BerandaTipsCara Perpanjang SIM Online Lewat SINAR dari Digital Korlantas Polri

Cara Perpanjang SIM Online Lewat SINAR dari Digital Korlantas Polri

Beberapa waktu lalu, Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Korlantas Polri) merilis aplikasi resmi yang bernama Digital Korlantas Polri. Salah satu layanan dari aplikasi ini adalah SINAR (SIM Nasional Presisi). Layanan ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan perpanjang SIM online.

Dalam acara peluncurannya pada Selasa (13/4/2021) lalu, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, mengatakan keberadaan SINAR merupakan wujud dari layanan kepolisian dalam membantu masyarakat untuk menghindari kerumunan di tengah pandemi. Sebab dengan aplikasi ini, masyarakat pemohon perpanjang SIM hanya perlu membuka gawai dan mengajukannya dari rumah saja.

SIM Nasional Presisi (SINAR)

Sebagaimana disebutkan diatas, SINAR merupakan kependekan dari SIM Nasional Presisi. SINAR ini merupakan salah satu layanan dari aplikasi Digital Korlantas Polri yang memberikan kemudahan layanan perpanjang SIM bagi masyarakat. Ya, saat ini baru perpanjang saja.

Digital Korlantas Polri sendiri merupakan aplikasi yang memberikan beragam layanan dari Korlantas Polri yang hadir dalam gawai. Misalnya Perpanjangan SIM, Pembuatan SIM Baru (akan segera tersedia), SIGNAL (Samsat Digital Nasional), Pembayaran PKB (akan segera tersedia), E-TBPKP dan E-Pengesahan (akan segera tersedia), SAMSAT Keliling (akan segera tersedia), NTMC POLRI, CCTV (akan segera tersedia), Berita (akan segera tersedia), ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), dan Notifikasi Real Time (akan segera tersedia).

Bagaimana cara perpanjang SIM online dengan SINAR dari Digital Korlantas Polri?

Cara Perpanjang SIM Online

Untuk melakukan perpanjangan SIM secara online dengan layanan SINAR, ada beberapa langkah yang mesti ditempuh. Selain itu ada beberapa persiapan yang wajib dilakukan oleh pemohon. Misalnya tentu saja ponsel untuk mengunduh Digital Korlantas Polri, e-KTP, saldo yang cukup di rekening, dan paket internet.

Langsung saja ini dia cara perpanjang SIM online di aplikasi Digital Korlantas Polri.

Download aplikasi

Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri. Ingat ya, jangan mencari aplikasi SINAR di Pla Store. Dan saat ini aplikasi dari Korlantas ini baru tersedia di Play Store saja. Pengguna iOS harap bersabar.

Verifikasi nomor telepon

Seperti aplikasi lainnya, untuk menjadi pemohon SINAR, pengguna juga mesti melakukan verifikasi dari nomor telepon yang sudah disetorkannya melalui OTP (one time password).

Registrasi identitas

Pada tahap selanjutnya, masukkan NIK, nomor SIM lama, foto KTP pemohon, serta swafoto bersama SIM lama. Ini prosedur standar dari berbagai aplikasi digital saat ini. Ingat pinjol?

Verifikasi NIK dan SIM

Lakukan verifikasi NIK dan SIM agar sesuai dengan data diri pemohon.

Pilih jenis SIM dan lokasi Satpas

Pada tahap ini kamu mesti memilih SIM yang dimohon dan lokasi Satpas terdekat untuk pencetakan.

Verifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi

Pada tahap ini pemohon mendapatkan kode booking untuk melakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan psikologi oleh dokter di Pusdokkes terdekat yang ditunjuk oleh Polri. Kemudian pihak Pusdokkes akan melakukan pembaruan di aplikasi e-rikkes. Setelah itu jika hasilnya telah diverifikasi maka pemohon bisa melanjutkan ke tahap berikutnya.

Isi rekening pengembalian (pembatalan)

Isikan rekening untuk berjaga-jaga apabila perpanjangan SIM ini menemui kendala. Sehingga uang pemohon bisa dikembalikan.

Pilih metode pengiriman

Pilihlah metode pengiriman untuk mengirimkan SIM yang sudah jadi dari Satpas ke alamat pemohon.

Upload pas foto dan tanda tangan

Silakan unggah pas foto dan tanda tangan. Ini buat ditaruh di draft SIM yang akan naik cetak.

Pembayaran PNBP dan biaya kirim

Ketika seseorang membuat SIM, maka sebetulnya seluruh biayanya sudah ditanggung negara. Hanya saja ia mesti membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk satu cetakan SIM. Dan ketika lewat SIM online, maka ditambahkan lagi biaya pengiriman.

Cetak, Kirim, Terima

SIM akan dicetak oleh Satpas setempat. Kemudian oleh petugas, SIM tersebut akan dikirimkan ke alamat yang sesuai dengan KTP yang terdaftar. Jadi kalau pemohon pindah alamat, namun masih KTP lama, silakan dikondisikan. Sebab kurir akan mengirimkannya sesuai dengan alamat yang tertera di KTP.

Berbagai Kelemahan Digital Korlantas Polri

Buat yang berniat mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri, jangan kaget jika aplikasi ini mendapatkan rating 1,9. Rating itu didapatkan dari ulasan 4.030 pengguna yang berasal dari 100 ribu lebih unduhan. Rating ini tentu saja merupakan rating yang buruk dari sebuah aplikasi Play Store.

Ada banyak alasan yang melatarbelakangi mengapa para pengguna tersebut memberikan rating buruk pada aplikasi ini. Kebanyakan soal integrasi ketika melakukan pendaftaran. Banyak pengguna yang mengaku gagal untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

“Untuk pemakaian aplikasi nya sangat sulit. Membutuhkan 2 aplikasi tambahan rikkes dan eppsi. Klo datang langsung lebih mudah. Karna sekarang di daerah banjarmasin tdk bisa memperpanjang di samsat. Harus ke tempat khusus perpanjangan simnya yg sangat jauh.. Masukkan tolong lebih dipermudah sja.. Apa lagi saat mau isi rikkes, notifnya tidak ada dokter di daerah anda,” ungkap salah satu pengguna, Abdurrahman.

Entah permasalahan server ataupun memang aplikasi ini terlampau banyak bugs sehingga cukup mengecewakan masyarakat selama dua hari dirilis. Namun paling tidak, Kopitekno mengapresiasi langkah Polri untuk memberikan kemudahan layanan bagi masyarakat. Yuk, semangat perbaikan ya Pak Polisi.

Artikel Lain

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terbaru