Tips  

Cara Screenshoot di Laptop Windows Maupun MacOS

KopiTEKNO.com – Adakalanya sebuah laptop tidak dilengkapi dengan tombol PS atau Print Screen layaknya keyboard di komputer desktop. Hal ini membuat screenshoot di laptop jadi kesulitan tersendiri.

Untunglah sistem operasi Windows maupun MacOS sudah menyediakan berbagai tool. Bahkan banyak pihak ketiga sudah melengkapi aplikasi Windows maupun MacOS mereka dengan fitur screenshoot.

Lalu cara screenshoot di laptop Windows dan MacOS itu bagaimana? Mari kita buat daftarnya satu-persatu.

Cara Screenshoot di Laptop Windows

Windows setidaknya memiliki tiga fitur screenshoot bawaan. Fitur ini bisa Anda pergunakan untuk menangkap layar yang diperlukan. Namun meski tentu saja jauh lebih mudah dengan menggunakan tombol di keyboard.

1. Cara Screenshoot di Laptop dengan Tombol Print Screen

Tombol Print Screen memang cara paling mudah dalam melakukan screenshoot di laptop. Tombol ini biasanya selalu tersedia di keyboard laptop. Jika laptop Anda tidak menyediakannya, bisa pergunakan keyboard eksternal.

  1. Untuk memulainya, silakan temukan tombol Print Screen di keyboard. Letaknya dibagian kanan-atas. Ia disimbolkan dengan “PS”, “PrntScrn”, maupun “PrtSc” atau bahkan komplit “Print Screen”.
  2. Ketika Anda menekannya, maka seluruh layar yang tampil akan disalin. Anda bisa menaruhnya di lembar kerja aplikasi editing apapun untuk dilakukan penyesuaian.
  3. Jika Anda hanya perlu menyimpannya saja untuk dipakai lain kali, silakan tekan tombol Windows + Print Screen. Anda bakal melihat layar redup dan berkedip sejenak, yang berarti screenshoot tersebut berhasil ditangkap dan disimpan.
  4. Secara default, hasil screenshoot itu akan tersimpan di direktori penyimpanan C:\Users\UserName\Pictures\Screenshots.

Kedipan layar sejenak itu bisa saja tidak muncul jika laptop Anda mengaktifkan opsi untuk performa saja. Hal ini berakibat adanya pengurangan animasi yang tidak perlu.

Untuk mengaktifkan kembali, Anda bisa mengakses Settings > System > About > Advanced system settings. Kemudian bukalah Advanced, pilih Settings dibawah Performance.

Lantas bagaimana jika tombol Print Screen tidak ada atau tombolnya rusak? Silakan pakai aplikasi bawaan dari Windows.

2. Screenshoot di Laptop dengan Snipping Tool

Jika tombol Print Screen diatas tidak berfungsi, maka silakan pergunakan aplikasi Snipping Tool yang merupakan bawaan Windows. Anda juga bisa menemukan aplikasi ini di Windows 11.

  1. Silakan buka fitur pencarian, ketikka snipping tool, dan klik hasil yang dimunculkan. Logo Snipping Tool adalah gunting.
  2. Jika Snipping Tool berhasil dibuka, silakan klik New, kemudian arahkan gunting sesuai dengan area yang ingin di-screenshoot.
  3. Anda bisa bebas melakukan penyesuaian dengan alat ini. Sebab Anda bisa melakukan screenshoot semua layar, maupun hanya sebagian kecil saja.

3. Screenshoot di Laptop dengan Snip & Sketch Tool

Jika Anda menggunakan Windows 10 kebawah, Anda masih kebagian dengan Snip & Sketch. Namun pada Windows 11, tool ini digabungkan fungsinya kedalam Snipping Tool semua.

Kalau Anda masih memiliki Snip & Sketch yang masih terpisah dari Snipping Tool, silakan ikuti petunjuk berikut ini:

  1. Temukan Snip and Sketch di kolom pencarian Windows. Kemudian bukalah aplikasinya.
  2. Klik tombol New. Layar laptop Anda akan meredup sejenak, dan toolbar aplikasi akan muncul di layar. Anda bisa memilih opsi kotak, bentuk bebas, maupun tangkapan layar penuh dengan Snip and Sketch.
  3. Tekan tombol Windows + S untuk menyimpan hasil screenshoot.

4. Screenshoot di Laptop Menggunakan WIndows 10 Game Bar

Mulai dari Windows 10, Microsoft sudah menyertakan Xbox Game Bar. Fitur ini memiliki akses untuk menangkap layar dan berbagi dengan sesama gamer. Namun Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan screenshoot secara reguler.

Untuk menggunakannya, silakan ikuti langkah berikut ini:

  1. Klik tombol Windows+G di keyboard Anda untuk membuka Game Bar.
  2. Klik ikon Camera untuk melakukan screenshoot secara otomatis.
  3. Pastikan Anda membuka layar yang tepat agar hasil screenshoot tidak keliru.

Silakan ke Start > Settings > Gaming > Xbox Game Bar untuk membuka pengaturan dari fitur ini.

Cara Screenshoot di Laptop MacOS atau MacBook

Anda juga bisa melakukan screenshoot di laptop MacBook dengan sistem operasi macOS dengan mudah. Apalagi sekarang sudah masuk MacOS Mojave yang memiliki built-in screenshoot tool.

1. Cara Screenshoot dengan Screenshoot Tool

MacOS Mojave dan versi yang lebih baru memiliki fitur screenshoot bawaan. Untuk membukanya, silakan klik Launchpad > Other > Screenshot atau gunakan shortcut Shift + Command + 5. Begini cara menggunakannya.

  1. Tekan Shift + Command + 5 untuk membukan Screenshoot. Toolbar yang mengambang akan muncul dengan beberapa opsi.
  2. Anda bisa menangkap seluruh layar, sebagian area, layar yang aktif, dan lainnya.
  3. Anda juga bisa mengatur dimana hasil screenshoot disimpan dengan mengklik Options. Secara default, hasilnya tersimpan di desktop.

Fitur Screenshoot ini juga bisa dipergunakan untuk merekam layar. Silakan pakai juga dengan memilih Record entire Screen atau Selected Portion. Ketika siap, klik Record untuk memulai merekam layar.

2. Screenshoot di MacOS dengan Shift+Command

MacBook dilengkapi dengan berbagai fitur shortcut untuk memudahkan melakukan shortcut. Silakan temukan shortcut mana saja yang bisa dipergunakan.

  1. Tekan Shift + Command + 3 untuk melakukan shortcut pada seluruh layar. Anda bakal menemukan thumbnail di sudut layar Anda. Anda bisa mengubahnya saat itu juga, atau menunggu sejenak sampai hasil itu tersimpan.
  2. Tekan Shift + Command + 4 untuk melakukan screenshoot pada sebagian layar. Geser ikon gunting untuk menangkap area yang diinginkan.
  3. Pilihan lainnya, tekan Shift + Command + 4 + Spasi. Sebuah ikon kamera akan muncul dan Anda bisa mulai memilih bagian mana yang akan disimpan.

Demikianlah cara screenshoot laptop Windows maupun MacOS dengan fitur bawaan. Untuk lebih komplit dan memiliki banyak fitur, pergunakan aplikasi editing yang ada di pasaran atau aplikasi khusus untuk melakukan screenshoot.

Jika Anda hanya pengguna laptop kasual, maka fitur screenshoot bawaan itu sepertinya sudah memenuhi kebutuhan.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News

🔴 BACA JUGA:  Spesifikasi dan Harga ASUS BR1100 Series, Laptop Tangguh Para Pelajar
Total
0
Share