Tips  

Ini 5 Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Ponsel agar Tak Lemot

Sedang mencari cara uninstal aplikasi bawaan? Simak penjelasan berikut ini. Aplikasi bawaan sering sekali mengganggu kenyamanan saat menggunakan ponsel. Terkadang bisa membuat ponsel lemot karena banyak memori yang terpakai.

Aplikasi ini sebenarnya sudah terinstall dari awal sejak pertama kali membeli sebuah smartphone. Selain membuat ponsel lemot, beberapa bloatware terkadang bisa mencuri data pribadi pemilik ponsel tersebut.

Baca juga: Cara Mengedit PDF di Komputer Melalui Adobe Acrobat

Jadi wajar saja jika banyak yang kesal akan hal ini dan ingin segera menghapusnya dari ponsel. Aplikasi bawaan ini cenderung susah dihapus dibandingkan aplikasi biasa yang ada di playstore. Hal tersebut dikarenakan aplikasinya terkunci oleh sistem. Meskipun begitu, bloatware masih bisa dihapus dengan berbagai cara.

Lantas, bagaimana cara uninstal aplikasi bawaan ponsel Android? Apa saja cara yang bisa dilakukan? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis.

Cara Uninstal Aplikasi Bawaan Ponsel Android

1. Menggunakan Aplikasi CCleaner

Cara uninstal aplikasi bawaan yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi CCleaner. Sebuah produsen Piriform telah meluncurkan sebuah aplikasi yang diklaim bisa menghapus aplikasi tidak berguna termasuk bloatware.

Aplikasi tersebut bernama CCleaner, sudah diunduh oleh 100 juta pengguna. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dapat menghapus cache, membersihkan sampah, membebaskan memori, dan meningkatkan kecepatan perangkat.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Slow Motion Tanpa Aplikasi, Gampang Banget!

Jadi jangan heran jika CCleaner digadang-gadang sebagai aplikasi pembersih terbaik. Apabila ingin menghapus aplikasi bawaan, downloadlah aplikasi ini di playstore terlebih dahulu. Setelah itu, buka aplikasinya dan tab menu aplikasi atau menu sistem.

Beberapa aplikasi bawaan akan muncul pada layar handphone. Scroll ke bawah dan pilihlah aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan oleh perangkat. Kemudian klik tombol “hapus instalasi’. Selesai.

Baca juga: Simak! Ini 5 Cara Mengetahui WiFi Dipakai Siapa Saja, Nomor 1 Paling Mudah

2. Menggunakan Aplikasi System App Remover

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghapus bloatware adalah “System App Remover”. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini bisa menghapus aplikasi bawaan dengan catatan android sudah dalam kondisi root.

Caranya buka aplikasi ini, biasanya akan muncul notifikasi SuperSU untuk meminta izin root. Tab menu “Grant” yang ada di sebelah kanan. Setelah itu pilihlah aplikasi yang mau dihapus, tab tombol uninstall, klik yes, dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Baca juga: 6 Penyebab Hardisk Tidak Terbaca di PC yang Harus Diketahui

3. Melalui Google Play Store

Aplikasi bawaan bisa membuat kapasitas RAM menjadi penuh dan akhirnya ponsel ikut lamban saat digunakan. Walaupun tidak dipakai, aplikasi ini juga melakukan update tanpa izin yang akhirnya memakan tempat penyimpanan. Tujuan utama uninstall aplikasi bawaan adalah untuk meningkatkan kinerja ponsel. Sebenarnya ada cara lain yang terhitung mudah untuk melonggarkan memori internal android walaupun aplikasinya tidak terhapus.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Foto dengan Lagu Lewat Hp Tanpa Aplikasi, Mudah!

Bagaimana caranya? Yaitu melalui play store. Lakukanlah langkah-langkah berikut ini; buka playstore, tab foto akun google, kemudian pilih dan klik menu “kelola aplikasi & perangkat”, tab menu kelola, scroll ke bawah dan pilihlah aplikasi bawaan yang mau dihapus, setelah itu tab simbol sampah yang ada di pojok atas kanan, dan terakhir tab tombol uninstall. Cara ini bukan menghapus aplikasinya tapi bisa menghapus pembaruan di aplikasi tersebut.

Baca juga: Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Tanpa Aplikasi, Online dan Offline

4. Melakukan Factory Reset

Aplikasi bawaan terkadang merugikan penggunanya karena mengandung malware. Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan factory reset.

Baca juga: 5 Cara Download Video Pinterest Android, Mudah Banget!

Bagi yang belum tau apa itu factory reset, yaitu sebuah proses mengembalikan ponsel ke dalam pengaturan semula seperti dari pabriknya. Sebenarnya cara ini tidak begitu disarankan apabila hanya ingin menghapus aplikasi bawaan yang nggak ada malware. Mengapa begitu? Sebab pengguna dapat kehilangan data penting lainnya.

Baca juga: 10 Trik dan Cara Mempercepat Download di Google Chrome

5. Disable atau Paksa Berhenti Aplikasi Bawaan

Cara berikutnya dapat dilakukan dengan mudah tanpa root dan tanpa menggunakan aplikasi bantuan yaitu melakukan disable pada aplikasi bawaan. Sebenarnya cara ini hanya untuk menghentikan aplikasi agar tidak berjalan sehingga terkesan seperti dihapus dari perangkat.

Ikuti langkah berikut ini; Bukalah aplikasi pengaturan kemudian pilih menu aplikasi, scroll ke bawah dan pilih aplikasi bawaan yang akan dipaksa untuk berhenti.

Nah itulah 5 cara uninstal aplikasi bawaan yang mengandung malware ataupun tidak. Selain menghapusnya, aplikasi bawaan juga dapat dihentikan penggunaannya atau dihapus pembaruannya.

Hal itu sangat berguna untuk meningkatkan kinerja ponsel karena bisa mengosongkan tempat penyimpanan android. Aplikasi bawaan memang merugikan pengguna, namun ada juga aplikasi yang memberikan manfaat seperti aplikasi pesan, telepon, kamera, galeri, maps, gmail, dan lain sebagainya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

🔴 BACA JUGA:  Ini Daftar Aplikasi Mirip Bigo Live dengan Koleksi Konten Tak Kalah Menarik
Total
0
Share