saat menghitung weton, pitung dino, nyatus, nyewu, mendak, dan lain sebagainya. Ukuran filenya tidak terlalu besar, hanya 5,6 MB saja. Jadinya layak dijadikan teman bagi kamu yang sering memerlukan penanggalan jawa.

Islamic Calendar (Hijri)

Ingin punya acuan Islamic Calendar yang lengkap? Coba download aplikasi kalender Hijriyah, Islamic Calendar (Hijri). Selain menyediakan konversi tahun masehi ke hijriah, aplikasi ini juga memiliki fitur yang lengkap. Termasuk fitur hafalan Qur’an bagi kamu yang ingin menghafal Al-Qur’an.

Tak hanya itu saja. Fitur lain yang bisa kamu manfaatkan adalah kalkulator zakat, Asmaul Husna, jadwal puasa, perhitungan tasbih, arah kiblat, dan lain sebagainya. Kamu bisa dapatkan aplikasi ini di Google Play Store.

Hijriah Kalender Islam 2020

Jika ingin download aplikasi kalender hijriah yang lengkap, cobalah menggunakan Hijriah Kalender Islam 2020. Memiliki fitur penanggalan hijriah dan masehi lengkap. Sehingga bisa kamu gunakan untuk mengetahui tanggal lahir secara penanggalan hijriah.

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Cukup memasukkan tanggal lahir kamu sesuai penanggalan masehi. Hanya dengan sekali klik, informasi terkait berapa tahun hijriahnya akan langsung diketahui. Tersedia dalam bentuk multilingual, seperti Bahasa Inggris, Malaysia, Turkey, Thailand, dan lain sebagainya.

Namun sayangnya, kamu harus mengeluarkan biaya untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Karena setiap item fiturnya berharga 14K. Tinggal kalikan saja berapa fitur yang kamu perlukan. Meski harus membayar, namun ini bisa sebanding dengan benefit yang akan kamu dapatkan.

Hijri – Jam Islam Widget

Hadir dalam banyak versi bahasa. Seperti Hindi, Malaysia, Inggris, Turkey, Indonesia, dan lain sebagainya. Aplikasi Hijri – Jam Islam Widget bisa kamu andalkan jika bertanya tanggal hijriah hari ini 2021. Kamu bisa menemukan jawaban lengkapnya di sini tanpa harus repot mencari di tempat lainnya.

Pada aplikasi ini bisa ditambahkan widget pada layar utama. Ukurannya juga sangat ringan, yakni hanya 1,9 MB saja. Tidak sampai mengurangi internal memory smartphone kamu. Jika tertarik, langsung saja download aplikasi ini gratis di Google Play Store.

Kalender Hijriah Pasaran

Yang dimaksud pasaran di sini bukan berarti murahan. Tapi merujuk pada istilah kata “pasaran” Jawa. Yang artinya, aplikasi ini untuk mengkonversi penanggalan hijriah ke penanggalan Jawa. Sehingga menyediakan perhitungan pasaran yang sering digunakan oleh adat Jawa untuk banyak kepentingan.

Tampilan widgetnya sangat dinamis. Membuat tampilan informasi penanggalan bisa dilihat dengan mudah. Ukuran aplikasi Kalender Hijriah Pasaran ini juga kecil. Hanya 20 MB saja. Namun bersiaplah menghadapi banyak iklan yang akan mengurangi kenyamanan menggunakan aplikasi ini.

Kalender Hijriah – Masehi

Masih berniat download aplikasi kalender hijriah? Tidak hanya mengonversi dari penanggalan hijriah ke masehi atau sebaliknya. Aplikasi Kalender Hijriah – Masehi ini juga menerapkan estimasi sesuai dengan perhitungan hisab. Terutama untuk menentukan hari besar agama.

Ada juga fitur lain yang akan membantu ibadahmu menjadi lebih mudah. Seperti Alquran online, lantunan shalawat, dzikir harian, Asmaul Husna, dan lain sebagainya. Cukup download di Google Play Store dan install di smartphone kesayanganmu.

Itulah 10 Pilihan jika ingin download aplikasi kalender hijriah. Setiap aplikasi memiliki kelebihan dan ragam fitur yang berbeda. Pastikan kamu memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan perangkat yang kamu gunakan.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share