Cara Pengisian Tinta Printer Canon IP2770 Tanpa Repot

Cara Pengisian Tinta Printer Canon IP2770
Cara Pengisian Tinta Printer Canon IP2770

Ketika berbincang tentang printer, Canon IP2770 bisa dikatakan menjadi salah satu printer yang paling banyak digunakan. Nah, berbincang tentang Canon IP2770, beberapa pengguna masih mengeluhkan tentang cara pengisian tinta printer Canon IP2770.

Mengetahui cara pengisian tinta printer Canon IP2770 menjadi hal yang penting seiring pengisian ulang tinta tersebut menjadi salah satu bentuk maintenance yang perlu dilakukan.

Sebagaimana diketahui, seiring dengan penggunaan dalam waktu lama, tinta pada printer Canon IP2770 akan berkurang dan habis. Nah, agar Canon IP2770 bisa digunakan dengan baik, maka pengisian ulang tinta perlu dilakukan. Untuk panduannya, Anda bisa ikuti step cara pengisian tinta printer Canon IP2770 di bawah ini.

Fitur Utama Canon IP2770

Jika dilihat sekilas, Canon IP2770 merupakan printer dengan jenis inkjet. Printer yang satu ini tidak bisa digunakan kecuali untuk mencetak dokumen saja. Hal ini tentu berbeda dengan unit printer modern yang banyak diproduksi saat ini, di mana satu printer bisa digunakan untuk beragam keperluan mulai dari mencetak dokumen, memperbanyaknya dan juga melakukan scanning.

Baca juga: Cara Mengisi Tinta Printer Warna Merek Canon dengan Mudah

Hanya saja, dikarenakan fungsinya yang terbatas, Canon IP2770 justru menjadi unit printer yang bandel dan mudah dirawat. Selain itu, Canon IP2770 juga memiliki beberapa fitur utama yang mengesankan.

Adapun beberapa fitur utama dari unit printer Canon IP2770 ini diantaranya adalah:

1. Print Head FINE

Salah satu fitur utama dan menarik dari Canon IP2770 adalah penggunaan teknologi print head FINE. Berbekal teknologi yang satu ini, Canon IP2770 bisa diandalkan untuk menghasilkan kualitas hasil cetakan yang cenderung lebih jelas, tajam dan juga detail.

Tentu, Anda akan puas dengan hasil cetakan yang diberikan. Meskipun termasuk printer yang biasa saja, hasil cetakan Canon IP2770 bisa dikatakan mirip printer profesional. Terlebih, kecepatan cetak Canon IP2770 juga cukup baik.

Baca juga: Download Driver Printer Canon MP287 Windows 7 32 Bit Terbaru 2023

2. A4 Borderless

Fitur menarik lain dari Canon IP2770 adalah A4 borderless. Untuk Anda yang menyukai dunia fotografi dan ingin menyimpan hasil jepretan tersebut dalam album A4, maka Canon IP2770 sangat cocok digunakan. Pasalnya, printer yang satu ini sudah dilengkapi dengan fitur borderless.

Nah, dengan fitur ini, Anda akan mendapatkan hasil cetakan yang lebih berkualitas dan juga lebih jelas. Foto tanpa pembatas tentu saja akan membuat foto tersebut terlihat lebih lebar.

3. USB 2.0 yang Cepat

Canon IP2770 hadir dengan fitur USB 2.0 yang sangat cepat dan mengesakan. Dengan adanya fitur ini, Anda hanya tinggal mencolok unit printer dan Canon IP2770 akan langsung ready. Selain itu, dengan USB 2.0 ini, Anda pun bisa mengganti perangkat ke komputer lain tanpa waktu jeda yang terlalu lama.

Beberapa hal di atas adalah ragam fitur utama yang ada pada perangkat Canon IP2770. Tentu, selain beberapa hal tersebut, Canon IP2770 pun masih memiliki beragam hal menarik lainnya yang bisa dijadikan alasan untuk memilih.

Misalnya saja, Canon IP2770 hadir dengan resolusi yang besar. Resolusi maksimal dari perangkat ini adalah 4800 x 1200 dpi yang akan memberikan jaminan hasil cetakan yang jelas dan tajam. Juga, Canon IP2770 memiliki dimensi yang tidak terlalu besar, yaitu 445 x 250 x 130 mm yang tidak terlalu besar sehingga mudah ditempatkan di mana saja.

Baca juga: Download Master Printer Canon MG2570 untuk Kemudahan Instalasi

Perlengkapan Isi Ulang Tinta Canon IP2770

Kembali ke fokus bahasan, untuk mengisi ulang tinta printer Canon IP2770, Anda perlu melakukan beberapa persiapan awal. Adapun beberapa persiapan yang perlu dilakukan tersebut adalah:

  • 1 paket tinta refill yang biasanya tinta tersebut akan dikemas dalam kemasan tabung suntik. Selain itu, kemasan tinta sudah dilengkapi dengan peralatan suntik untuk memudahkan memasukkan tinta ke dalam cartridge.
  • Jarum, paku kecil atau alat sejenisnya dengan ujung runcing dan tajam untuk membantu melubangi cartridge.
  • Lap atau tissue untuk membersihkan tinta.

Dari beberapa poin di atas, persiapan untuk mengisi ulang tinta Canon IP2770 sebenarnya sangat sederhana. Hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan tinta berkualitas yang direkomendasikan untuk digunakan pada unit printer Canon IP2770.

Baca juga: Download Resetter Printer Canon MP287

Cara Mengisi Ulang Tinta Pada Printer Canon IP2770

Terkait pengisian ulang tinta pada unit printer Canon IP2770, Anda sebenarnya hanya perlu melakukan beberapa langkah yang sederhana. Untuk panduan lengkapnya, berikut cara pengisian tinta printer Canon IP2770:

  • Hidupkan laptop atau perangkat desktop lain yang hendak Anda gunakan.
  • Siapkan printer Canon IP2770 yang hendak Anda isi ulang tintanya.
  • Pasang kabel USB dari printer ke laptop atau perangkat desktop yang Anda gunakan.
  • Pasang kabel power printer ke sumber daya listrik.
  • Tekan tombol power untuk menghidupkan printer tersebut.
  • Tunggu hingga printer Canon IP2770 berada dalam keadaan standby.
  • Pastikan jika lampu indikator yang menandakan printer standby sudah menyala.
  • Apabila printer sudah siap, buka cover atau kap penutup printer tersebut.
  • Cartridge akan bergeser secara otomatis dan berhenti di bagian tengah.

Nah, sampai di langkah tersebut, bagian pertama pengisian ulang tinta pada printer Canon IP2770 sudah selesai. Selanjutnya, Anda bisa mengisi tinta hitam atau warna pada cartridge Canon IP2770. Tentu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengisi tinta hitam terlebih dahulu.

Adapun cara pengisian tinta hitam pada printer Canon IP2770 adalah sebagai berikut:

  • Buka kap tinta dengan simbol B.
  • Tekan bagian belakang kap lalu tarik ke atas.
  • Lepas dan ambil cartridge.
  • Lepas stiker di bagian atas cartridge untuk mengecek posisi lubang tinta.
  • Apabila baru pertama melakukan pengisian ulang, Anda perlu melebarkan lubang cartridge dengan menggunakan jarum atau alat lain yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Siapkan tinta hitam pada botol suntik.
  • Masukkan jarum ke dalam lubang.
  • Suntikan tinta hitam perlahan secukupnya saja.

Dengan langkah di atas, Anda sudah berhasil mengisi ulang tinta hitam. Untuk pengisian tinta warna, langkah yang perlu dilakukan adalah:

  • Buka kap tinta dengan simbol C.
  • Tekan pada bagian belakang kap dan tarik ke atas.
  • Lepas serta ambil cartridge warna.
  • Lepas stiker pada bagian atas cartridge untuk mengetahui posisi lubang tinta. Secara total, ada tiga lubang tinta. Perbesar lubang tersebut dengan jarum.
  • Siapkan masing-masing tinta warna dalam botol suntik.
  • Masukkan jarum ke dalam lubang dan suntikan tinta secukupnya saja sesuai dengan lubang warna pada cartridge.
  • Selesai.

Sampai tahap ini, baik tinta hitam dan warna sudah berhasil diisikan ulang. Nah, Anda tinggal menutup lubang cartridge dengan isolasi lalu memasang kembali cartridge. Setelah itu, pasang kembali kap tinta seperti semula dan tutup cover printer.

Setelah semua langkah selesai, Anda perlu melakukan print test. Pengetesan ini bertujuan untuk mengetahui apakah printer sudah bekerja dengan baik dan bisa digunakan untuk mencetak aneka dokumen seperti sebelumnya.

Bagaimana, mudah bukan cara pengisian tinta printer Canon IP2770? Selamat mencoba.

Cek Berita dan Artikel KopiTekno.com Lainnya di Google News