Cara Scan Dokumen Tanpa Scanner, Hanya Bermodal Google Drive

0

Keberadaan scanner atau alat pemindai yang mengubah dokumen cetak menjadi dokumen digital memang diperlukan. Apalagi buat anda yang kerap berjibaku dengan aktivitas administrasi yang membutuhkan pengiriman dokumen lewat email secara cepat.

Memindai dokumen asli agar bisa terbaca oleh penerima dengan baik memang memerlukan mesin pemindai atau yang kerap disebut scanner itu. Biasanya scanner ini dijual sendiri. Namun kecenderungan tren membuat scanner disatukan dengan printer sehingga bisa dijadikan sebagai alat photocopy sekaligus.

Sayangnya mayoritas scanner ini membutuhkan daya listrik. Sehingga aktivitas diluar lapangan yang membutuhkan pemindaian dokumen sering tidak bisa memakainya. Makanya perlu ada alternatif agar dokumen-dokumen penting bisa tetap terdigitalisasi dengan baik.

Hal ini juga berlaku buat anda yang sedang bersiap-siap mengunggah dokumen ke situs sscasn.bkn.go.id sebagai prasyarat mengikuti tes CPNS. Sebab dokumen seperti ijazah, KTP, KK, dan lainnya mesti di-scan terlebih dahulu agar bisa diunggah ke situs tersebut.

Langsung saja berikut ini cara melakukan scan dokumen hanya bermodal Google Drive saja. Iya, Google Drive yang dimaksud merupakan aplikasi bawaan Google yang biasa dipergunakan untuk menyimpan data secara cloud itu.

  1. Buka aplikasi Google Drive.

    Silakan buka aplikasi Google Drive di smartphone anda masing-masing. Buat yang belum memilikinya, silakan dapatkan terlebih dahulu di Play Store.

  2. Tekan tombol Plus alias ‘Tambah’. 

    Pada bagian bawah sebelah kanan ada tombol plus. Tombol ini merupakan jalan pintas menuju ke beberapa menu yang bisa dipilih.

  3. Pilih Pindai

    Setelah tombol tambah diklik, seharusnya muncul menu pop-up dari bawah yang berisi menu Folder, Upload, Pindai, Google Dokumen, Google Spreadsheet, dan Google Slide. Silakan pilih Pindai.

  4. Ambil foto dari dokumen yang ingin di-scan.

    Silakan arahkan kamera ke dokumen yang bakal di-scan. Untuk mengatur dokumen agar tepat sesuai dengan keinginan, silakan pergunakan fitur crop. Apabila ingin mengulangi pengambilan foto, silakan pergunakan simbol panah melingkar. Pergunakan juga tombol ‘tambah’ untuk menambahkan dokumen yang akan di-scan.

  5. Simpan dokumen yang sudah dipindai.

    Silakan tekan tanda ceklis untuk menyelesaikan dokumen yang dipindai tersebut.

Agar memudahkan pemindaian dokumen di lain waktu, silakan pindahkan menu di Google Drive itu ke layar utama. Temukan Pemindai Drive atau Drive Scan di menu widget smartphone anda, tekan yang lama, dan silakan geser ke menu layar utama tadi.

Demikian cara scan dokumen dengan Google Drive. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here