Home » Printer & Drivers » Cara Unduh Driver Printer Epson L220 dan Instalasi

Cara Unduh Driver Printer Epson L220 dan Instalasi

Avatar
Cara Unduh Driver Printer Epson L220 dan Instalasi Mudah,

Apakah Anda sedang mencari cara unduh driver printer Epson L220 dan instalasi? Jika iya maka tepat sekali berada di artikel ini.

Selain dikenal karena memproduksi printer dengan kualitas yang terjamin, Epson juga membuat printer dengan variasi produk yang cukup banyak. Hal inilah yang membuatnya menjadi andalan bagi berbagai kalangan.

Berbincang tentang printer Epson, salah satu produk yang mendapatkan antusiasme tinggi dari masyarakat adalah Epson L220. Produk printer ini merupakan printer dengan tipe all in one yang bisa diandalkan. Dan sesuai namanya, Epson L220 adalah bagian dari produk printer L series yang dikenal dengan mekanisme infus pada tinta yang digunakan.

Printer L series dari Epson ini juga membutuhkan driver printer Epson L220 sebagai pusat kontrol. Ya, layaknya program lainnya, Epson L220 pun memiliki software yang harus diinstal sebelumnya untuk menjadi pusat kontrol dari operasional printer tersebut.

Penasaran bagaimana cara untuk mengunduh serta menginstal driver Epson L220 ini? Cek ulasan selengkapnya!

Printer Epson L220 dan Beragam Kelebihannya

Sebelum membahas tentang cara unduh dan instal driver printer Epson L220, ada baiknya jika Anda menyimak beberapa hal mendasar terkait printer Epson L220 ini. Seperti disinggung sebelumnya, Epson L220 adalah printer series L yang hadir dengan sistem infus. Nah, dibandingkan series L lainnya, Epson L220 merupakan produk yang paling baru sehingga printer ini memiliki banyak inovasi.

Salah satu inovasi yang diterapkan pada produk printer ini adalah desain fisik yang berubah cukup signifikan. Hal ini dikarenakan Epson L220 memiliki body yang cenderung lebih minimalis dibandingkan dengan pendahulunya. Dibalut dengan warna hitam khas Epson, tampilan printer ini bisa dikatakan sangat elegan.

Dengan berbagai inovasi yang dilakukan, Epson L220 pun hadir dengan beragam kelebihan yang sangat menarik dan bisa dijadikan alasan untuk memilihnya. Adapun beberapa kelebihan dari Epson L220 diantaranya adalah:

1. Printer dengan Banyak Fungsi

Salah satu kelebihan dari Epson L220 adalah printer ini dibuat dengan konsep multifungsi. Konsep inilah yang membuat printer seri L220 dari Epson tak hanya sekedar mampu mencetak dokumen saja. Lebih dari itu, ada fitur foto copy yang bisa digunakan untuk memperbanyak dokumen yang dicetak. Selain itu, ada pula fitur scanner yang efektif untuk memindai dokumen.

Dengan beragam fungsi tersebut, bisa dikatakan bahwa Epson L220 adalah printer yang komplet. Anda tidak perlu repot menggunakan device lain untuk menyelesaikan pekerjaan. Konsep inilah yang membuat banyak kalangan menggunakan Epson L220.

Baca juga: Download Software Printer Epson L120 Terbaru dan Cara Instal

2. Lebih Hemat Tinta

Kelebihan lain dari Epson L220 yang bisa Anda dapatkan adalah printer ini cenderung lebih hemat dalam penggunaan tinta. Dalam pengetesan yang dilakukan, satu tabung tinta Epson L220 yang penuh bisa digunakan untuk mencetak hingga 4500 halaman dokumen mono dan 6500 dokumen warna.

Dari detail di atas, bisa dilihat bahwa printer ini cukup istimewa perihal penggunaan tinta. Tentu saja, dengan tinta yang lebih hemat, Anda pun tidak perlu melakukan pengisian ulang tinta printer terlalu sering. Artinya, Anda juga bisa menghemat pengeluaran.

3. Kecepatan Cetak yang Baik

Jika Anda mencari printer dengan performa cetak yang baik, Epson L220 adalah salah satu pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, untuk mencetak dokumen mono, printer ini bisa mencetak hingga 27 halaman dalam waktu 1 menit. Sementara untuk dokumen warna, Epson L220 mampu mencetak hingga 15 dokumen per menit.

Tentu saja, kecepatan tersebut adalah gambaran secara umum. Nantinya, hasil riil tergantung pada detail dokumen yang dicetak. Meskipun demikian, detail kecepatan cetak Epson L220 sudah menggambarkan jika printer ini termasuk cukup powerful.

4. Sudah Menggunakan Eco Tank

Epson L220 adalah printer yang cukup banyak mendapatkan inovasi dari pabrikan. Nah, salah satu inovasi yang menarik adalah digunakannya eco tank dalam produk ini. Penggunaan eco tank tentu cukup berpengaruh terhadap durasi pengisian tinta.

Pasalnya, jenis ink tank ini memiliki kapasitas yang lebih besar dibandingkan dengan cartridge sehingga bisa menampung tinta dengan jumlah yang lebih banyak. Selain itu, eco tank pada Epson L220 dilengkapi dengan teknologi mutakhir untuk mengontrol pemakaian tinta.

Beberapa hal di atas adalah ragam kelebihan Epson L220 yang bisa dijadikan alasan kenapa Anda memilih printer ini. Tentu saja, Epson L220 masih memiliki banyak kelebihan yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga: Harga Tinta Printer Epson L120, Pilihan Tepat untuk Maintenance!

Download Driver Printer Epson L220

Kembali ke pokok bahasan, kita akan membahas tentang driver Epson L220. Perlu diketahui, driver sendiri sebenarnya sama dengan program atau software pada umumnya. Nah, driver printer berfungsi untuk menjalankan printer agar fungsinya bisa dimaksimalkan.

Sebenarnya, dalam setiap pembelian paket Epson L220 baru, Epson akan melengkapinya dengan CD yang berisi driver tersebut. Namun, banyak pengguna yang menggunakan laptop tanpa CD rom sehingga CD driver tersebut tidak bisa digunakan.

Nah, sebagai solusi, Epson menyediakan driver printer Epson L220 di laman resmi mereka. Untuk Anda yang ingin mengunduh driver Epson L220, Anda bisa berkunjung ke laman website resmi Epson atau klik di sini.

Tentu, ada beberapa opsi driver Epson L220 yang ada di dalam website tersebut. Dalam hal ini, pilih driver Epson L220 yang sesuai dengan OS laptop yang Anda gunakan serta pastikan Anda memilih driver dengan versi yang paling baru.

Baca juga: Cara Isi Ulang Tinta Printer Epson L3110, Anti Gagal!

Cara Instal Driver Epson L220

Apabila Anda sudah berhasil mengunduh driver Epson L220, maka Anda bisa menginstal driver tersebut agar printer bisa digunakan dengan baik. Secara umum, instalasi driver Epson L220 bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Namun, untuk Anda yang belum mengetahui cara instalasi driver printer di laptop, cek detail langkahnya di bawah ini.

  1. Buka folder download yang berisi file driver Epson L220 yang sudah diunduh sebelumnya.
  2. Cari file Epson L220 dengan ekstensi exe dan klik dua kali pada file tersebut untuk memulai proses instalasi.
  3. Jika muncul notifikasi, aktifkan centang pada opsi set as default printer untuk menjadikan Epson L220 sebagai printer utama.
  4. Klik OK untuk melanjutkan proses instalasi.
  5. Pilih bahasa instalasi yang diinginkan.
  6. Klik OK dan Anda akan menemukan license agreement
  7. Baca detail license agreement tersebut dan pili agree.
  8. Klik OK dan instalasi akan dilanjutkan.
  9. Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi yang menyuruh Anda untuk menghubungkan printer Epson L220 ke laptop.
  10. Hubungkan dua device tersebut dengan menggunakan kabel USB.
  11. Tunggu beberapa saat hingga laptop selesai melakukan pemindaian.
  12. Klik OK dan tunggu proses instalasi berlanjut.
  13. Akan muncul pemberitahuan jika proses instalasi Epson L220 sudah berhasil.
  14. Selesai dan printer bisa digunakan dengan berbagai fitur menarik di dalamnya.

Dengan beberapa langkah mudah, Anda sudah bisa menginstal driver printer Epson L220. Nah, setelah ini, Anda bisa melakukan print tes untuk memastikan jika unit Epson L220 sudah bisa digunakan dengan maksimal tanpa adanya kendala.

Demikian informasi mengenai cara unduh driver printer Epson L220 dan cara instalnya. Semoga bermanfaat.