Cara Daftar dan Transfer Uang Lewat GoPay Terbaru

0
logo-gopay

Silakan temukan cara daftar dan transfer uang lewat Gopay di artikel ini.

GoPay merupakan aplikasi dompet digital yang menjadi bagian dari GoJek. Aplikasi ini merupakan fasilitas pembayaran yang bisa dipergunakan di berbagai aplikasi lain dan mitra GoJek.

Sebuah riset dari lembaga asal Perancis, Ipsos, menyebut kalau GoPay memiliki pengguna yang lebih loyal dibandingkan dompet digital lainnya.

gopay

Sejak pertama kali dirilis, GoPay sudah menjadi raja dari segi banyaknya pengguna. Tahun 2019, aplikasi ini sudah membukukan transaksi mencapai Rp89 Triliun dengan jumlah pengguna mencapai 80% dari total 115 juta orang pengguna dompet elektronik.

Membuat Akun GoPay

GoPay merupakan aplikasi yang terintegrasi dengan aplikasi GoJek. Sehingga kalau membutuhkan GoPay ya mesti menginstal GoJek terlebih dahulu.

Aplikasi GoJek bisa diunduh di Play Store dan App Store. Silakan sesuaikan tautan unduhan tersebut dengan sistem operasi perangkat ponsel Anda.

Daftar Akun GoJek Terlebih Dulu

Pada tampilan awal, Anda akan diperlihatkan beberapa tombol masuk. Jika Anda pengin membuat akun silakan klik tombol Daftar. Kalau sudah memiliki akun GoJek berarti tinggal Login.

Silakan isi nama lengkap, email, dan nomor ponsel Anda. Apabila langkah tersebut selesai, klik Lanjut. Kalau data Anda sudah dipergunakan sebelumnya, silakan cari opsi login atau pergunakan data yang lain.

Anda bakal menerima SMS berisi kode OTPIngat jangan beritahu siapa pun! Termasuk pihak GoJek sekalipun. Waspadai kejadian penipuan yang menimpa Maia Estianti.

Masukkan kode OTP yang sudah didapat lewat SMS tadi ke kolom yang disediakan di aplikasi Gojek. Jika proses yang ditempuh benar, seharusnya pendaftaran Anda sudah berhasil.

Cara Daftar GoPay

GoPay berada dalam ekosistem GoJek. Bahkan untuk urusan aplikasinya pun tidak terpisah. Sehingga secara otomatis, kalau Anda memiliki akun GoJek berarti Anda sudah memiliki akun GoPay.

Sayangnya akun GoPay yang otomatis tersebut tidak bisa melakukan transfer ke akun lainnya dan tarik tunai ke rekening bank. Saldonya juga dibatasi hanya Rp2.000.000,00 saja.

Untuk mendapatkan fasilitas seperti tarik tunai dan transfer ke akun GoPay lain, Anda mesti melakukan upgrade.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu dua kali pemotretan. Pertama, memotret KTP yang masih berlaku, kemudian kedua, lakukan selfie dengan memegang KTP tersebut. Anda hanya tinggal menunggu persetujuan dari GoPay.

Cara TopUp atau Mengisi Saldo GoPay

Setiap akun GoPay yang baru tentu masih memiliki saldo yang kosong. Untuk mengisinya Anda perlu menuju ke menu topup.

topup gopay

Cara melakukan pengisian saldo ini juga sangat mudah. Anda bisa memilih berbagai layanan yang tersedia, seperti lewat driver GoJek, Alfamart dan Indomaret, ATM, SMS banking, internet banking.

Rata-rata dari pilihan tersebut sudah tersedia menu pembelian untuk topup saldo GoPay. Apabila belum tersedia, Anda hanya perlu mengingat ‘rekening’ GoPay Anda yang berupa nomor telepon yang didaftarkan pada akun GoJek Anda.

Biaya layanan topup ini dikenai Rp1.000,00 hingga Rp7.000,00. Kalau mau gratis, silakan topup ke driver GoJek.

Melakukan Transfer Uang dari GoPay

Ada tiga pilihan menu transfer dari GoPay ke nomor lainnya. Menu transfer dari GoPay ini berada di menu Tarik pada aplikasi. Tiga pilihan tersebut diantaranya: nomor telepon, rekening bank, dan kode QR.

transfer gopay

Kode QR ini menjadi menu default dalam melakukan penarikan. Sehingga ketika Anda masuk ke menu tarik, maka secara otomatis kamera ponsel akan terbuka untuk melakukan pemindaian.

Menu tarik ke nomor telepon dan rekening bank berada dibawahnya. Untuk nomor telepon sendiri, kalau pertama kali bakal diminta izin untuk mengakses daftar kontak.

Sementara itu jika melakukan penarikan ke rekening bank, akan terpampang tarif transfer sebesar Rp2.500,00. Kedua cara sebelumnya tidak dikenakan biaya.

Mengecek Proses Penarikan

Pada menu Riwayat Anda bisa melakukan pengecekan daftar transaksi yang dilakukan melalui GoPay.

Silakan periksa apabila saldo GoPay Anda berkurang, maka akan tercatat sebagai minus.

Misalnya Anda melakukan pembelian melalui GoFood ke merchant A sebesar Rp52.000,00. Maka sistem akan mencatat transaksi itu selesai dengan data transaksi merchant yang terlibat, tanggal dan jam transaksi, lalu ada angka -Rp52.000,00.

Apabila ada saldo masuk, seperti misalnya anda melakukan topup atau mendapat transfer dari akun GoPay lainnya, maka angka tersebut berwarna hijau dan tidak ada tanda minusnya.

Demikian cara daftar dan transfer uang lewat GoPay terbaru yang paling mudah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here