Cara Reset Printer Epson L210 Paling Mudah dan Pasti Work!

Cara Reset Printer Epson L210

Cara Reset Printer Epson L210 – Printer merupakan salah satu perangkat keras yang sangat berguna untuk berbagai keperluan mencetak dokumen, baik untuk perkantoran, lembaga hingga keperluan pribadi. Seperti yang diketahui, di Indonesia sendiri ada banyak sekali merk printer yang bisa dijumpai di pasaran dan salah satu yang paling banyak diminati dan digunakan adalah printer Epson, lebih tepatnya seri L210.

Akan tetapi, terkadang printer mengalami kendala seperti lampu indikator yang terus berkedip. paper jam atau tiba-tiba perangkat mengalami not responding. Hal semacam ini seringkali membuat para pengguna baru panik dan memilih jalan pintas dengan menekan tombol lain selama beberapa detik.

Sayangnya, cara tersebut tidak begitu aman jika dilakukan terus menerus dan alternatif terbaiknya adalah dengan melakukan reset printer Epson L210. Bingung bagaimana caranya? Temukan informasinya yuk.

Penyebab Printer Membutuhkan Reset

Sebelum mempelajari bagaimana cara reset printer Epson L210, alangkah baiknya jika Anda juga mengerti terlebih dahulu apa saja alasan atau tanda printer membutuhkan resetter untuk mengembalikan printer ke pengaturan standar pabrik.
Adapun beberapa alasan printer Anda membutuhkan reset antara lain yaitu

1. Paper Jam atau Kertas Macet

Alasan pertama kenapa printer Anda membutuhkan reset adalah paper jam. Kertas macet pada printer menyebabkan perangkat tidak dapat mencetak dengan baik dan bahkan biasanya kertas akan terlipat atau tergulung tidak beraturan.
Penyebab printer mengalami masalah semacam ini adalah printer kemasukan benda kecil seperti isi staples atau benda kecil lainnya. Kertas macet kemudian menyebabkan lampu indikator merah terus berkedip.

2. Printer Kehabisan Tinta

Kendala selanjutnya yang sering dialami oleh pengguna printer adalah kehabisan tinta. Kelalaian pemakai ini dapat menyebabkan berbagai masalah seperti tersumbatnya saluran tinta hingga cartridge kering dan tidak dapat mencetak dokumen.
Meskipun terkesan sepele namun masalah ini bisa membuat printer rusak jika terus dibiarkan begitu saja.

Baca juga: Download Epson L220 Printer Terbaru 2022

3. Catridge Tinta Error

Cartridge error juga menjadi penyebab printer harus direset, pasalnya hal tersebut akan menyebabkan printer tidak dapat bekerja dengan maksimal dan catridge pun bisa rusak dan harus diganti dengan yang baru.
Jika printer Epson L210 Anda mengalami masalah di atas, maka Anda harus segera melakukan reset printer segera untuk menghindari kerusakan perangkat. Lantas bagaimana cara reset printer Epson L210?

Cara Reset Printer Epson L210 Dijamin Work!

Printer Epson L210 adalah printer inkjet multifungsi yang bisa digunakan untuk mencetak dan scan dokumen. Menggunakan sistem tangki tinta, printer keluaran Epson ini mampu mencetak warna dengan biaya yang lebih lebih efisien namun dengan hasil yang semakin terang dan tajam.

Jadi, jika printer kesayangan Anda sudah mengalami kendala seperti yang telah disebutkan di atas, maka segera lakukan reset dengan salah satu cara berikut ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar, Mudah dan Tak Perlu Service!

Cara Reset Printer Epson L210 Secara Fisik

Perlu diketahui, untuk reset printer Ada bisa menggunakan dua cara yakni reset menggunakan software dan reset secara fisik. Sesuai dengan namanya, reset secara fisik ini dilakukan dengan memanfaatkan tombol fisik pada printer Epson L210.

Caranya adalah dengan menekan tombol Power dan juga tombol Resume secara bersamaan, teka selama sekitar 5 detik hingga printer melakukan restart dan reset secara otomatis. Jika Anda berhasil, maka printer akan mati dan menyala kembali.
Meskipun cukup mudah dan cepat, namun Anda juga perlu menindaklanjuti sesuai dengan penyebab awal. Jika printer direset karena kehabisan tinta maka Anda harus segera mengisinya kembali.

Cara Reset Printer Epson L210 Menggunakan Software

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat mereset printer Epson L210 menggunakan software atau aplikasi resetter sehingga Anda perlu mengunduh aplikasi resetter untuk Epson L210. Pada dasarnya ada banyak pengembang yang menciptakan resetter untuk Epson seri ini, namun Anda bisa menggunakan salah satu rekomendasi terbaiknya yaitu:

Menggunakan Epson L210 Printer Resetter Adjustment Program

Untuk menggunakan aplikasi ini, silahkan tap MediaGet dan tap DOWNLOAD kemudian instal pada perangkat komputer atau laptop Anda. Setelah aplikasi tersebut terpasang, kemudian ikuti cara reset printer Epson L210 berikut:

  • Pertama, nyalakan printer Epson L210 Anda dan hubungkan dengan laptop atau komputer.
  • Kemudian buka resetter yang telah Anda unduh sebelumnya dan jalankan program tersebut.
  • Klik Select dan pilih L210 pada Model Name.
  • Lalu pada kolom Port pilih Auto selection dan tap OK.
  • Jika sudah, pilih Particular adjustment mode.
  • Selanjutnya klik pada opsi Waste ink pad counter dan tap OK.
  • Selanjutnya klik pada opsi Waste ink pad counter dan tap OK.
  • Klik Initialization tunggu hingga proses selesai dan klik Finish.
  • Klik Initialization tunggu hingga proses selesai dan klik Finish.

Perlu diketahui, aplikasi ini bisa Anda gunakan untuk reset printer Epson seri lainnya mulai dari L300, L110l L350 dan juga Epson L355. Sungguh sangat membantu bukan?

Baca juga: Cara Suntik Tinta Printer Secara Umum Paling Mudah

Menggunakan WIC Reset Utility

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga dapat menggunakan Epson L210 resetter yang bernama WIC Reset Utility. Sebelum mengetahui bagaimana cara meresetnya, maka unduh terlebih dahulu aplikasinya dengan tap Download dan install pada perangkat Windows Anda. Jangan lupa masukan kode trial atau TRIAL untuk bisa menikmati versi gratisnya.

Setelah itu, ikuti cara reset printer Epson L210 yang ada di bawah ini ya:

  • Buka aplikasi yang sudah Anda unduh lalu tap Read Waste Counters untuk melihat banyaknya ink pad pada printer Anda. Jika lebih dari 100% pada printer Anda harus direset.
  • Setelah itu pilih printer yang ingin Anda reset, dalam kasus ini adalah Epson L210.
  • Jika sudah klik pada opsi Reset Waste Counters.
  • Masukkan Keygen atau reset key lalu klik OK untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul notifikasi yang memerintahkan pengguna untuk mematikan printer.
  • Matikan printer dan nyalakan kembali. Jika proses reset Anda telah berhasil dilakukan maka akan muncul tulisan Congratulation your printers waste counter have now been reset.
  • Untuk memastikan proses tersebut berjalan sempurna, Anda bisa mengecek limbah ink pad pada opsi Read Waste Counters.

Tips Merawat Printer

Untuk menghindari permasalahan seperti yang telah dijelaskan di atas sekaligus menjaga printer supaya kinerjanya tetap optimal, maka Anda perlu merawatnya dengan baik dan benar. Kelalaian pengguna adalah faktor utama mengapa printer seringkali mengalami error dan cepat rusak. Jadi, terapkan tips berikut ya.

  • Gunakan printer secara rutin namun tidak berlebihan.
  • Jaga kebersihan printer sehingga dapat meminimalisir kemungkinan printer kemasukan benda kecil yang menyebabkan paper jam.
  • Lakukan clean head secara rutin yakni sebulan sekali atau sebulan dua kali. Anda bisa membaca pada buku panduan untuk melakukan clean head.
  • Matikan printer ketika tidak digunakan.
  • Segera ganti tinta sebelum tinta habis untuk menjaga kondisi katrid tetap oke.

Tips merawat printer di atas bisa Anda terapkan untuk menjaga kualitas printer tetap oke dan membuat masa pakai printer lebih panjang. Kenali penyebab printer error dan ikuti salah satu cara reset printer Epson L210 di atas untuk mengatasinya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News