Cara Reset Printer MP237 Paling Simple dan Mudah Dipelajari

Cara Reset Printer MP237

MP237 merupakan produk printer Canon yang sudah cukup lama diproduksi dan menjadi salah satu printer multifungsi yang cukup populer. Meskipun terkenal bandel dan bisa digunakan untuk semua kebutuhan, namun terkadang MP237 juga bisa mengalami masalah. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk mengetahui cara reset printer MP237.

Tentu, Anda sudah pernah mendengar tentang reset printer, bukan? Ya, reset printer bisa menjadi solusi yang tepat dilakukan ketika terjadi masalah pada unit printer tersebut. Hanya saja, perlu diketahui bahwa cara reset printer MP237 tersebut berbeda dengan unit printer lainnya sehingga Anda harus mengetahuinya dengan saksama.

Nah, untuk Anda yang memiliki printer MP237 di rumah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang cara reset printer MP237 yang paling simple dan juga mudah untuk dipelajari. Penasaran bagaimana cara untuk melakukannya? Simak ulasan selengkapnya!

Sekilas Tentang Canon MP237

Seperti yang disinggung sebelumnya, MP237 adalah salah satu printer multi-fungsi yang diproduksi oleh Canon. Unit printer yang satu ini bisa diandalkan bukan hanya untuk mencetak dokumen semata, melainkan juga melakukan scanning dan juga memperbanyak dokumen cetak.

MP237 hadir dengan teknologi Canon Fine Cartridge yang cukup istimewa. Ditunjang dengan 1472 nozzle yang ada di dalamnya, tentu MP237 akan bekerja sangat optimal dengan memberikan hasil cetakan yang berkualitas. Terlebih, resolusi pada printer ini bisa dimaksimalkan hingga mencapai 4800 x 1200 pixels.

Hal menarik lain dari MP237 adalah kecepatan cetak yang cukup bagus. Untuk mencetak dokumen hitam putih, MP237 memiliki kecepatan cetak mencapai 7 ppm. Sementara kecepatan untuk mencetak dokumen warna adalah 4.8 ppm dan kecepatan mencetak foto 4 x 6 cm adalah 40 detik saja.

Dilihat dari segi daya, MP237 bisa disebut sebagai printer dengan penggunaan daya yang cukup rendah. Unit printer ini hanya memerlukan daya sebesar 10 watt saja saat bekerja dan hanya 2.1 watt saja saat siaga.

Jika dibandingkan dengan perangkat printer lain, tentu jumlah daya tersebut sangat kecil dan tidak akan membebani tagihan listrik Anda.

Baca juga: Cara Mengisi Tinta Printer Canon yang Baik dan Benar, Simak Ya!

Kenapa Reset Canon MP237 Perlu Dilakukan?

Sebelum membahas tentang cara reset printer MP237, Anda tentu perlu mengetahui penyebab kenapa proses reset perlu dilakukan. Nah, reset sendiri merupakan prosedur pengosongan kembali memory cetak printer sehingga unit printer nantinya bisa digunakan lagi.

Perlu diketahui bahwa unit printer yang digunakan dalam waktu tertentu akan kehabisan memory dan memiliki batas pencetakan yang sudah habis. Hal inilah yang menjadi sumber permasalahan printer dan sudah menjadi rahasia umum. Terlebih, untuk produk MP237 yang memang sudah digunakan dalam waktu yang lama.

Namun, proses reset MP237 juga perlu dilakukan dikarenakan adanya beberapa penyebab lain. Adapun beberapa penyebab yang dimaksud diantaranya adalah:

1. Lampu Indikator LED Sudah Berkedip

Unit printer MP237 dilengkapi dengan adanya lampu LED. Lampu ini memiliki fungsi yang cukup penting karena akan menjadi tanda kondisi dari unit printer tersebut. Nah, apabila ketika Anda menggunakan MP237 untuk mencetak dokumen tetapi bermasalah dan lampu indikator tersebut berkedip, maka tandanya MP237 harus direset.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar

2. Adanya Pesan Kode Error 1700

Pesan kode error 1700 yang muncul saat menggunakan MP237 juga menjadi sebab dan juga tanda bahwa printer ini harus direset. Biasanya, saat pesan error ini muncul, printer MP237 tidak akan bisa digunakan dan Anda tidak bisa mencetak dokumen apapun.

3. Adanya Kode Error 5B00

Hal lain yang menyebabkan MP237 perlu direset adalah adanya kode error 5B00 yang muncul. Kode error ini adalah tanda adanya masalah pada unit printer MP237 yang sedang Anda gunakan. Sebagai solusinya, Anda bisa melakukan reset.

4. Tabung Tinta yang Penuh

Permasalahan tentang tabung tinta yang penuh memang merupakan permasalahan klasik dalam penggunaan printer. Hanya saja, masalah ini tetap saja perlu diperhatikan dan harus ditangani dengan tepat.

Nah, apabila MP237 yang Anda gunakan memiliki tabung dengan tinta yang penuh, maka unit printer justru tidak bisa digunakan. Oleh karenanya, Anda perlu mengurangi volume printer dan melakukan reset untuk mengembalikan fungsi MP237 agar normal.

Beberapa hal di atas adalah sebab dan tanda kapan MP237 perlu direset. Tentu, Anda perlu mengetahui beberapa penyebab di atas agar nantinya Anda tidak gegabah ketika menemukan printer MP237 Anda macet dan tidak bisa digunakan untuk mencetak dokumen.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Tinta Printer di Tangan, Dijamin Ampuh

Cara Reset Printer MP237 Paling Gampang

Lantas, bagaimana cara untuk melakukan reset pada unit printer MP237?

Nah, sebelum melakukan beberapa langkah untuk reset unit printer MP237, maka Anda harus memiliki resetter Canon MP237 terlebih dahulu. Ya, resetter ini merupakan tool atau alat yang akan digunakan untuk melakukan reset printer. Tanpa tool ini, tentu saja reset MP237 tidak akan bisa dilakukan.

Untuk mendapatkan resetter Canon MP237 tersebut, Anda bisa klik di sini dan unduh dengan sesuai panduan yang ada.

Setelah tool resetter didapatkan, Anda bisa langsung beralih untuk melakukan reset pada printer MP237. Adapun langkah yang perlu dilakukan adalah:

  • Matikan printer MP237 terlebih dahulu apabila keadaan unit printer masih menyala
  • Setelah itu, tekan dan tahan tombol reset atau stop pada printer dan jangan dilepas
  • Tekan dan tahan tombol power printer ketika Anda masih menekan tombol sebelumnya
  • Lepaskan tombol stop atau reset tanpa melepas tombol power MP237
  • Jika sudah, tekan tombol stop atau reset sebanyak 6 kali dan pada tekanan tombol keenam, terus tekan dan tahan
  • Lepaskan kedua tombol baik tombol reset atau stop dan juga tombol power secara bersamaan
  • Tunggu sebentar dan printer MP237 akan masuk ke dalam opsi safe mode
  • Siapkan kertas kosong dan tempatkan di tempat kertas printer biasanya
  • Download aplikasi atau tool resetter tadi dan ekstrak jika sudah diunduh
  • Buka folder hasil ekstrak dan klik pada file “service tool v3400”
  • Pilih opsi main pada kolom kotak absorber yang ada di bagian ink absorber counter
  • Klik tombol set yang ada di sebelah kanan
  • Tunggu proses hingga selesai
  • Jika ada kotak dialog “a function was finished”, maka klik OK
  • Tunggu beberapa saat dan unit MP237 akan melakukan proses tes mencetak dokumen. Oleh karenanya, pastikan jika kertas tadi sudah ditempatkan
  • Tutup aplikasi resetter tadi dan printer MP237 sudah berhasil direset

Nah, setelah proses reset MP237 tersebut berhasil, maka unit printer ini sudah bisa digunakan lagi untuk mencetak dokumen apapun sesuai dengan keinginan Anda. Sekilas, cara reset MP237 sebenarnya sederhana. Hanya saja, Anda perlu melakukan beberapa langkah awal untuk masuk ke safe mode dengan cermat.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News