Cara Scan Printer Epson L360, Mudah dan Anti Ribet!

Cara Scan Printer Epson L360
Cara Scan Printer Epson L360. Foto: Epson

Apakah Anda sedang mencari cara scan printer Epson L360? Maka tepat sekali berada di artikel ini. Epson L360 merupakan salah satu produk printer yang sangat populer. Salah satu alasannya yaitu karena Epson L360 hadir dengan beragam fitur yang sangat menarik dan harga jual yang bisa dikatakan cukup terjangkau.

Seperti yang diketahui, Epson menjadi salah satu brand printer yang paling terkenal dengan jaminan kualitas. Tidak mengherankan jika banyak pengguna yang akhirnya memilih printer dari brand ini dibandingkan brand lainnya.

Ya, Epson L360 adalah printer yang multifungsi. Selain bisa diandalkan untuk mencetak beragam dokumen serta foto, printer ini memiliki fitur scanner. Tentu, fitur yang satu ini cocok untuk melakukan scan pada beragam dokumen cetak yang ingin Anda simpan dalam bentuk digital.

Baca juga: Daftar Service Center Printer Epson di Seluruh Indonesia

Lantas, bagaimana cara scan printer Epson L360, apakah sama seperti printer pada umumnya. Penasaran? Simak ulasannya!

Kelebihan Printer Epson L360

Sebelum membahas tentang cara scan pada printer Epson L360, ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa kelebihan dari printer yang satu ini. Beberapa kelebihan Epson L360 tentu bisa dijadikan pertimbangan dan alasan kenapa printer ini sangat cocok untuk digunakan.

Adapun beberapa kelebihan dari Epson L360 diantaranya adalah:

1. Kecepatan Printing yang Maksimal

Kecepatan printing senantiasa menjadi pertimbangan ketika seseorang hendak memilih unit printer untuk digunakan. Nah, Epson L360 adalah salah satu printer all-in-one yang sangat menarik terutama dari kecepatan yang dimiliki.

Perlu diketahui bahwa Epson L360 sudah menggunakan teknologi print head micro piezo. Penggunaan teknologi ini akan mempercepat kecepatan cetak hingga mencapai 15 ppm pada tinta warna dan 33 ppm pada tinta hitam.

Selain itu, kecepatan scan Epson L360 pun meningkat menjadi 33 detik untuk dokumen warna dan hanya 11 detik untuk dokumen hitam putih.

2. Hasil Cetakan yang Tajam

Tidak hanya memberikan kecepatan cetak yang istimewa, Epson L360 pun mampu memberikan hasil cetakan berkualitas dan tajam.

Pasalnya, penggunaan print head pada unit Epson L360 mampu menghasilkan resolusi hingga 5720 x 1440 dpi. Selain itu, Epson L360 juga menggunakan teknologi VSDT yang akan memudahkan print head mengeluarkan tinta dalam beberapa ukuran.

Kombinasi teknologi yang digunakan tentu akan menghasilkan hasil cetakan yang lebih istimewa. Anda akan melihat hasil tulisan yang lebih tajam serta gradasi gambar yang lebih bagus.

3. Pengisian Ulang Tinta yang Lebih Mudah

Jika Anda mencari unit printer dengan pengisian ulang tinta yang mudah, Epson L360 adalah salah satu pilihan unit yang tepat. Terkait pengisian ulang tinta ini, Epson L360 sudah menggunakan tabung tinta yang terintegrasi kuat serta tidak mudah bocor. Dalam unit printer, ada 4 buah tabung tinta yang bisa menghasilkan hasil cetakan yang berkualitas.

Tidak hanya itu, printer Epson L360 pun bisa menggunakan beragam tinta yang berbeda. Misalnya saja, Anda bisa menggunakan tinta pigment, dye, sublime, dan juga art paper. Juga, Epson L360 bisa menggunakan tinta dengan lebih hemat.

Dalam hitungannya, 70 ml tinta yang disuntikkan bisa digunakan untuk mencetak hingga 4500 lembar dokumen.

Baca juga: Download Printer Epson L365 Driver

4. Daya yang Lebih Irit

Dilihat dari segi daya yang digunakan, Epson L360 pun memiliki kelebihan berupa penggunaan daya yang lebih irit. Produk Epson ini bisa beroperasi dengan daya maksimal 13W saat bekerja untuk melakukan scanning, printing atau copying.

Dilihat dari segi daya yang digunakan, Epson L360 pun memiliki kelebihan berupa penggunaan daya yang lebih irit. Produk Epson ini bisa beroperasi dengan daya maksimal 13W saat bekerja untuk melakukan scanning, printing atau copying.

Nah, beberapa hal di atas adalah apa yang menjadi kelebihan dari Epson L360. Sebagai tambahan, unit printer Epson L360 hadir dengan body yang cenderung minimalis. Dengan ukuran fisik yang tidak terlalu besar, printer ini sangat hemat ruangan.

Baca juga: Download Printer Epson L365 Terbaru, Lengkap!

Cara Scan Mudah Menggunakan Printer Epson L360

Kembali ke bahasan utama, lantas bagaimana cara scan printer Epson L360? Nah, terkait scan dengan Epson L360, setidaknya ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Scan Menggunakan Tombol

Setiap printer tentu memiliki tombol tertentu untuk mengoperasikan unit dengan lebih cepat dan lebih mudah. Nah, untuk melakukan scan pada Epson L360, Anda bisa menggunakan tombol tertentu yang sudah tersedia.

Adapun langkah scanning yang perlu dilakukan diantaranya adalah:

  • Instal driver Epson L360 pada device yang hendak digunakan terlebih dahulu.
  • Pastikan Epson L360 scan dan event manager sudah terpasang.
  • Hidupkan PC dan printer lalu tunggu hingga lampu ready pada unit Epson L360 menyala.
  • Siapkan halaman dokumen yang hendak Anda scan dan simpan di bagian scanner.
  • Cek pada permukaan body Epson L360 yang ada beberapa tombol tertentu.
  • Nah, tekan tombol start monochrome dan start color secara bersamaan.
  • Printer akan melakukan scanning.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Setelah proses selesai, dokumen hasil scanning tersebut akan tersimpan di folder scan pada PC atau laptop yang terhubung. Anda tinggal melakukan copy file untuk menyimpannya dengan lebih aman.

Baca juga: Cara Scan di Printer Semua Merek (Laptop Windows), Mudah!

2. Scan dari Komputer

Cara lain untuk melakukan scan menggunakan unit Epson L360 adalah scan dari komputer atau laptop. Cara scan yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan menggunakan tombol manual. Pasalnya, Anda nantinya bisa mengatur file secara langsung termasuk mengubah nama, menentukan ukuran dan lainnya.

Nah, langkah scan dokumen dengan Epson L360 melalui unit komputer atau laptop adalah sebagai berikut:

  • Pastikan Anda sudah memasang driver scanner Epson L360 pada device komputer atau laptop yang hendak digunakan.
  • Selanjutnya, tekan tombol power guna menyalakan printer dan komputer.
  • Masukkan lembar dokumen yang hendak Anda scan ke dalam sensor scanner Epson L360.
  • Buka aplikasi Epson Scan yang ada di komputer yang Anda gunakan.
  • Nah, akan muncul jendela pengaturan konfigurasi terkait scan dokumen tersebut.
  • Selanjutnya, pilih home mode dan kemudian atur parameter ukuran sesuai dengan keinginan.
  • Tekan tombol scan dan biarkan unit printer Epson L360 melakukan scanning hingga selesai.

Dengan langkah di atas, lembar dokumen fisik yang Anda miliki sudah berhasil dipindai dengan baik. Tentu, hasil scan tersebut bisa Anda temukan di folder scan.

Dari beberapa hal di atas, bisa dikatakan bahwa ada dua cara yang mudah dilakukan untuk melakukan scanning dokumen dengan menggunakan Epson L360. Dengan adanya opsi cara tersebut, tentu Anda bisa memilih mana cara yang menurut Anda paling mudah untuk dilakukan serta memberikan hasil scanning yang tajam dan maksimal.

Sebagai tambahan, Anda harus memastikan sudah menggunakan driver Epson L360 yang tepat untuk memudahkan proses scanning. Driver tersebut bisa didapatkan di unit CD yang disertakan dalam paket pembelian printer. Namun, jika Anda tidak memiliki CD tersebut, maka Anda bisa mengunduh driver Epson L360 di laman website resmi Epson. Pastikan Anda mengunduh driver versi terbaru.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News