BerandaTipsClubhouse: Media Sosial Berbasis Audio, Ini Cara Menggunakannya

Clubhouse: Media Sosial Berbasis Audio, Ini Cara Menggunakannya

Clubhouse kini sudah dirilis di Android. Meski versinya masih beta dan baru tersedia di Amerika Serikat saja, namun kabar ini tetap menggembirakan. Terutama buat mereka yang gemar menikmati aliran podcast-live.

Banyak yang bilang kehadiran Clubhouse di Android ini telat. Sebab pada model aplikasi semacam ini, sebetulnya sudah ramai dengan aplikasi sejenis yang menyajikan pertemuan komunitas berbasis audio.

Aplikasi serupa Clubhouse yakni Twitter Spaces, Discord, Spoon, Cappuccino, Yac, Anchor, Riffr, maupun Stereo. Namun hype yang cukup bagus dari Clubhouse tetap menjadi daya tarik tersendiri. Ia tetap menjadi aplikasi yang cukup populer.

Apa Clubhouse itu?

Clubhouse adalah media sosial berbasis percakapan audio baik drop-in maupun live. Aplikasi ini dikembangkan oleh Alpha Exploration dan dirilis pada Maret 2020.

Sejak dirilis pertama kali, Clubhouse hanya tersedia untuk perangkat iOS saja. Sehingga buat pengguna Android hanya bisa gigit jari untuk merasakan aplikasi ini.

Pengguna iOS juga tak bisa sembarangan. Sebab untuk bisa menikmati Clubhouse, seseorang tak cukup menginstal aplikasinya di perangkat. Namun ia harus mendapatkan undangan dari orang yang sudah menjadi pengguna Clubhouse.

Soal undangan ini bisa menjadi parameter betapa Clubhouse cukup hype. Pasalnya sampai ada yang menjual kode undangan Clubhouse di marketplace. Dan undangan inilah yang bisa jadi membuat pengguna Clubhouse merasa eksklusif. Ketika Clubhouse meluncurkan versi beta-nya untuk pengguna Android, konsep undangan itu masih juga dipakai.

Meski baru bisa diinstal oleh pengguna di Amerika Serikat, kamu yang berada di luar negara ini juga bisa menikmatinya. Silakan pergunakan VPN dengan pengaturan lokasi Amerika Serikat untuk melakukannya.

Cara Menggunakan Clubhouse

Idealnya sebuah percakapan, maka akan selalu ada pembicara dan pendengar. Begitu juga yang terjadi di Clubhouse. Namun bedanya, di percakapan di aplikasi ini ada tambahan moderator.

Ketika kamu menggunakan CLubhouse, maka ruang untuk bercakap-cakap itu disebut room. Dalam sebuah room, ada moderator, speaker, dan listener. Ketiganya punya peran masing-masing.

Yang pertama, peran moderator merupakan pengatur dari room tersebut. Ia bertugas menjaga jalannya percakapan. Dan tentu saja moderator pada hakikatnya adalah speaker.

Moderator inilah yang menciptakan room dan mengundang speaker serta listener. Peran speaker dan listener ini sudah ditetapkan sejak awal. Peran speaker sebagai pembicara dalam room tersebut, dan tentu listener yang mendengarkannya.

Secara teknis, untuk menggunakan Clubhouse, beginilah caranya:

Buka Clubhouse dan terima undangan

Iya, sekali lagi, kamu harus mendapatkan undangan untuk menggunakan Clubhouse. Tanpanya, kamu tak bisa memakainya meskipun sudah diunduh dan terinstal.

Buat yang tidak mengenal siapapun di Clubhouse dan tak mendapatkan undangannya, silakan lakukan pendaftaran terlebih dahulu. Buat profil dasar, masukkan informasi pribadi, terutama nomor telepon.

Orang yang ada dalam kontak kamu dan sudah terdaftar Clubhouse akan mendapatkan notifikasi kalau kamu masuk kedalam daftar tunggu dan belum mendapatkan undangan. Kalau beruntung, ia akan mengundang kamu.

Pilih Interest dan ikuti akun di Clubhouse

Saat bisa masuk secara penuh di Clubhouse, kamu akan diberi pilihan terkait minat dan ketertarikan pada tema tertentu. Silakan pilih sesuai minat kamu.

Clubhouse juga akan menyajikan lagi daftar kontak kamu yang sudah menggunakan Clubhouse, dan kamu akan diberikan kesempatan untuk mengikuti mereka.

3. Buat profil di Clubhouse

Buatlah profil seperti biasa. Iya, seperti biasa kamu membuat profil di berbagai platform. Silakan isikan pada kolom kosong yang tersedia.

Kalau tak mau repot, sambungkan saja profil Twitter atau Instagram kamu agar profil di Clubhouse bisa terisi dengan otomatis.

4. Silakan eksplorasi isi Clubhouse

Setelah profilmu terisi, silakan eksplorasi Clubhouse. Pergunakan simbol lensa untuk melakukan pencarian.
Dengan fitur pencarian ini, kamu bisa mencari akun lain maupun Clubs di Clubhouse. Clubs ini merupakan sebuah komunitas yang kelak akan mengadakan berbagai macam Room.

Seseorang bisa menciptakan Clubs, namun ia tak bisa membuat Clubs yang kedua. Saat ini aturan Clubhouse seperti itu. Silakan bergabung dengan Clubs yang kamu suka dengan menekan tombol “follow”, atau kamu bisa membuat Clubs sendiri.

5. Membuat Room

Selain bisa membuat Clubs, kamu juga bisa membuat Room setelah Clubs tadi terbentuk. Ada tiga jenis Room, yakni Closed (tertutup), Social (hanya untuk followers), dan Open (terbuka untuk siapa saja).

Room ini bisa langsung dibuat begitu saja dan berjalan secara langsung. Namun kamu juga bisa menjadwalkan Room ini sesuai waktu luang kamu dan listener.

Undang orang lain untuk bergabung setelah kamu menentukan moderator dan speaker dalam Room tersebut. Oh iya, tentukan dulu temanya agar kamu bisa menentukan obrolan yang akan berjalan di Room.

Itulah tadi artikel tentang Clubhouse. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di App Store maupun Play Store. Namun sekali lagu, untuk Play Store saat ini baru regional Amerika Serikat saja.

Artikel Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Terbaru

x