Digitalisasi HR Melalui Aplikasi Payroll dan Absensi Online

0
digitalisasi hr

Dunia bisnis yang terus berkembang mengakibatkan munculnya berbagai macam peralihan kepada sistem digital atau digitalisasi dalam berbagai macam aspek di perusahaan. Metode lama yang manual, kini diambil alih oleh teknologi sehingga lebih cepat. Di divisi HR (Human Resource) juga muncul produk aplikasi payroll dan absensi online.

Aplikasi payroll memungkinkan perhitungan dan pengiriman gaji karyawan dapat diselesaikan dalam waktu singkat. Hal ini membuat divisi Finance dan HRD bisa mengerjakan tugas lainnya yang diberikan perusahaan.

Tentu tidak dapat dipungkiri bahwa tugas pendataan absensi dan pembayaran gaji secara manual masih banyak kekurangannya terutama soal akurasi. Ada saja masalah yang bisa disebabkan kesalahan hitung maupun salah input data oleh staf HR.

Aplikasi payroll yang berjalan secara otomatis dapat mempermudah divisi HR melakukan penggajian bulanan dengan akurat, cepat, dan tepat walau data yang tersedia cukup beragam dan berbeda satu sama lain. Keuntungan dari aplikasi payroll adalah kerahasiaan data, sebab perihal gaji merupakan hal yang cukup sensitif.

Selain aplikasi payroll, masih ada produk digital lain yang umum digunakan perusahaan yaitu absensi online. Meskipun sangat berbeda, aplikasi payroll dan absensi online berkaitan erat. Absensi online berfungsi untuk mencatat dan mengolah data kehadiran karyawan secara real time. Data pencatatan absensi akan berpengaruh terhadap gaji yang akan diterima karyawan dari hasil pengolahan aplikasi payroll. Dengan demikian, kedua produk tersebut menjadi hal yang tak terpisahkan dalam digitalisasi sistem HR.

aplikasi payroll

Perusahaan dan HR Butuh Digitalisasi

Digitalisasi mampu menjadikan divisi HR sebagai bagian mitra strategis perusahaan. Staff HR bisa hadir di rapat penting bisnis dan memikirkan bagaimana meningkatkan produktivitas karyawan agar bisa membantu bisnis perusahaan tanpa perlu berkutat dengan tugas administratif seperti penghitungan gaji dan pencatatan absensi manual yang memakan waktu lama dan beresiko terjadi kesalahan.

Seiring dengan kompetisi antar kompetitor dalam pasar yang kian kuat, serta perkembangan teknologi yang cukup pesat, perusahaan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan cepat. Oleh karenanya digitalisasi lagi-lagi menjadi kunci utama bagi perusahaan agar mampu bertahan di antara kompetitor dan arus teknologi. Proses digitalisasi memiliki beberapa tujuan spesifik untuk divisi HR, antara lain:

  1. Mengotomatisasi proses kerja yang bersifat administratif
  2. Mengurangi waktu atas tugas-tugas repetitif
  3. Memaksimalkan perancangan dan pengembangan strategi dalam rangka meningkatkan kualitas karyawan

LinovHR Sebagai Penyedia Aplikasi Payroll dan Absensi Online

Transformasi perusahaan ke dalam digitalisasi tak hanya menyangkut dengan kemudahan dan solusi. Perusahaan harus mempertimbangkan bagaimana cara menciptakan kondisi perusahan yang siap untuk digitalisasi, baik dari segi peralatan dan perlengkapan  serta sumber daya manusia yang melek teknologi. Maka proses penerapan digitalisasi dalam perusahaan pun dapat berjalan lancar dan tepat guna.

LinovHR adalah pilihan tepat perusahaan dalam menerapkan digitalisasi divisi HR melalui aplikasi payroll dan absensi online. Tak hanya sekedar mengusung teknologi dan fitur yang canggih, LinovHR menjamin kerahasiaan data dan kemudahan akses di mana dan kapan saja yang didukung oleh cloud based server. Penggunaan aplikasi payroll pun dapat berjalan dengan maksimal bersamaan dengan proses digitalisasi perusahaan dalam divisi lain di luar HR.

Untuk melakukan konsultasi terkait digitalisasi tim HR Anda, silakan hubungi LinovHR agar mendapatkan penjelasan yang lebih detail.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here