Tips  

Cepat dan Efektif! Begini Cara Menghapus Kontak di iPhone Terbaru

Cara Menghapus Kontak di iPhone Terbaru
Cara Menghapus Kontak di iPhone Terbaru

Menyeleksi relasi dan pertemanan bisa kamu lakukan, baik di dunia nyata maupun secara digital. Sebagai manusia merdeka, kamu punya kebebasan untuk menentukan, siapa kontak yang harus dan tidak harus ada di smartphone mu. Informasi tentang cara menghapus kontak di iPhone terbaru mungkin sangat berguna. Tujuannya agar kamu benar-benar bisa menyeleksi pertemanan dan relasi yang benar-benar penting di gawaimu.

Sekilas, mungkin kamu menganggap informasi tentang cara menghapus kontak di iPhone terbaru sangat sepele. Kontak bisa dihapus dengan mudah dengan memanfaatkan fitur yang tersedia.

Tapi akan merepotkan jika kamu harus menghapus banyak kontak yang mengganggu, bahkan memenuhi memori telepon, bukan? Jika proses penghapusan dilakukan secara manual, mungkin akan menghabiskan waktu yang cukup lama dan prosesnya bisa jadi sangat membosankan.

Karena itulah, cara menghapus kontak di iPhone terbaru penting untuk diketahui dengan berbagai alasan. Mari simak uraian pada artikel ini lebih lanjut untuk mendapatkan jawabannya.

Cara Menghapus Kontak di iPhone Terbaru. Kenapa harus Dihapus?

Mungkin saat ini kamu merasa informasi tentang cara menghapus kontak di iPhone terbaru tidak begitu penting. Tapi pada saat-saat tertentu, kamu akan membutuhkannya. Terutama ketika sudah memperbaharui daftar kontak di smartphone setelah sekian lama.

Kemungkinan besar akan ada banyak kontak yang sudah tidak aktif, atau mungkin mengganggu, tidak penting, atau alasan lainnya, sehingga harus dihapus secara permanen. Mengetahui tentang cara menghapus kontak di iPhone terbaru dan mengaplikasikannya, juga bisa membuat beban iPhone lebih ringan khususnya di bagian memori internal.

Cara Menghapus Kontak di iPhone Terbaru dari Kontak

Kamu tidak bisa langsung menemukan tombol delete atau hapus di fitur bawaan smartphone yakni “Kontak” atau “Buku Telepon”. Untuk iPhone, kamu harus terlebih dahulu menentukan kontak yang dimaksud, lalu pilih menu “Edit” yang lokasinya di pojok kanan atas layar.

 

Nantinya akan muncul beberapa menu turunan. Kamu harus scroll ke bawah sampai menemukan menu “Delete”. Sebelum menekan tombol tersebut, pastikan kamu sudah benar-benar yakin untuk menghapus kontak tersebut. Menghapus dengan cara ini relatif praktis. Sayangnya, kamu hanya bisa menghapus satu kontak saja.

Akan sangat merepotkan ketika ada banyak kontak yang ingin kamu hapus. Menghapus dengan cara manual semacam ini tidak direkomendasikan jika ingin menghapus banyak kontak. Karena itulah, kamu bisa menggunakan cara yang lainnya.

Cara Menghapus Kontak di iPhone Terbaru Menggunakan Aplikasi Khusus

Aplikasi yang kami maksud bernama “Groups” di mana kamu bisa menghapus beberapa kontak di iPhone secara sekaligus. Aplikasi ini bisa diunduh dengan mudah aman dan tidak menghabiskan ruang penyimpanan smartphone kamu. Untuk memulai penghapusan kontak, kamu tentu saja harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi ini.

Selanjutnya, buka aplikasi untuk menemukan menu “All Contacts”. Kamu bisa mulai memilih kontak yang mana saja yang ingin ditandai untuk dihapus dengan memilih menu bar “Choose Action” yang letaknya di bagian tengah layar. Setelah kontak-kontak yang diinginkan ditandai, silakan memilih menu “Delete Contacts” dan semua nomor kontak yang kamu pilih akan segera terhapus.

Kamu bahkan bisa menghapus semua kontak di iPhone tanpa terkecuali dengan menggunakan aplikasi ini. Nantinya, sistem akan mengkonfirmasi keputusan kamu sebelum kontak-kontak benar-benar akan dihapus. Cara semacam ini lebih praktis karena kamu bisa menghapus kontak secara sekaligus.

Menghapus Kontak yang Tidak Diinginkan di iPhone Melalui iCloud

Cara selanjutnya untuk menghapus kontak di iPhone adalah dengan memanfaatkan layanan yang ada di iCloud. Cara ini bahkan memungkinkan kamu untuk menghapus semua kontak dengan menu yang tersedia. Kamu juga bisa mematikan sinkronisasi kontak agar tidak ada kontak baru yang muncul.

Untuk memulai penghapusan kontak di iPhone melalui iCloud, kamu bisa memulainya dengan masuk ke menu Settings, lalu pilih menu selanjutnya, yakni “Profile iPhone”. Nantinya akan keluar menu iCloud sehingga kamu bisa semakin dekat dengan menu untuk menghapus kontak-kontak secara praktis.

Setelah masuk ke menu yang dimaksud, temukan menu “Contacts” lalu geser untuk menonaktifkannya. Cara ini membuat kontak yang tadinya terhubung atau tersinkronisasi, menjadi terputus dengan iCloud.

Setelah kamu melakukan perubahan status, akan ada pilihan selanjutnya, yakni “Keep on My iPhone” atau “Delete from My iPhone”. Jika kamu memilih yang kedua, maka semua kontak akan terhapus semua secara otomatis.

Ketika kamu menggunakan cara semacam ini, pastikan kamu sudah mengamankan kontak yang benar-benar penting. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot mencari-cari kontak yang tidak sengaja terhapus karena kontak-kontak tersebut telah dibackup dengan benar. Selanjutnya, silakan melakukan proses penghapusan dengan memilih cara-cara yang paling nyaman untuk kamu.

Cara Menghapus Kontak di iPhone Menggunakan Email

Cara menghapus kontak di iPhone terbaru yang berikutnya adalah dengan menggunakan email. Kontak yang dimaksud khususnya adalah yang sering menghubungi kamu melalui email. Jika kamu pengguna aktif layanan surat elektronik, mungkin kamu terganggu dengan beberapa kontak yang sering menghubungi lewat email, dan cukup mengganggu.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu tempuh jika ingin mengandalkan email untuk menghapus kontak di iPhone. Untuk memulainya, silakan masuk ke menu “Setting” yang ada di perangkat iPhone. Selanjutnya, pilih opsi “Contacts”, lalu pilih “Accounts”. Nantinya akan keluar pilihan akun email yang akan kamu pilih untuk menghapus kontak.

Sebagai contoh, ketika kamu menggunakan Gmail untuk tukar menukar surat elektronik, akan ada pilihan di sekitar aplikasi tersebut untuk menonaktifkan kontak. Geser ke tombol “Off” dan kontak akan segera hilang dari iPhone kamu.

Pada intinya, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus kontak di iPhone. Cara manual bisa dipilih ketika kamu hanya ingin menghapus satu atau beberapa kontak saja. Tapi kalau kontak yang ingin kamu hapus berjumlah sangat banyak, kamu bisa menggunakan aplikasi atau cara lainnya sebagaimana direkomendasikan di atas.

Yang terpenting, cara menghapus kontak di iPhone terbaru bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Jika pun harus menggunakan aplikasi, pastikan kamu mengunduh aplikasi yang sudah terverifikasi dan aman. Kamu juga sebaiknya melakukan backup untuk kontak tertentu yang penting dan bisa diandalkan dalam kondisi darurat.

Keputusan untuk menghapus kontak di iPhone sangat personal. Terlepas dari apapun alasannya, kamu bisa menyimpan dan menghapus kontak sesuka hati. Tapi sebaiknya kamu tetap mempertahankan relasi yang baik, meski kelihatannya saat ini kontak tersebut sama sekali tidak berarti. Kecuali jika kontak tertentu benar-benar mengganggu, silakan menghapusnya tanpa ragu.

Pengetahuan tentang cara menghapus kontak di iPhone terbaru harus diimbangi dengan informasi tentang cara mengembalikan kontak yang hilang. Sebab sering kali kamu tidak sengaja menghapus kontak, dan ingin segera mengembalikannya karena kontak tersebut rupanya sangat penting.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News