fbpx
Rabu, September 29, 2021
BerandaTipsMudah Banget! Crop Video di Android Hanya dengan Google Photos

Mudah Banget! Crop Video di Android Hanya dengan Google Photos

Kebiasaan orang mengambil video, baik secara horizontal maupun vertikal, akan membuat galeri di ponsel dipenuhi video dengan posisi yang sama. Masalahnya ketika kita membutuhkan video dengan posisi yang berbeda, kita mesti melakukan crop video tersebut.

Misalnya ketika kamu terbiasa merekam video dengan posisi ponsel horisontal untuk tujuan mengunggah di YouTube, namun pada kesempatan lain kamu mesti mengunggahnya juga di TikTok. Nah jelas video yang horisontal kurang optimal untuk tampil di TikTok. Sebaliknya juga begitu, video vertikal tidak cocok untuk diunggah di YouTube.

- Advertisement -

Sayangnya melakukan cropping video tidak semudah melakukannya pada gambar. Sebab selain ukurannya yang cukup besar, kita juga membutuhkan software khusus untuk melakukannya. Jika pun ada, maka software yang tersedia di Android jarang yang gratis.

Cara Crop Video dengan Google Photos

Untunglah ada Google Photos yang bisa diajak untuk melakukan crop video atau memotong video sesuai dengan ukuran yang kamu kehendaki. Software bawaan yang biasanya berstatus pre-installed atau bloatware bagi banyak ponsel baru ini telah menyediakan fitur crop video.

Sebelum melakukan crop video dengan Google Photos, pastikan kamu sudah menginstalnya di Play Store. Silakan instal terlebih dahulu Google Photos. Sudah? Yuk, kita lakukan langkah-langkah untuk crop video berikut ini.

  1. Buka Google Photos.
  2. Pilih video yang ingin di-crop, klik video tersebut untuk mulai memainkannya.
  3. Klik logo Edit untuk masuk ke fitur editor.
  4. Pilih Crop atau Pangkas, lalu sebuah kotak pemangkasan akan muncul pada video tersebut.
  5. Silakan pilih format video yang diinginkan. Ada Bebas, Asli, Kotak, 16:9, 4:3, atau 3:2. Jika kamu memilih Bebas, maka kamu bisa melakukan crop semau kamu tanpa harus mengikuti ukuran baku.
  6. Jika sudah selesai , silakan klik Save Copy atau Simpan Salinan untuk video yang telah diubah. Video yang baru ini akan disimpan dengan versi yang baru, dan video yang lamanya tetap tersimpan di Google Photos.

Untuk video dengan ukuran yang lebih besar, usahakan menggunakan komputer. Namun saat ini sudah banyak tersedia ponsel Android dengan kapasitas yang lumayan bagus dan mampu melakukan pekerjaan tersebut dengan baik. Bahkan ponsel kelas menengah seperti Redmi Note 10 Series juga bisa. Ponsel kelas menengah realme juga sanggup.

Penutup

- Advertisement -

Buat apa sih melakukan crop video seperti ini? Ya selain buat tujuan tertentu, seperti mengunggah video di TikTok, bisa juga menghilangkan objek yang dirasa cukup mengganggu pandangan. Sehingga pada video yang telah diubah, objek tersebut sudah hilang.

Untunglah ada Google Photos, sehingga kamu tak perlu pusing mencari dan mengeluarkan budget tambahan untuk membeli software lain di Play Store.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Berita Terkini