Cara Suntik Tinta Printer Secara Umum Paling Mudah

Cara Suntik Tinta Printer

Ketika printer sering digunakan, tentu tinta akan berangsur habis. Nah, karena tinta akan sangat berpengaruh pada hasil cetakan printer yang didapatkan, maka ketika tinta habis hasil cetakan pun menjadi tidak jelas dan cenderung kabur. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara suntik tinta printer.

Berbincang tentang cara suntik tinta printer, sebenarnya hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah. Namun, tetap saja Anda perlu berhati-hati. Kesalahan dalam menyuntik atau mengisi ulang tinta printer tentu akan berakibat cukup fatal. Bukan hanya tinta yang rembes, namun bisa saja printer Anda akan bermasalah.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara suntik tinta printer secara umum yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tentu, cara ini bisa diaplikasikan untuk beragam jenis printer dari merek yang berbeda.

Penasaran bagaimana cara untuk menyuntik tinta printer tersebut? Simak ulasannya!

Persiapan Mengisi Tinta Printer

Sebelum membahas tentang bagaimana cara untuk menyuntik atau mengisi ulang tinta printer, tentu Anda perlu melakukan persiapan terlebih dahulu. Persiapan ini sangat penting karena akan memudahkan proses penyuntikan tinta agar berjalan lancar.

Nah, adapun beberapa hal yang perlu dipersiapkan diantaranya adalah:

  • Tinta yang hendak digunakan untuk mengisi ulang
  • Paku atau jarum untuk memperbesar lubang cartridge
  • Alat suntik untuk memasukkan tinta
  • Tisu

Jika disimak, persiapan yang dilakukan cukup mudah dan simple. Hanya saja, Anda perlu menyediakan alat suntik sebanyak jenis warna yang hendak diisikan dalam cartridge printer tersebut.

Baca juga: Link Download Canon G2000 Printer Driver Semua Tipe, Cara Install dan Menggunakannya

Cara Suntik Tinta Printer Mudah dan Simple

Setelah beberapa persiapan di atas sudah selesai, maka Anda sudah bisa menyuntikkan tinta ke cartridge printer untuk mengisinya. Ada beberapa langkah penting yang perlu dilakukan terkait menyuntik tinta ke printer.

Beberapa langkah yang dimaksud adalah:

1. Cara suntik tinta printer: Nyalakan Printer Terlebih Dahulu

Untuk menyuntik tinta pada printer yang Anda miliki, maka langkah pertama adalah Anda perlu menyalakan printer terlebih dahulu. Dalam hal ini, sambungkan printer tersebut dengan kabel power ke stop kontak.

Jika sudah, tekan tombol ON selama beberapa saat. Setelahnya, biarkan printer hingga device tersebut dalam keadaan stand by. Nah, sembari menunggu, Anda juga bisa melakukan cleaning printer.

2. Buka Cartridge

Langkah kedua adalah membuka cartridge. Cartridge printer umumnya ada di dalam printer. Untuk mengambilnya, buka cover printer dan cari cartridge. Nah, Anda nantinya bisa melepas cartridge tersebut dengan mudah. Hanya saja, pastikan jika Anda menghafalkan rangkaian cartridge tadi agar nantinya tidak ada masalah saat dipasang ulang.

Selain itu, pastikan Anda tidak menyentuh bagian depan cartridge. Jika sudah terlepas, simpan cartridge tersebut di atas tisu yang sudah disiapkan.

3. Memperbesar lubang pada cartridge

Pada cartridge yang sudah dilepas, ada lubang kecil yang digunakan untuk mengisi tinta. Namun, umumnya, ukuran lubang ini cukup kecil sehingga akan menyulitkan Anda untuk mengisi tinta. Oleh karenanya, Anda perlu memperbesar lubang tersebut.

Gunakan paku atau jarum yang sudah disediakan tadi untuk memperbesar lubang di cartridge. Namun, pastikan Anda melakukannya secara hati-hati dan tidak membuat ukuran lubang yang terlampau besar.

Baca juga: Cara Mencari Printer yang Disharing dengan Mudah dan Cepat

4. Suntik tinta printer

Apabila lubang di cartridge sudah diperbesar, maka Anda bisa langsung menyuntik tinta ke printer tersebut sesuai keperluan. Dalam hal ini, direkomendasikan Anda mengisi tinta warna hitam terlebih dahulu dan baru berlanjut ke warna lainnya.

Pada step cara suntik tinta printer ini, kehati-hatian dan ketelitian menjadi hal yang sangat penting. Pastikan jika Anda melakukannya dengan cermat agar terhindar dari beragam masalah yang terjadi, seperti tinta yang bocor atau tidak masuk ke cartridge dengan tepat.

Sebagai panduan, adapun cara yang disarankan untuk menyuntik tinta printer adalah sebagai berikut:

  • Ambil sedikit tisu
  • Lalu, tutup bagian head cartridge agar nantinya tidak bocor
  • Jika sudah, coba masukkan jarum ke lubang tinta
  • Nah, isi tinta secukupnya dan jangan berlebihan atau hingga tumpah dari lubang cartridge

Nah, beberapa hal di atas adalah ragam langkah yang perlu Anda lakukan terkait menyuntik tinta di printer. Tentu, dengan pengetahuan yang dimiliki, Anda bisa menyuntik tinta ke printer dengan hati-hati dan bebas dari masalah yang merugikan.

Baca juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar, Mudah dan Tak Perlu Service!

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Saat Menyuntik Tinta ke Printer

Selain mengetahui cara yang benar untuk menyuntik tinta ke printer, ada beberapa hal penting lain yang perlu Anda pahami terkait aktivitas ini. Tentu, beberapa hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan Anda dari masalah yang merugikan ketika hendak mengisi ulang tinta printer.

Adapun beberapa hal yang dimaksud diantaranya adalah:

  • Anda perlu melepas kabel USB yang menyambungkan printer ke PC. Hal ini penting agar PC nantinya tidak mendeteksi device printer yang hendak diisi ulang. Jika kesalahan ini dilakukan –kabel USB tidak dilepas, maka bisa jadi printer akan mengalami masalah cancel printing.
  • Pastikan Anda menutup cover printer apabila pengisian tinta printer tersebut selesai. Tujuan dari langkah ini adalah untuk menghindari adanya beragam benda asing yang masuk ke dalam printer, terutama ketika printer dalam keadaan aktif
  • Umumnya, saran pengisian tinta printer adalah sekitar 20 ml. Namun, Anda bisa mengisinya dengan volume yang lebih banyak. Hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa volume tinta yang diisi tidak berlebihan ataupun terlalu banyak.
  • Apabila tinta yang disuntikkan telanjur berlebihan, maka biarkan tinta tersebut keluar sendirinya. Hindari mengelap tinta tersebut dengan tisu karena apabila tinta mengering, maka cartridge akan macet
  • Setelah selesai melakukan pengisian ulang tinta pada printer, maka lakukan pengetesan dengan mencetak dokumen dari beberapa aplikasi seperti Words dan lainnya. Pengetesan ini perlu dilakukan untuk memastikan printer bekerja dengan baik serta bisa mendeteksi adanya masalah dengan cepat.
  • Lakukan cleaning printer untuk membuat performa printer kembali sempurna setelah proses pengisian ulang tinta
  • Hindari mengisi ulang tinta ketika cartridge benar-benar sudah mengering. Kondisi ini sangat perlu dihindari karena bisa jadi dalam waktu tertentu akan berakibat munculnya karat yang merusak cartridge tersebut

Beberapa hal di atas merupakan apa yang perlu Anda perhatikan terkait menyuntik tinta ke printer. Sebagai tambahan, ada baiknya jika Anda memilih tinta yang memang direkomendasikan sesuai dengan jenis printer yang Anda gunakan. Pemakaian tinta yang tepat tentu akan berpengaruh pada kualitas cetakan yang didapatkan.

Nah, demikian beberapa ulasan tentang cara suntik tinta printer yang perlu Anda ketahui. Jika disimak, cara menyuntik tinta ke printer sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, Anda perlu melakukannya dengan cermat dan berhati-hati untuk menghindari kesalahan yang dapat berakibat buruk pada device.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News