Copy Tulisan di Kertas ke Komputer dengan Google Lens

1
google lens

Fitur Google Lens terbaru semakin canggih saja. Tempo hari raksasa teknologi ini memberikan fitur untuk mengenali tulisan tangan dan menyalinnya ke komputer. Ya dengan Google Lens Anda bisa copy tulisan di kertas ke komputer dengan mudah.

Buat yang belum tahu Google Lens, baiklah saya akan bercerita sedikit.

Apa Itu Google Lens

Google Lens merupakan aplikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) yang diciptakan oleh Google. Fungsi dari aplikasi ini sangat banyak. Beberapa diantaranya adalah memindai tulisan, gambar, angka, barcode, dan macam-macam.

Setelah pemindaian itu terjadi, aplikasi ini akan memberikan opsi lanjutan. Opsi ini muncul dalam bentuk hasil pencarian (Google Search), terjemahan, harga barang, dan lain-lain.

Banyak sekali kegiatan yang terbantu berkat Google Lens. Salah satunya bagi Anda yang kerap menyalin catatan di kertas ke aplikasi edit teks di komputer, baik Notepad, Microsoft Word, dan semacamnya.

Kali ini saya kebetulan memiliki pekerjaan untuk menyalin ribuan nomor pada Kartu Indonesia Sehat. Dimana kalau angka tersebut diketik satu-satu, tangan saya lumayan pegal.

Saya menggunakan Google Lens untuk meng- copy tulisan di kertas ke komputer secara cepat. Saya akan menyalinnya ke cell di Microsoft Excel.

Cara Copy Tulisan di Kertas ke Komputer

Sebelum memulai, ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan. Hal yang wajib tentu saja Anda sudah menginstal Google Lens. Silakan unduh di tautan Play Store ini jika belum memiliki.

Hal kedua adalah ponsel dan komputer Anda tersambung secara stabil ke internet.

Baiklah langsung saja begini caranya.

Waktu diperlukan: 10 menit

  1. Login dengan Akun Google

    Silakan login terlebih dahulu ke Google Lens Anda dengan akun Google yang dimiliki.

  2. Login yang sama di Chrome pada komputer

    Anda wajib login juga ke Google Chrome di komputer Anda. Ini harus dilakukan sebagai jalur konektivitas antara ponsel dan komputer.

  3. Siapkan kertas

    Siapkan kertas-kertas yang akan di-copy isinya ke komputer. Rapikan agar semakin banyak angka-angka yang diperlukan bisa terpindai.

  4. Perhatikan fokus

    Penggunaan Google Lens mirip kamera. Anda mesti mendapatkan hasil fokus yang baik agar objek bisa terbaca sempurna.

  5. Pindai dan sentuh

    Klik simbol teks untuk menyalin teks pada kertas. Saya pilih pada bagian nomor yang diperlukan.

  6. Salin ke komputer

    Copy Tulisan di Kertas ke Komputer

    Kemudian bakal muncul beberapa opsi. Untuk menyalin ke komputer silakan pilih Salin ke komputer, dan pilih komputer yang bakal Anda tempel.

  7. Buka tugas di Excel

    Pada komputer Anda, tempatkan kursor di Formula Bar aplikasi Excel. Jika Anda bakal menempel (paste) angka, berikan tanda petik agar angka nol di depan tidak hilang. Tanda petik ini bisa diberikan secara massal.

  8. CTRL+V dan selesai

    Copy Tulisan di Kertas ke Komputer

    Pastikan Formula Bar tersebut tepat pada isian yang ditentukan. Jika sudah, silakan tekan CTRL+V. Selesai.

Ada beberapa catatan yang mesti Anda ingat dalam melakukan copy tulisan di kertas ke komputer dengan Google Lens ini.

Catatan pertama, diulangi lagi, Anda mesti terhubung dengan internet, baik ponselnya maupun komouternya. Sebab Google Lens merupakan internet based-app.

Yang kedua, pastikan kertas yang bakal dipindai terbaca dengan jelas. Jika buram atau tulisannya kurang terbaca bahkan oleh mata manusia, maka Google Lens juga bakal salah membacanya.

Catatan ketiga, cara ini bakal semakin cepat melebihi pengetikan manual apabila Anda sudah terbiasa dengan cara ini. Jadi biasakan dulu dua hingga tiga kali entri sebelum pengerjaan selanjutnya.

Trik lanjutannya adalah tempatkan objek yang dipindai dalam satu frame lebih banyak.

Demikian artikel tentang cara copy tulisan di kertas ke komputer. Jika ada yang perlu disampaikan, silakan kemukakan di kolom komentar.

1 KOMENTAR

  1. Blognya niche bet ini. Saya yang gaptek bisa banyak dapat info nih. Baru tahu juga aplikasi ini. Bisa jadi jalan keluar. Soalnya kaka sering nyuruh ngetikin. Nyalinin tulisan tangannya ke laptop.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here