Cara Reset Printer Canon MP237 Paling Mudah dan Cepat

Cara Reset Printer Canon MP237

Cara Reset Printer Canon MP237 – Printer menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan pada industri percetakan maupun lembaga dan perusahaan biasa. Selain digunakan untuk mencetak dokumen, beberapa tipe printer terbaik seperti Canon MP237 juga bisa digunakan untuk scan dokumen dan beberapa fungsi lainnya.

Mengingat printer sering digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan dokumen, maka pengguna perlu mengimbanginya dengan perawatan dan penggunaan yang tepat. Selain itu Anda juga perlu memahami cara reset Printer Canon MP237 untuk mengatasi jika sewaktu-waktu printer tersebut mengalami error atau kendala.

Paper jam atau lampu indikator yang terus berkedip adalah contoh kecil printer error yang mungkin Anda hadapi. Jadi, sebelum hal tersebut terjadi atau justru sedang Anda alami sekarang, yuk ketahui informasi lebih lengkapnya mengenai cara reset printer canon MP237 di bawah ini.

Sekilas Tentang Printer Canon MP237

Canon MP237 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Canon P237 adalah printer dari Canon yang dirilis pada tahun 2015 silam. Menjadi salah satu printer Canon yang banyak disukai karena diklaim lebih ringkas namun multifungsi.
Mengapa multifungsi? Yap, karena printer tersebut tidak hanya bisa mencetak dokumen saja, tapi juga bisa fotocopy dan scan dokumen. Printer ini memiliki harga yang relatif terjangkau dan cocok digunakan untuk kebutuhan kecil hingga sedang seperti untuk kebutuhan pribadi hingga skala perkantoran.

Meskipun memiliki banyak kelebihan seperti menawarkan kualitas cetakan yang bagus, multifungsi serta dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas harian, namun Canon MP237 tetap memiliki kemungkinan error seperti printer pada umumnya. Sehingga dalam kondisi tersebut printer membutuhkan reset.

Kenali Penyebab Printer Canon MP237 Membutuhkan Reset

1. Muncul Kode Error 1700

Pernahkan Anda ingin mencetak dokumen namun selalu gagal dan justru muncul pesan kode error 1700? Hal tersebut menandakan bahwa printer Anda membutuhkan reset.

2. Lampu Indikator Merah Terus Berkedip

Apa yang akan Anda lakukan ketika melihat lampu indikator berkedip terus-menerus? Apakah akan memencet tombol yang ada dibawahnya? Cara tersebut mungkin akan berhasil untuk beberapa saat, namun perlu diketahui, memencet tombol lain untuk mematikan lampu indikator dapat merusak printer jika dilakukan terus menerus. Maka, solusi yang paling tepat adalah segera melakukan reset.

3. Tabung Tinta Penuh

Seiring pemakaian akan menyebabkan tabung tinta printer penuh, yang mana selanjutnya dapat menyebabkan printer error dan perlu reset.

4. Muncul Kode Error 5B00

Bingung kenapa tiba-tiba printer not responding dan menampilkan pesan kode error 5B00? Segera lakukan reset untuk mengatasinya ya.

Baca juga: Cara Reset Printer Epson L210 Paling Mudah dan Pasti Work!

Cara Reset Printer Canon MP237

Membutuhkan printer bekerja secara optimal namun printer justru mengalami kendala atau error seperti yang sudah disebutkan di atas? Anda tidak perlu panik dan bergegas membawa printer ke tukang service. Daripada mengeluarkan budget yang biasanya tidak murah, tidak ada salahnya Anda mencoba cara reset printer Canon MP237 di bawah ini untuk mengatasinya.
Sebelum langsung ke tutorialnya, perhatikan terlebih dahulu poin-poin penting berikut ini satu per satu ya.

Pastikan Printer Canon MP237 Dalam Keadaan Service Mode

Mungkin sedikit berbeda dengan printer merk lainnya, saat hendak mereset Canon Mp237 Anda harus memastikan terlebih dahulu printer dalam keadaan Service Mode. Lantas bagaimana caranya?

  • Matikan printer dengan menekan tombol power. Jangan biasakan langsung mencabut kabel power ya, karena kebiasaan tersebut bisa mengakibatkan printer cepat rusak.
  • Kemudian tekan dan tahan tombol Stop atau Reset lalu tekan juga tombol Power dan tahan kedua tombol tersebut secara bersamaan.
  • Setelah itu lepaskan tombol Stop atau Reset namun tetap tekan tombol Power.
  • Setelah kurang lebih 3 detik, tekan tombol Reset ataupun Stop sebanyak 6 kali (tombol Power tetap terus ditekan).
  • Kemudian lepaskan tombol Power dan juga Reset secara bersamaan.
  • Kini printer Anda sudah berada di posisi Safe Mode dan siap untuk diservice. Jangan lupa siapkan kertas minimal 1 lembar untuk melanjutkan ke langkah berikutnya ya.

Baca juga: Cara Suntik Tinta Printer Secara Umum Paling Mudah

Download Resetter Printer Canon MP237

Setelah menyiapkan printer menggunakan cara di atas, selanjutnya langkah yang sangat penting adalah mengunduh software atau aplikasi resetter untuk printer Canon MP237. Seperti yang diketahui, Anda bisa menjumpai banyak sekali resetter di internet, namun jika bingung Anda bisa mengunduh resetter ini.

Setelah mengunduh file tersebut, jangan lupa untuk mengekstraknya supaya aplikasi siap digunakan untuk reset printer kesayangan Anda.

Cara Reset Printer Canon MP237

Setelah menyiapkan printer, kertas dan aplikasi Service Tools v3400 yakni aplikasi resetter untuk printer Canon MP237 tersebut, selanjutnya masuk ke langkah reset. Anda bisa mengikuti tutorial berikut:

  • Pertama, buka dan jalankan aplikasi resetter.
  • Kemudian pada bagian Clear Ink Counter, ubahlah menjadi Main dan tap Set. Setelah itu maka printer akan memulai mencetak sebuah halaman bertuliskan D=000*0.
  • Selanjutnya pada bagian Ink Absorber Counter ubahlah ke dalam posisi Main lalu klik Set.
  • Jika sudah, lalu klik EEPROm, maka printer akan kembali mencetak sebuah halaman yang banyak berisi angka-angka 0 dan kode-kode.
  • Sekarang matikan printer dengan menekan tombol Power.
  • Lalu hidupkan kembali printer Canon Anda tersebut. Proses reset telah berhasil dan kini printer Anda telah siap untuk digunakan kembali.

Jadi itulah cara reset printer Canon MP237 yang bisa Anda coba untuk mengembalikan kinerja printer kesayangan supaya lebih optimal.

Baca juga: Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar, Mudah dan Tak Perlu Service!

Koder Error Printer Canon MP237 Sekaligus Cara Mengatasinya

Selain beberapa masalah yang sudah disebutkan di atas, terkadang pada kondisi tertentu printer akan memunculkan kode error yang tidak jarang membuat pengguna bingung. Namun tenang saja, berikut ini adalah beberapa kode error printer Canon MP237 serta tips mengatasinya:

  • Paper Jammed, adalah kondisi di mana muncul blinking 3 kali pada printer. Cara mengatasinya adalah dengan mengambil kertas yang tersangkut atau benda kecil seperti isi staples pada printer.
  • The ink has run out, masalah ini biasa ditandai dengan blinking secara terus menerus sekitar 16x. COba tap tombol Stop atau Reset untuk mengatasinya.
  • The FINE cartridge cannot be recognized ditandai dengan blinking 13x karena cartridge yang salah, jadi segera ganti dengan cartridge yang baru.
  • Ink absorber is almost full yang ditandai dengan blinking 7 kali pada printer. Kondisi ini menandakan printer membutuhkan head cleaning, lakukan dengan melihat caranya pada buku panduan atau browsing di internet.
  • FINE Cartridge is not installed in the correct position yang ditandai dengan blinking 7 kali. Anda bisa mengatasinya dengan memasang ulang cartridge pada posisi yang benar, jika masih muncul error code serupa maka ganti dengan cartridge yang baru.
  • Muncul blinking 10 kali atau muncul beberapa error code seperti 5012, 011, 5200, 5700, 6937, 6931 dan lain sebagainya, silahkan matikan printer dengan menekan tombol Power lalu cabut kabel power. Setelah itu nyalakan kembali printer. Jika masih bermasalah silahkan lakukan reset.

Pada dasarnya, printer sama saja dengan perangkat lain yang membutuhkan perawatan yang benar untuk menghindari kerusakan atau error. Akan tetapi kini Anda tidak perlu khawatir jika tiba-tiba printer kesayangan mengalami error, segera reset dengan menerapkan cara reset printer Canon MP237 di atas ya.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News