Cek Tekanan Darah Pakai 3 Aplikasi Tensi Darah yang Akurat

Jika kamu memiliki riwayat tekanan darah yang tinggi, tentu perlu pengecekan secara rutin mengenai tekanan darahmu. Nah, terkadang hal ini akan menjadi sulit karena kita perlu pergi ke klinik bidan atau rumah sakit untuk mengetahui tekanan darah kita. Namun, semakin canggihnya teknologi, sekarang tentu saja kamu bisa mengecek tekanan darahmu hanya dengan berdiam diri di rumah dan menggunakan aplikasi dari handphonemu.

Cara Cek Tekanan Darah di Hp dengan Aplikasi

Saat ini banyak cara cek tekanan darah di Hp. Berikut ini adalah aplikasi tensi darah yang akurat yang dapat membantu kamu secara rutin untuk mengecek tekanan darahmu hanya melalui aplikasi.

BP Journal

Aplikasi ini bisa membantu kamu dalam membaca hasil tekanan darahmu. Hasil cek tekanan darahmu secara rutin tersebut, dapat juga disimpan dalam bentuk PDF. Lalu, kumpulan hasil tekanan darah tersebut, dapat kamu kirimkan ke dokter pribadimu untuk diperiksa. Setelah dokter memeriksanya, dokter akan menyarankan hal apa saja yang baik untuk dilakukan atau tidak dilakukan dengan tekanan darah tersebut.

Selain itu, bagi dokter sendiri aplikasi ini dapat berguna sekali untuk membantu memantau kondisi pasien. Apakah pasien benar dalam keadaan sehat atau tidaknya. Dan perawatan apa saja yang diperlukan pasien dengan tekanan darah yang dihasilkan.

Apakah fitur ini baik dan akurat? Tentu saja. Karena aplikasi tensi darah yang akurat ini sudah disesuaikan dengan standar pengukuran tensi darah berbagai versi. Jadi, cobalah dan rasakan manfaatnya!

Qardio Hearth Health

Aplikasi pengukur tekanan darah di android lainnya adalah Qardio Hearth Health. Aplikasi ini sangat bisa membantumu untuk mengetahui kesehatan jantungmu. Perlu kamu ketahui, tidak hanya mengukur tekanan darah, namun aplikasi ini juga berguna untuk menghitung berapa detak jantungmu. Dapat juga dikombinasikan dengan tinggi badan dan berat badanmu untuk mengetahui keadaan kesehatanmu.

Menarik, bukan? Dengan demikian, kamu bisa mengetahui keadaan jantungmu secara keseluruhan. Dengan begitu, kamu bisa mencegah hal apa yang dapat dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan dengan keadaan jantung demikian.

Blood Pressure

Seperti namanya yang sederhana, aplikasi ini juga direkomendasikan buat kamu yang ingin memantau tekanan darahmu secara rutin dan praktis tanpa harus pergi ke petugas kesehatan terdekat.

Terkadang, kamu sibuk dengan berbagai rutinitas sehari-hari sehingga abai terhadap ancaman kesehatan yang dapat datang kapan saja. Sehingga terkadang lupa untuk mengecek tekanan darah secara rutin. Dan, datanglah Hp membawakan kemudahan untukmu. Tinggal mencari cara cek tekanan darah di hp, maka bermunculanlah tawaran untuk aplikasi tensi darah yang akurat di Hp. Namun, seberapa akuratkah?

Aplikasi Tensi Darah di Hp, Seberapa Akuratkah?

Menurut The Journal of American Association aplikasi untuk mengukur tekanan darah yang dilakukan di Hp, tidaklah akurat. Hal ini berdasarkan publikasi hasil penelitian oleh The Journal of American Association itu sendiri.

Hal ini diambil setelah mereka melakukan penelitian, sekitar 148.000 pengguna yang telah mengunduh aplikasi tensi darah di Hp, sekitar 77,5 persennya yang mengidap tekanan darah tinggi, terdeteksi tidak memiliki tekanan darah yang tinggi seperti yang telah diperiksa sebelumnya. Hal ini menjelaskan mengapa the Journal of American Association mengatakan, aplikasi tensi darah di android ini kurang akurat penggunaannya.

Jadi, disarankan jika memang tidak sangat sibuk dan masih sempat meluangkan waktunya, ada baiknya untuk segera ke tenaga medis untuk pemeriksaan tekanan darah secara manual dan rutin. Hal ini dilakukan untuk pencegahan tekanan darah tinggi dan resikonya, namun jika sudah terkena tekanan darah tinggi, hal ini dilakukan untuk saran pengobatan dini yang lebih akurat.

Cara Mengetahui Tekanan Darah Manual

Mengukur tekanan darah secara manual sebenarnya dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Hanya dengan memiliki alat yaitu stetoskop, manset tekanan darah yang dapat dipompa, dan monitor aneroid yang berfungsi untuk membaca pengukuran.

Bagaimana dengan cara menggunakannya? Cara menggunakannya cukup mudah.

  • Duduklah dalam posisi santai dan rentangkan tangan di atas meja. Kencangkan manset pada bisep lenganmu, dan tekan balon untuk meningkatkan tekanan pada lengan.
  • Awasi monitor aneroid, lalu tingkatkan tekanan hingga 30 mmHg dari tekanan darah yang normal. Apabila hal ini tidak kamu ketahui, bisa saja kamu meningkatkannya hingga mencapai 180 mmHg.
  • Saat manset telah mengembang, letakkan stetoskop pada lipatan siku
  • Lalu, secara perlahan, kempiskan balon. Dengar melalui stetoskop ketukan pertama. Perhatikan nomor pada layar aneroid. Ketahuilah, itu adalah tekanan sistolik.
  • Lalu, lanjutkan mendengar hingga suara detak jantung mencapai kestabilan, kemudian berhentilah. Setelah itu, catat nomor dari monitor aneroid kembali. Tekanan inilah yang dimaksud dengan tekanan diastolik. Dua angka tersebut, merupakan hasil dari pembacaan berapa tekanan darah yang kamu miliki.

Mengecek tekanan darah menggunakan cara manual memang lebih akurat dibandingkan aplikasi tensi darah yang akurat sekalipun. Namun, ada beberapa hal juga yang harus diperhatikan dalam membaca tekanan darah dengan menggunakan cara manual, yaitu:

  • Manset manual sendiri terdiri dari beragam jenis ukuran. Pastikan kamu menggunakan manset manual yang tepat dengan lenganmu sehingga pengukuran tekanan darah yang dilakukan lebih akurat.
  • Letakkan manset di kulit lengan, hendaknya tidak melapisi lengan dengan baju. Atau singsingkan lengan baju ke atas, sebelum memasang manset pada lengan.
  • Ambil napas dalam-dalam selama kurang lebih lima menit. Santailah.
  • Posisi kaki datar di lantai dan duduklah dengan tegak.
  • Lebih baik tidak memeriksakan tekanan darah di ruangan yang dingin.
  • Usahakan posisi lengan sedekat mungkin dengan jantung saat kamu diperiksa
  • Hindari merokok, berolahraga, dan minum selang tiga puluh menit sebelum kamu diperiksa
  • Pada siang hari, ukur tekanan darah pada waktu yang berbeda.
  • Kosongkan kandung kemih sebelum melakukan pengukuran tekanan darah. Kandung kemih yang penuh dapat membuat hasil pengukuran tekanan darah tidak akurat.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai cara cek tekanan darah di Hp melalui aplikasi tensi darah yang akurat. Sehingga, kamu tidak perlu repot-repot pergi ke petugas kesehatan. Namun, apabila memiliki waktu senggang yang lebih, sebaiknya memang pengecekan tekanan darah dilakukan oleh petugas kesehatan, karena hasilnya sebenarnya lebih akurat dibandingkan aplikasi tensi darah yang ada di Hp.

Namun demikian, aplikasi cek tekanan darah melalui Hp ini dapat digunakan, namun tidak untuk pemeriksaan akurat sepenuhnya. Cukup dengan meletakkan jarimu di kamera, lalu kamu akan mendapatkan hasil pengukuran tekanan darahmu.

Kamu mendapatkan nilai-nilai pengukuran tekanan darah setiap saat dan hal ini bisa kamu jadikan sebagai acuan apakah tekanan darahmu normal atau tidak, hal apa saja yang dapat kamu lakukan untuk pencegahan penyakit tekanan darah, baik tekanan darah tinggi maupun tekanan darah rendah.

Pada akhirnya, kamu dapat memonitor keadaan kesehatanmu setiap harinya. Cobalah aplikasi ini dan lakukan pengukuran tensi darah setiap harinya. Dan temukanlah kehidupan yang sehat sehari-harinya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

Total
1
Share