DJI Mavic Air 2, Drone yang Bisa Terbang Selama 34 Menit

0
DJI-Mavic-Air-2

DJI Mavic Air 2 akhirnya resmi. Setelah sebelumnya diiringi dengan berbagai rumor dan bocoran jelang ulang tahun perusahaan pada 27 April lalu. Mavic Air 2 hadir dengan peningkatan yang dibutuhkan dibandingkan Mavic Air sebelumnya.

dji mavic air 2

Bodi

Peningkatan telah dilakukan pada hampir setiap bagian dari Mavic Air 2. Bodinya lebih besar dan lebih berat dari sebelumnya. Kini beratnya 570 gram, jauh berbeda dibandingkan dengan Mavic Air yang hanya 430 gram.

Peningkatan berat ini terutama berasal dari baterai yang naik dari 2.375 mAh ke 3.500 mAh. Baterai ini akan memberi waktu penerbangan maksimum 34 menit yang lagi-lagi jauh lebih baik dari pendahulunya yang hanya 21 menit.

Kamera

Kamera pada Mavic Air 2 juga lebih ditingkatkan. Kalau dulu sensor kameranya hanya 11 mm, sekarang meningkat jadi 12,7 mm dengan ukuran penampang yang malah lebih kecil yakni 1/2 inci. Untuk resolusinya memang masih 12MP. Akan tetapi kamera ini mampu menggabungkan gambar-gambar hingga berukuran 48MP.

Sektor video juga telah banyak ditingkatkan. Mavic Air sebelumnya sudah bisa mencapai 4K pada 30 fps atau 1080p pada 120fps. Kedua frame rate tersebut telah digandakan di Mavic Air 2, sehingga memberikan pengguna untuk merekam hingga 60fps dalam 4K, dan 240fps dalam 1080p. Dan bitrate maksimal juga ditingkatkan dari 100 Mbps sekarang menjadi 120 Mbps. Mode Hyperlapse DJI juga dapat merekam hingga 8K.

Fitur Penerbangan

Ada juga beberapa fitur cerdas yang cukup populer untuk membantu keselamatan penerbangan. Salah satunya adalah Advanced Pilot Assistance (APAS) 3.0. Fitur ini berguna untuk menghindari tabrakan dengan benda mati yang ada didepan.

Ada lagi fitur baru yang disebut AirSense. Guna dari fitur ini adalah mendeteksi sinyal ADS-B untuk mencegah tabrakan dengan pesawat betulan yang lebih besar seperti pesawat dan helikopter. Dan tentu saja, semua mode penerbangan semi-otomatis DJI seperti ActiveTrack dan Quickshots masih tersedia disini sehingga Anda dapat mengandalkannya untuk melakukan penerbangan otomatis.

Remote Control

dji mavic air 2

Remote controller Mavic Air 2 juga telah mengalami perkembangan. DJI sedang mencoba desain yang jauh lebih mirip dengan Smart Controller-nya. Yakni tidak memiliki lengan lipat untuk memegang ponsel seperti versi sebelumnya, tetapi malah mengadopsi penjepit pegas seperti yang mirip aksesoris lainnya.

Desain baru ini memang tidak terlihat ergonomis. Namun secara pengalaman pengguna, controller ini justru menempatkan ponsel penggunanya di sebelah depan kendali. Sehingga tampilan Mavic Air 2 di udara bisa terlihat lebih alami.

Harga dan Ketersediaan

Saat ini Mavic Air 2 belum tersedia di Indonesia. Di Amerika Serikat, DJI menawarkan drone ini dengan harga $799 untuk tipe reguler dan $988 untuk tipe combo.

Pembeli bakal mendapatkan beberapa komponen pengganti yang asli apabila membeli paket combo, seperti baterai, baling-baling, dan beberapa akesoris lainnya disertai tas untuk menampung semuanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here