Inilah Ciri Smartphone yang Bisa Dipasang GCam

0
google camera

Google Camera atau sering disebut GCam menjadi primadona bagi pengguna Android. Sebabnya hasil jepretannya bagus, fiturnya banyak, dan yang pasti dipercaya karena buatan Google.

Sayangnya aplikasi kamera ini tidak bisa dipergunakan oleh sembarang smartphone. Selain karena tidak tersedia di Play Store, juga ada syarat-syarat khusus bagi smartphone untuk bisa dipasang aplikasi ini.

Buat anda yang ingin memasang Google Camera, perhatikan dulu smartphone anda. Sebab ada beberapa ciri dari smartphone yang tidak bisa dipasangi aplikasi ini. Ciri ini dibuat oleh seorang developer bernama Celso Azevedo.

Berikut ini beberapa ciri smartphone yang bisa dipasangi GCam.

1. Smartphone tersebut bisa memfungsikan Camera2 API

Camera2 API adalah semacam framework yang mengizinkan developer untuk mengakses fitur kamera lebih banyak. Sehingga fitur seperti ISO, eksposur, fokus, dan lainnya bisa diatur oleh framework tersebut.

Camera2 API sendiri dikenalkan oleh Google pertama kali pada event I/O 2014. Saat itu bertepatan dengan dirilisnya Android 5.

Untuk mengecek apakah smartphone anda bisa memfungsikan API ini, silakan pergunakan aplikasi semisal Camera2 Probe.

Apabila sudah dicek, silakan lihat pada Hardware Support Level yang memiliki indikasi empat poin. Apabila hanya poin Legacy saja yang ceklis hijau, tandanya smartphone anda tidak mendukung Camera2 API.

2. Smartphone dengan chipset Snapdragon

Inilah salah satu penyebab dari kurang larisnya chipset non-Snapdragon seperti MediaTek, Kirin, Spreadtrum, Exynos, dan lain-lain. Chipset tersebut kurang oprek-able.

Hal ini disebabkan chipset lain biasanya tidak memakai arsitektur ARM64. Meski memakai ada komponen lain yang tidak cocok untuk dipasangi GCam.

Meski begitu, pelan-pelan sebetulnya chipset tersebut beradaptasi dengan fenomena GCam ini. Sehingga meski terbatas beberapa diantaranya sudah bisa mendukung pemasangan aplikasi ini.

3. Hanya smartphone Android dan terbaru

Kalau ini sudah jelas ya, sebab GCam merupakan buatan Google yang merupakan pemilik ekosistem Android.

Untuk itu anda mestie mencocokkan antara GCam yang anda unduh dengan Android yang terinstal di smartphone. Sebab bisa jadi GCam lama tidak bisa beroperasi di Android baru, begitu juga sebaliknya. Jadi harus mencari yang benar-benar cocok.

Anda bisa mencari unduhan GCam di situs XDA-Developer maupun di Celsoazevedo. Silakan lakukan pencocokkan sendiri.

Demikian ciri-ciri smartphone yang bisa dipasangi GCam. Untuk memakai aplikasi kamera dari Google ini, dan tak mau repot silakan beli saja smartphone Pixel maupun smartphone yang ikut program Android One.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here