Pabrikan asal China, Huawei, memang belum mengumumkan secara resmi tampilan EMUI mereka yang baru, yakni EMUI 10. Namun sebuah informasi dari situs China, ITHome.com, menerangkan kalau Huawei sudah memiliki EMUI 10 versi beta yang berbasis Android Q.

Informasi tersebut menjelaskan pula kalau beberapa smartphone Hauwei bakal mendapatkan EMUI 10 versi beta itu. Namun, sekali lagi, informasi ini memang belum resmi berasal dari pihak Huawei sendiri.

Daftar smartphone Huawei yang bakal mendapatkan pembaruan EMUI 10 versi beta yang berbasis Android Q adalah Huawei P30, P30 Pro, P30 Lite, Mate 20, Mate 20 Pro, Mate 20 X 5G, Huawei P Smart 2019, P Smart Plus, P Smart Z, Huawei P20, dan P20 Pro.

huawei-android-q

Untuk tampilan antar-muka EMUI 10 versi beta ini belum banyak diketahui. Namun menurut bocoran yang beredar, perubahan yang paling terlihat adalah keberadaan ikon baru yang merupakan hasil desain ulang dari yang lama. Untuk melihat lebih detail, rasanya kita mesti menunggu informasinya setidaknya beberapa minggu lagi.

Sebelumnya Google memang memasukkan Huawei Mate 20 Pro kedalam daftar smartphone yang tidak akan mendapatkan pembaruan Android Q, sejalan dengan entity list yang menimpa Huawei. Namun belakangan Google memasukkannya lagi kedalam program tersebut.

Google sendiri bakal merampungkan versi terakhir dari Android Q pada Agustus nanti. Android Q versi beta sendiri sudah ada di Google Pixel dan beberapa smartphone yang bukan buatan Google lain seperti Asus ZenFone 5z, Essential PH-1, Nokia 8.1, Huawei Mate 20 Pro, LG G8 ThinQ, OnePlus 6, OnePlus 6T, OnePlus 7, OnePlus 7 Pro, OPPO Reno, Realme 3 Pro, Redmi K20 Pro, Sony Xperia XZ3, Techno Spark 3 Pro, Vivo X27, Vivo NEX S, Vivo NEX A, Xiaomi Mi 9 dan Xiaomi Mi MIX 3 5G.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here