Cara Uninstall Google Assistant dari Ponsel Anda

0
Cara Uninstall Google Assistant

Google Assistant dibuat Google untuk memudahkan pengguna mengoperasikan ponsel. Sayangnya tidak semua orang suka dengan kemunculan aplikasi kecerdasan buatan ini yang tiba-tiba. Buat yang ingin mencopotnya, berikut cara uninstall Google Assistant dari ponsel Anda.

Google Assistant memang memudahkan. Anda hanya perlu berbicara di microphone ponsel, yang kemudian suara tersebut ditafsirkan sebagai perintah untuk membuka sesuatu di ponsel. Kadang-kadang, permasalahannya Google Assitant terlalu responsif.

Anda bisa saja berbicara sesuatu yang maksudnya bukan memerintahkan Google Asistant untuk membuka dirinya. Namun karena ketidaksengajaan perintah itu, membuat aplikasi ini membuka dirinya sendiri. Akhirnya sebuah perintah untuk membuka Google Search, membuka aplikasi lain, atau bahkan menelepon seseorang bisa saja terjadi.

Kalau hal itu terjadi pada Anda, dan mungkin saja akan terjadi pada satu hari nanti jika saat ini belum mengalaminya, maka percayalah kalau cara uninstall Google Assistant ini penting untuk Anda ketahui.

3 Cara Mematikan Google Assistant

Setidaknya ada tiga hal agar Anda bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan konyol dari Google Assistant. Pilihannya ada tiga yakni mematikan sepenuhnya, menonaktifkan tombol support, dan melakukan uninstall sepenuhnya.

Mematikan Google Assistant Sepenuhnya

Jika Anda memilih untuk menonaktifkan Google Assistant sepenuhnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google dan pilih Menu (tiga bilah) untuk pergi ke menu Settings
  2. Pada bagian Google Assistant klik Settings > Calls dan nonaktifkan opsi Google Assistant

Menonaktifkan Tombol Support

Cara Uninstall Google Assistant

Dalam kebanyakan kasus, menonaktifkan tombol support ini sebenarnya sudah cukup. Sebab Anda tidak lagi dapat mengakses Google Assistant melalui tombol pintasan. Dan ini akan mencegah Anda mengaktifkannya secara tidak sengaja.

Begini caranya:

  1. Di menu Settings, pilih Applications, lalu Default applications, lalu ketuk Device assistant app.
  2. Pada pilihan ini Anda bisa memilih untuk memunculkan menu Google Assistant, Google Search, atau tidak muncul apapun.

Ini adalah opsi yang paling mudah, sebab Anda masih bisa menggunakan Google Assistant kapanpun Anda inginkan, tetapi tanpa harus khawatir akan diaktifkan tanpa sengaja.

Langsung Uninstall Saja

Pada mayoritas ponsel sebetulnya Google Assistant merupakan aplikasi tambahan diluar aplikasi Google. Artinya ia diinstal sendiri secara terpisah.

Kalau begitu tentu untuk melakukan uninstall caranya lebih mudah. Yakni Anda hanya perlu melakukan klik dan menahannya untuk memunculkan notifikasi uninstall aplikasi ini.

Kalau tidak begitu, Anda bisa ke menu Settings > Applications, lalu temukan Google Assistant. Klik saja jika sudah ketemu, lalu Anda pasti menemukan dua tombol antara Uninstall dengan Force Stop. Pilih saja Uninstall.

Demikianlah tiga cara uninstall Google Assistant sesuai dengan kebutuhan Anda. Pilih saja yang sekiranya membuat Anda merasa nyaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here